7 Tempat Menarik di Kuala Terengganu yang Harus Dikunjungi

tempat menarik di kuala terengganu

Kuala Terengganu adalah kota yang terletak di ujung pantai timur Malaysia dan berpenduduk lebih dari 250.000 orang. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi dan tentunya layak untuk menjadikannya tempat berlibur yang tak kalah menarik. Kuala Terengganu awalnya adalah sebuah desa nelayan sebelum akhirnya ditemukan minyak disini dan menjadikannya daerah yang perkembangannya sangat pesat.

Kuala Terengganu bisa dibilang adalah kota yang kecil dan mudah untuk dijelajahi karena berada di sekitar pelabuhan di muara Sungai Terengganu. Banyak warga yang memiliki mata pencaharian di sekitar pantai, sehingga sebagian besar kegiatan berfokus pada daerah yang paling dekat dengan dermaga. Daerah ini juga merupakan tempat bagi banyak industri kerajinan rumahan dan menjadikannya tempat yang menyenangkan untuk berbelanja.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke Kuala Terengganu memilih untuk mengunjungi atau menjelajah pulau-pulau di sekitar Terengganu. Pulau Redang merupakan salah satu pulau yang paling populer bagi wisatawan terutama bagi mereka yang menyukai dunia bawah laut. Tidak hanya itu, di kota ini kamu bisa menemukan salah satu China Town terbaik di Malaysia. kamu juga bisa menjelajahi budaya asli dari kota yang mayoritas penduduknya adalah orang Melayu. Berikut adalah beberapa daftar tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Kuala Terengganu.

1.       Pulau Redang

Pulau Redang adalah salah satu pulau terbesar di Semenanjung Malaysia dan menjadi tujuan populer untuk kegiatan olahraga air di kalangan wisata lokal dan internasional. Di pulau ini kegiatan utama yang populer yaitu melakukan konservasi penyu, snorkeling dan scuba diving. Salah satu ikon yang paling menarik dari pulau ini adalah terumbu karangnya yang hidup dan bisa dilihat hanya sekitar 15 meter dari pantai.

2.       Pulau Kapas

IARMdoQDMwxJW2HEc2Ud99Si7GsJtAqHsXdPdxiUewgLGcywpyL2hp2G85vVdq8DW2RQI05Ebf6TpmwGTAv5mFJF8Z2IQ9oSrqRYT gLeC24u3qmWMZxsPCO861PLKFtbw - 7 Tempat Menarik di Kuala Terengganu yang Harus Dikunjungi

Sumber : monsooncup.com.my

Pulau Kapas dalam bahasa Melayu mengacu pada pantai yang berpasir putih. Pantai ini adalah pantai yang paling mudah di akses dengan perjalanan sekitar 20 menit, kamu bisa berenang atau bersantai di pinggir pantai. Pulau Kapas tidak terlalu besar dan bisa dijelajahi dalam satu atau dua hari. Suasana yang tenang dan damai bisa membantu kamu melepas penat.

3.       Pantai Lang Tengah

Liburan kamu kurang sempurna jika kamu melewatkan Pantai Lang Tengah yang memiliki view pantai dengan warna biru kehijauan. Terletak di antara Pulau Redang dan Perhentian, Pantai Lang Beach adalah tujuan yang menjanjikan liburan yang mungkin tidak terlupakan bagi kamu. Penduduk setempat juga menawarkan pekerjaan sukarela untuk melindungi penyu yang tinggal di pulau tersebut. kamu bisa mencoba menjadi sukarelawan dan melindungi penyu tersebut, serta tinggal di hutan perkemahan dekat Turtle Bay.

4.       Masjid Kristal

Terletak di Islamic Heritage Park, Masjid Kristal adalah salah satu atraksi paling unik dan populer di Malaysia. Masjid ini dibangun antara tahun 2006 dan 2008 serta mencakup beberapa elemen arsitektur modern. Masjid kristal ini memiliki empat menara yang tampak memancarkan warna keemasan saat siang hari. Masjid ini terbuat dari baja, kaca, dan kristal dengan arsitektur bernuansa Moor. Masjid ini berdiri di atas perairan yang menghadap ke muara sungai dan berada sekitar 2.5 kilometer dari pusat Kuala Terengganu.

5.       Masjid “Terapung” Tengku Tengah Zaharah

Masjid Tengku Tengah Zaharah atau lebih dikenal dengan Masjid Terapung (gambar pertama) adalah masjid indah lainnya yang harus kamu lihat di Terengganu. Masjid ini dibangun oleh Sultan Mahmud, seorang arsitektur masjid yang terinspirasi dari bangunan di Timur Tengah dengan menonjolkan warna putihnya yang mempesona.

6.       Chinatown

Chinatown yang berada di Kuala Terengganu berusia 16 abad, diyakini sebagai salah satu pemukiman China tertua di Malaysia. Tempat ini dipenuhi dengan rumah toko, kuil, makanan lezat dan tentunya seni khas China. kamu bisa berkeliling dan menjelajahi kuil, membeli makanan khas yang terkenal seperti roti mentega atau kopitiam, dan mencari oleh-oleh untuk kerabat kamu. Chinatown memiliki beberapa jalur dengan mural dan seni jalanan yang unik menjadikannya tempat yang sangat bagus untuk berfoto.

7.       Pasar Payang

Pasar Payang adalah salah satu tempat wisata paling terkenal dan ikonik di seluruh negara bagian Terengganu. Di pasar ini kamu bisa menemukan banyak produk unik dan kerajinan tradisional lainnya. Area pasar terletak di pusat Kuala Terengganu serta bertempat di bangunan yang modern dan strategis. Pasar Payang bisa menjadi tempat untuk merasakan budaya lokal yang tentunya tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Kuala Terengganu Malaysia tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika kamu ingin berlibur ke Malaysia. Karena masih banyak lagi tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Sebagai salah satu bentuk persiapan liburan sambil menunggu situasi lebih mendukung, kamu harus mulai memiliki aplikasi transaksi antar negara yang mudah digunakan. Qelola menjadi aplikasi pengiriman uang dan pembayaran berbagai tagihan antara Malaysia dan Indonesia yang bisa dilakukan dalam 1 genggaman. Download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,