6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

negara Malaysia

Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan semua manusia. Dampak buruk yang diakibatkan wabah tersebut tak hanya menyasar masalah kesehatan saja namun juga laju perekonomian. Beberapa perusahaan telah merumahkan banyak karyawannya karena kondisi internal keuangan yang tidak stabil. Selain itu, banyak juga para usahawan yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu lagi mempertahankan bisnis yang telah dirintis. 

Namun, menyerah pada keadaan bukanlah solusinya. Gunakan kesempatan ini sebagai ajang pengembangan diri untuk bertahan di tengah-tengah situasi yang tidak pasti. Lalu bagaimana caranya? Simak tips pengembangan diri berikut untuk menunjang karirmu selama pandemi.

Tips Pengembangan Diri di Masa Pandemi

Meratapi keterpurukan tidak akan menyelesaikan masalah. Walaupun masa pandemi membuatmu kehilangan banyak peluang, menyerah bukanlah pilihan yang tepat. Kamu harus bangkit dan menggali potensi yang ada serta membekali diri dengan skill baru yang akan menunjang karirmu ke depan. Pengembangan diri ini bisa kamu mulai dengan melakukan beberapa kiat berikut ini.

  • Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

woman s hand showing power thunders 700x467 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: freepik

Introspeksi dengan kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri adalah satu hal yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak tahu pasti plus minus yang ada di dalam diri, sulit bagimu untuk menentukan kekurangan apa yang harus dilatih dan kelebihan apa yang mesti ditingkatkan. Jika kamu benar-benar paham dengan diri kamu sendiri, hal ini tentu saja akan memudahkanmu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga kamu pun bisa bersaing dan bertahan di tengah pandemi.

  • Adaptif, Komunikatif, dan Kreatif

pexels pixabay 256514 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: pexels

Nilai akademis tak bisa selamanya menyelamatkan karirmu. Ada banyak keterampilan lainnya yang harus kamu asah. Punya jiwa yang adaptif, pandai berkomunikasi, serta memiliki jiwa yang kreatif akan memberimu nilai tambah tersendiri bagi perusahaan. Situasi yang tak menentu saat ini memaksa kamu untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Jika kamu tidak mampu melakukannya, maka orang lain yang akan melakukannya.

Selain adaptif, kamu juga dituntut untuk lebih komunikatif. Mampu berkomunikasi dengan baik tak hanya sekedar pandai bicara, namun bisa menyampaikan berbagai masukan positif bagi perusahaan. Selain itu, kamu juga harus tanggap dan responsif dengan masalah yang hadir. Di sisi lain menjadi pendengar yang baik juga jadi satu hal yang meningkatkan kemampuan komunikasi pada diri. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pintar saja tidak cukup. Kamu harus mulai berpikir kreatif untuk melakukan terobosan-terobosan baru yang menguntungkan perusahaan. Perubahan zaman menuntut kita semua untuk bisa berpikir lebih dari biasanya agar bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Keterampilan ini pastinya juga akan mempengaruhi karirmu di masa pandemi dan juga nanti. 

  • Berjiwa Leadership

pexels rodnae productions 7551455 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: pexels oleh rodnae

Seseorang yang punya jiwa kepemimpinan biasanya punya peluang lebih besar untuk mendulang karir yang lebih baik. Orang yang berjiwa leadership akan lebih dipercaya untuk memimpin sebuah tim. Biasanya, orang-orang dengan kemampuan ini juga mampu menggerakan anggota timnya untuk bisa membangun teamwork yang baik. Alhasil pekerjaan pun bisa diselesaikan secara efektif dengan hasil yang optimal.

  • Solutif dan Fokus Pada Pemecahan Masalah

close up multiethnic team solving blank puzzle game 700x467 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: freepik oleh yanalya

Perusahaan akan lebih tertarik dengan orang-orang yang penuh inisiatif dan selalu punya solusi dengan permasalahan yang terjadi. Daripada sibuk dengan penyebab atau akar masalah, fokus pada jalan keluar akan membuatmu terlihat mumpuni dalam menghadapi problematika yang ada. Pribadi yang solutif cenderung punya mindset yang positif serta optimis. Mental seperti ini akan membuatmu dipercaya untuk ditempatkan di posisi penting yang menunjang karirmu nanti.

  • Memperhatikan Penampilan

pexels ono kosuki 6000137 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: pexels oleh Ono Kosuki

Memperhatikan penampilan juga bisa jadi salah satu cara dalam pengembangan diri. Selain enak dilihat, penampilan yang baik juga akan memberikan nilai tambah dari atasan. Jika kamu terbiasa menjaga penampilan agar selalu terlihat rapi dan menarik, hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tanpa disadari, rasa percaya diri ini juga akan meningkatkan produktivitas kerjamu.

  • Menjaga Hubungan Baik dengan Atasan dan Rekan Kerja

pexels fauxels 3184418 - 6 Tips Pengembangan Diri untuk Karirmu Selama Masa Pandemi

Sumber: pexels oleh fauxels

Selain berusaha memberikan yang terbaik bagi perusahaan, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan. Menjaga hubungan baik dengan atasan dan sesama rekan kerja juga akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman. Jika hal ini diabaikan justru bisa mempengaruhi kinerja pribadi, kerja tim, dan penilaian atasan terhadapmu

Baca juga : Kiat-kiat Menjaga Profesionalisme Kerja untuk Kesuksesan Anda

Pengembangan diri juga bisa kamu maksimalkan dengan perencanaan keuangan yang baik. Untuk bisa mewujudkannya kamu pun harus punya prioritas yang harus didahulukan. Pastikan kamu mendahulukan hal-hal penting seperti membayar berbagai tagihan tepat waktu di aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu. 

 

Tags: , ,