Yuk, Kelola Uang THR Dengan Cerdas

thr 1 - Yuk, Kelola Uang THR Dengan Cerdas

Bulan Ramadhan telah hadir membawa kebahagiaan dan berkah tersendiri bagi seluruh umat muslim. Selain menjadi kesempatan emas untuk melipatgandakan pahala, berkah lainnya juga datang dalam bentuk Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima para pekerja. Pasti menyenangkan bukan bila uang THR lebaran sudah di tangan dan segera menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Umumnya, THR akan diberikan perusahaan setahun sekali dan selambat-lambatnya dibayarkan seminggu sebelum hari raya. Setelahnya, pasti orang-orang segera ingin membeli keperluannya seperti handphone baru, pakaian dan barang impian lainnya. Namun, dengan pola pikir yang seperti ini malah membuat kondisi keuangan tidak sehat dan tidak bijak dalam mengelola THR. Lakukan beberapa tips berikut ini agar kamu tahu tentang cara mengelola uang THR dengan bijak dan cerdas.

Buat Rencana Pengeluaran Hari Raya

thr 2 700x394 - Yuk, Kelola Uang THR Dengan Cerdas

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya (THR), maka uang ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hari raya yang melonjak, contohnya saat lebaran. Jangan sampai tergoda dengan diskon-diskon yang ada di pusat perbelanjaan. Batasi pengeluaran dengan membuat daftar belanja agar pengeluaran tidak melebihi budget yang telah terencana sebelumnya.

Prioritaskan Untuk Hari Raya

Fokuskan THR untuk membeli kebutuhan hari raya ya. Penggunaannya harus terbagi sesuai fungsinya seperti membeli baju lebaran, memberi uang kepada orang tua serta saudara-saudara di kampung. Ingat, tetap sisihkan untuk keperluanmu yang juga sama pentingnya.

Melunasi Hutang

Jika kamu punya hutang, uang THR bisa menjadi solusi dan cara yang tepat untuk mengalokasikan uangmu. lakukan pencatatan jumlah dan sumber hutang yang kamu miliki dan buatlah daftar prioritas yang perlu kamu lunasi terlebih dahulu. Ukurlah daftar prioritas dari seberapa besar jumlah hutang dan urgensi yang wajib lunas sebelum tanggal tertentu.

Baca Juga : Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

Membatasi Belanja Online

thr 4 700x394 - Yuk, Kelola Uang THR Dengan Cerdas

Ketakutan berada di kerumunan saat pandemi covid, membuat sebagian orang menahan diri agar tidak bermain keluar sebebas dulu lagi. Kondisi ini yang membuat kita memanfaatkan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, jangan sampai kegiatan berbelanja online ini kamu manfaatkan untuk menghabiskan uang THR karena tergoda oleh diskon yang ada.

Jangan Lupa Menabung

Salah satu kesalahan dan kesulitan terbesar seseorang saat memiliki uang lebih adalah menyisihkan beberapa persen uangnya untuk ditabung. Sifat konsumtif sering kali menggerogoti pemuasan ego dan kesenangan mata sementara. Hal inilah yang menjadi alasan kamu tidak memiliki tabungan untuk pemenuhan kebutuhanmu. Ada baiknya kamu menyisihkan minimal 10 persen dari uang THR untuk kebutuhan di masa depan.

Membayar Zakat dan Sedekah

thr 3 700x467 - Yuk, Kelola Uang THR Dengan Cerdas

Sebagai umat muslim, membayar zakat dan sedekah menjadi hal wajib agar memliki harta yang lebih berkah. Zakat yang perlu dibayar antara lain zakat profesi dan zakat fitrah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi jangan lupa untuk beramal juga ya Sahabat Qelola..

Mari manfaatkan momentum bulan suci ini untuk memperbanyak beribadah dan melakukan hal-hal bermanfaat lainnya. Tidak hanya itu, kita juga harus menahan hawa nafsu menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna. Selain cara di atas, kamu bisa mengelola keuangan dengan cara lain loh. Yaitu menggunakan aplikasi Qelola melalui smartphone-mu! Semudah usapan jari, kamu bisa kirim uang THR dari Malaysia ke saudara atau keluarga di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa beli voucher pulsa hingga bayar BPJS dari rumah aja. So, tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dari Google Playstore sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , ,