Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

ramadhan

Masih dalam suasana bulan Ramadhan, banyak hal yang harus dipersiapkan loh sahabat Qelola. Seperti mempersiapkan mental, fisik, batin hingga anggaran. Biasanya, pengeluaran di bulan Ramadhan akan lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor yang memengaruhi, salah satunya kenaikan harga bahan pokok dan kebiasaan berbuka puasa di restoran. Mungkin kita berpikir bisa mengurangi pengeluaran karena tidak sarapan dan makan siang, faktanya kita sering tidak bisa menahan godaan untuk berperilaku konsumtif. Misalnya, membeli banyak menu berbuka karena lapar mata, belanja online karena ada promo khusus ramadhan atau memiliki pemikiran untuk membeli baju baru untuk lebaran. Nah, kebiasaan ini harus kita hindari. Jangan sampai uang bulanan dan THR sudah habis lebih dulu. Mau tau cara mengatur keuanganmu di bulan ramadhan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Susun rencana keuangan bulan 

ramadhan 1 700x467 - Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

Membuat perencanaan keuangan selama ramadhan bisa memudahkan untuk mengelola keuanganmu. Kamu bisa mengawali dari membuat daftar kebutuhan atau belanjaan selama sebulan penuh. Hal ini akan memberi kamu gambaran alokasi anggarannya. Pastikan juga memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Setelah itu, cocokkan daftar kebutuhan dengan pemasukan atau penghasilan kita. Hindari pengeluaran lebih besar dari gaji yang kita terima, jika melebihi coretlah kebutuhan yang tidak perlu atau masih bisa ditunda. Langkah sederhana ini sangat efektif untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang kita perlukan selama ramadhan, sehingga bisa terhindar dari sifat impulsif belanja.

Masak menu sahur dan buka puasa sendiri 

ramadhan 3 700x467 - Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

Untuk mengurangi pengeluaran di bulan ramadhan, kamu bisa memasak sendiri menu untuk sahur dan berbuka puasa. Selain hemat, makanan yang dimasak sendiri tentu lebih sehat dan aman. Biasanya, banyak undangan untuk buka bersama dari rekan atau keluarga. Tidak bisa dipungkiri, buka bersama di luar bisa menguras isi dompetmu karena harga makanan dan minuman sedikit mahal. 

Baca Juga :Sedang Tren, Ketahui Informasi Ini Jika Ingin Berinvestasi NFT

Manfaatkan THR untuk bayar zakat, melunasi hutang dan berinvestasi

ramadhan 4 700x467 - Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

Sebagai karyawan di suatu perusahaan, biasanya kita akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di bulan Ramadhan. Dengan menerima THR, kita bisa memanfaatkannya untuk tujuan yang esensial. Apabila ada hutang yang masih belum terbayar, ada baiknya menggunakan THR untuk melunaskan hutang. Jangan lupa juga untuk membayar zakat fitrah agar bisa membantu meringankan beban saudara kita yang kurang mampu. Jika masih ada sisa THR, kamu bisa manfaatkan untuk investasi masa depan. Investasi ini bisa digunakan sebagai dana darurat jika nantinya ada pengeluaran yang tak terduga. 

Menahan diri dari godaan berbelanja secara berlebihan

ramadhan 5 700x700 - Cara Bijak Atur Keuanganmu di Bulan Ramadhan agar Dompet Tak Jebol

Bulan ramadhan ini, sangat banyak brand yang memberikan potongan harga pada produk yang ia jual. Banyak di antara kita yang awalnya membulatkan tekad untuk berhemat, namun akhirnya tak kuasa menahan godaan berperilaku konsumtif. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah berpikir ulang saat akan berbelanja. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. Biasanya kebutuhan akan memberikan nilai manfaat dalam jangka panjang, sementara keinginan hanya memberikan kita kenikmatan sesaat yang belum tentu berguna untuk kehidupan kita. Jadi, sebaiknya manfaatkan promo untuk berbelanja kebutuhan pokok saja.

Yuk, manfaatkan momentum bulan ramadhan ini untuk memperbanyak beribadah dan melakukan hal-hal bermanfaat lainnya. Tidak hanya itu, kita juga harus menahan hawa nafsu menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna. Selain cara di atas, kamu bisa mengelola keuangan dengan cara lain loh. Yaitu menggunakan aplikasi Qelola melalui smartphone-mu! Semudah usapan jari, kamu bisa kirim uang THR dari Malaysia ke saudara atau keluarga di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa beli voucher pulsa hingga bayar BPJS dari rumah aja. So, tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dari Google Playstore sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , ,