5 Spot Keren di Sekitar Gunung Jerai Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

gunung Jerai

Malaysia bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin liburan ke luar negeri dengan budget pas-pasan. Negeri tetangga yang juga sering disebut dengan negeri Jiran ini memiliki banyak potensi pariwisata yang layak untuk dijelajahi. Saat mendengar kata Malaysia, hal pertama yang terlintas di pikiran pasti adalah Kuala Lumpur. Padahal ada kota-kota menarik lainnya yang juga punya objek wisata keren yang akan membuat kamu terpesona.

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke negara Malaysia, negeri Kedah wajib masuk ke dalam daftar itinerary. Kedah merupakan salah satu negara bagian di Malaysia yang terletak di wilayah Malaysia Barat atau Semenanjung Malaysia. Negara bagian yang letaknya dekat dari kota Penang ini bisa jadi opsi menarik untuk mengisi waktu liburan selama di Malaysia.

Bahkan tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata Kedah didominasi oleh wisata alam yang berupa pegunungan, air terjun, hutan, bukit kapur, dan pulau yang eksotis. Salah satu spot wisata alam yang banyak dilirik oleh pelancong adalah gunung Jerai. Selain kekayaan alam, Kedah ternyata juga menyimpan objek wisata lain seperti museum, tempat bersejarah, hingga situs arkeologi.

Tentang Gunung Jerai

Gunung dengan ketinggian 1.217 meter di Kedah Malaysia ini terletak diantara perbatasan daerah Kuala Muda dan Yan. Gunung Jerai menyimpan sebuah cerita legenda yang dikaitkan dengan batu besar berbentuk kapal yang oleh penduduk setempat dinamai Batu Kapal. Cerita tersebut bermula dari kedatangan Maharaja Merong Mahawangsa yang hendak melabuhkan kapal miliknya di Pulau Serai. Namun naasnya, kapal tersebut akhirnya mendapat kutukan oleh Sang Kelembai.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang gemar berpetualang dan menjelajahi alam bebas. Saat memasuki kawasan gunung Jerai, kamu akan mendapati berbagai macam tumbuhan tropika di kawasan hutan Dipterokarp Bukit dan hutan Dipterokarp Atas. Di sekitar gunung Jerai juga terdapat beberapa objek wisata menarik yang harus kamu singgahi, berikut ulasannya:

  • Hutan Lipur Titi Hayun

Malaysia World Heritage Sites Tours and Travel UNESCO - 5 Spot Keren di Sekitar Gunung Jerai Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumber: pinterest

Kawasan Hutan Lipur Titi Hayun berada di kaki gunung Jerai di daerah Yan. Tempat ini kerap menjadi pelarian masyarakat sekitar saat akhir pekan atau hari libur. Di dalam hutan terdapat air terjun yang cukup populer bernama Air Terjun Titi Hayun. Berbagai aktivitas yang bisa kamu eksplor diantaranya adalah menjelajahi hutan, mendaki puncak gunung, mandi di air terjun, dan berkemah.

  • Museum Perhutanan Negeri Kedah

Selain objek wisata alam, kamu juga bisa mendatangi Museum Perhutanan Negeri Kedah setibanya di puncak Gunung Jerai. Museum ini letaknya berdekatan dengan Taman Rimba. Museum yang menyerupai rumah tradisional Melayu ini dibangun dengan bahan kayu. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi berharga yang pastinya belum pernah kamu lihat sebelumnya.

  • Air Terjun Batu Hampar

waterfalls - 5 Spot Keren di Sekitar Gunung Jerai Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumber: freepik

Tak jauh dari kawasan air terjun Titi Hayun terdapat air terjun lain yang tak kalah cantik yaitu air terjun Batu Hampar. Sesampainya disini, kamu akan disambut dengan hamparan pohon yang rimbun dan pemandangan yang menyegarkan mata. Jika sedang mencari tempat untuk melepas penat maka air terjun Titi Hayun adalah pilihan yang sempurna.

Akses menuju air terjun tersebut memang cukup menantang karena berada jauh ke dalam hutan di kaki gunung. Namun, perjuanganmu akan terbayar saat mendapati suasana asri nan sunyi di kawasan air terjun tersebut.

  • Telaga Tok Sheikh

Jika berjalan naik ke atas lagi, kamu bisa menemukan harta karun alami lain di Gunung Jerai. Selain air terjun, museum, dan hutan terdapat sebuah telaga yang bernama Telaga Tok Sheikh. Menurut sejarah, telaga ini dulunya adalah milik seorang ulama berkebangsaan Arab yang singgah ke Kedah pada masa kerajaan Kedah Lama.

Ulama yang bernama Sheikh Abdullah bin Sheikh Jaafar al Qumairi ini adalah sosok yang punya peran penting membimbing Raja Kedah, Maharaja Derbaraja untuk memeluk agama Islam pada tahun 1136 masehi. Tempat ini selalu ramai dipenuhi wisatawan saat akhir pekan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah bersantai sambil menikmati suasana alam sekitar, mandi, dan beristirahat.

  • Batu Kapal

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Batu Kapal merupakan sebuah batuan yang menyimpan legenda rakyat di masa lalu. Menurut mitos, batu ini tercipta karena adanya kutukan dari Sang Kelembai terhadap kapal yang berlabuh di pulau Jerai milik Maharaja Merong Mahawangsa. Berada di puncak gunung Jerai, spot wisata ini terletak tak jauh dari The Regency Jerai Hill Resort.

Baca juga: Berkunjung ke Kedah Malaysia? Jangan Lupa ke 5 Tempat Ini!

Demikian berbagai spot menarik di sekitar gunung Jerai yang bisa kamu eksplor bersama teman-teman atau keluarga. Tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, berbagai objek wisata tersebut juga memiliki cerita menarik tersendiri. Selain menjelajahi berbagai tempat wisata, kamu juga harus menginstal aplikasi Qelola saat berada di Malaysia.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , , , , , , , ,