Belajar Investasi Secara Mudah Bagi Pemula

Belajar Investasi

Belajar investasi bisa jadi tantangan tersendiri untuk yang baru mulai. Jika ditekuni, kamu bisa semakin mahir dan tentunya keuntungan yang didapat juga banyak. Semakin awal memulai investasi akan semakin baik. Hanya saja, semua perlu disesuaikan dengan kondisi dan situasimu. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kamu harus sudah memiliki dana darurat, ya!

Kamu tidak boleh asal melakukan investasi. Pastikan sudah memahami jenis investasi yang dipilih, tujuan, serta risiko yang mengikuti. Dengan begitu, kamu dapat melakukan investasi secara aman. Jika tertarik belajar investasi, simak penjelasan berikut ini terkait cara investasi yang mudah bagi pemula.

Jenis-jenis Investasi yang Sebaiknya Diketahui

stock market 2616931 640 - Belajar Investasi Secara Mudah Bagi Pemula

Sumber: pixabay

Sebelum mulai, kamu perlu memahami bahwa ternyata ada banyak jenis investasi itu sendiri. Beberapa di antaranya mungkin sudah cukup akrab di masyarakat, namun masih ada juga jenis investasi yang terdengar asing. Berikut ini akan dijelaskan tentang jenis-jenis investasi yang sebaiknya kamu ketahui.

  • Deposito

Jenis investasi yang pertama adalah deposito. Investasi ini mudah dilakukan namun keuntungannya tidak banyak. Investasi ini cukup aman tanpa risiko dan menggunakan sistem jatuh tempo.

  • Reksadana

Reksadana merupakan investasi minim risiko. Ada manager investasi yang akan membantu analisis sehingga kamu tidak perlu memantau setiap saat. Reksadana sendiri terbagi menjadi banyak pilihan yaitu reksadana saham, reksadana pasar uang, dan masih banyak lainnya.

  • Saham

Saham merupakan jenis investasi yang memiliki risiko tinggi. Namun, keuntungan saham bisa mencapai 20% lebih dalam setahun. Investasi jenis ini kini semakin populer di kalangan anak muda sebab akses belajar saham pun terbuka lebar.

  • Emas

Investasi emas cenderung stabil dan sebaiknya dilakukan jangka panjang. Emas merupakan jenis investasi yang tahan inflasi sehingga jika ada kerugian pun tidak akan terlalu tinggi. Selain itu, kini pilihan emas untuk inventais semakin beragam seperti tabungan emas, emas batangan, dan lain sebagainya.

  • Properti

Investasi properti cukup banyak diminati terutama bagi yang kurang paham dengan teknologi. Investasi ini dianggap menjanjikan dan mudah. Secara gampangnya, yang kamu lakukan adalah membeli sebuah properti kemudian menjualnya lagi saat harga naik.

  • P2P Lending

Peer to Peer Lending (P2P Lending) masih kurang akrab di telinga masyarakat. Investasi ini merupakan jenis yang muncul karena perkembangan financial technology. Pada P2P Lending, seseorang bisa memilih untuk menjadi investor atau peminjam. Sistemnya cukup sederhana jika kamu memilih menjadi investor. Kamu akan meminjamkan sejumlah uang pada peminjam dan nantinya akan dikembalikan dengan bunga sesuai perjanjian. Uang pinjaman tersebut akan digunakan untuk modal usaha oleh peminjam.

  • Obligasi

Obligasi merupakan jenis investasi yang tidak berisiko. Hampir mirip dengan deposito, obligasi memiliki masa jatuh tempo sehingga tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu. Jenis investasi ini sangat cocok untuk pemula.

Tips Memilih Investasi yang Tepat

tips 4905013 640 - Belajar Investasi Secara Mudah Bagi Pemula

Sumber: pixabay

Memilih investasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dulu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak jenis investasi yang bisa kamu coba. Namun apakah semua jenis investasi tersebut cocok untukmu? Untuk menentukannya, berikut ini terdapat beberapa tips dalam memilih investasi yang paling tepat untukmu.

  • Sesuaikan dengan gaji atau pemasukanmu. Masing-masing orang memiliki kondisi finansial yang berbeda. Dengan begitu keputusan dalam memilih investasi juga bisa berbeda tergantung faktor berupa keadaan keuanganmu.
  • Pelajari pasar agar yakin bahwa jenis investasi yang dipilih menguntungkan.
  • Tentukan tujuanmu melakukan investasi sehingga bisa memilih instrumen secara tepat.
  • Perhatikan profil risikomau terlebih dulu sebelum mulai memilih jenis investasi.

Belajar Investasi yang Mudah bagi Pemula

learn 3653430 640 - Belajar Investasi Secara Mudah Bagi Pemula

Sumber: pixabay

Uang yang akan digunakan dalam berinvestasi yaitu uang dingin. Maksudnya uang tersebut tidak memiliki fungsi lain dan tidak membuat keuanganmu secara keseluruhan menjadi berantakan. Jadi, sudah siap mulai berinvestasi? Yuk ikuti cara berinvestasi berikut ini yang mudah untuk pemula.

  • Mulai sedikit demi sedikit. Untuk langkah awal sebaiknya hindari melakukan investasi dałam jumlah besar secara langsung teruma jika jenis investasi yang dipilih berisiko tinggi seperti trading saham.
  • Lakukan investasi secara rutin setiap bulan agar membentuk kebiasaan.
  • Amati grafik pertumbumbuhan investasi agar tidak salah mengambil keputusan.
  • Sebaiknya kamu mencoba banyak instrumen investasi dan tidak hanya terpaut pada satu saja. Tujuannya yaitu meminimalisir kerugian yang terjadi. Jika satu instrumen sedang mengalami kerugian bisa ditutup dengan keuntungan dari instrumen investasi yang lain.
  • Pastikan untuk melakukan perkiraan hitungan tentang biaya yang dibutuhkan dan lama waktu untuk mencapai tujuan investasi.
  • Jangan bosan mencari informasi terbaru terkait jenis investasi yang sedang kamu ikuti.
  • Jika mengalami kerugian, jangan panik. Terapkan teori yang sudah kamu pelajari sebelumnya dan terus belajar. Kegagalan merupakan hal biasa asal tidak kamu ulang terus menerus.

 

Itulah berbagai tips belajar investasi yang mudah untuk pemula. Sebelum mulai melakukan investasi, pastikan bahwa pengelolaan keuanganmu sudah baik. Jika keuangan belum terkelola dengan baik, bisa jadi investasi yang kamu lakukan malah merugikan.

Aplikasi Qelola hadir untuk membantu pengelolaan keuanganmu. Kini kamu bisa kirim uang luar negeri tanpa biaya tambahan. Pembayaran tagihan pun bisa dilakukan degan mudah seperti pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Untuk bisa menikmati berbagai manfaatnya, segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,