Bangun Personal Branding di Tempat Kerja dengan 9 Cara ini!

personal branding

Personal branding memang sangat penting dalam dunia kerja. Hal ini menunjukkan seberapa besar usaha Anda untuk menampilkan kualitas diri terbaik sehingga Anda akan semakin diperhitungkan di dunia kerja. Banyak manfaat yang akan diperoleh dengan melakukan personal branding bagi pengembangan kompetensi dan karir Anda sekarang dan nanti. Membangun personal branding juga memerlukan konsep yang jelas agar bisa diketahui oleh orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam proses membangun personal brand di tempat kerja. Check this out!

1. Kenali Diri Sendiri dengan Baik

massage what makes you unique dartboard background 1357 195 - Bangun Personal Branding di Tempat Kerja dengan 9 Cara ini!

Ada baiknya terlebih dahulu Anda mengenali dengan baik tentang diri sendiri. Cari tahu lebih dalam terhadap diri Anda. Skill apa yang Anda miliki dan di bidang mana yang Anda minati untuk mengembangkan karir. Mengenali diri sendiri ini berhubungan dengan komunikasi intrapersonal yang akan membantu Anda mengetahui segala kelemahan dan kelebihan dalam diri Anda.

2. Cerdas dalam Menentukan Prioritas

Penting bagi Anda untuk memiliki gambaran jelas tentang tujuan pribadi maupun profesional Anda berada di tempat kerja. Baik gambaran untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini akan dapat membantu Anda memilah mana yang akan menjadi prioritas dan harus didahulukan. Anda akan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak perlu.

3. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Ketahui keinginan Anda untuk menapaki jenjang karir yang seperti apa di tempat kerja. Misalnya Anda seorang penulis artikel, maka bisa Anda cantumkan kemampuan Anda tidak hanya menulis artikel saja. Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mampu menjadi penerjemah dan juga membuat newsletter perusahaan. Tak ada salahnya menantang diri Anda sendiri untuk mencoba bidang baru yang sejalan dengan kemampuan Anda. Tetap percaya dirilah, Anda pasti bisa melakukannya.

4. Membangun Jaringan atau Relasi Karir

silhouette confident businesspeople 1098 1768 - Bangun Personal Branding di Tempat Kerja dengan 9 Cara ini!

Di tempat kerja sebaiknya Anda terus memperluas relasi karir untuk menumbuhkan jaringan profesional karir. Cara mudahnya Anda dapat pergi ke pertemuan atau konferensi bisnis yang dilakukan secara formal maupun informal dan menjalin hubungan baik dengan orang yang Anda temui. Cara ini dinilai dapat membuka lebar peluang dan kesempatan karir menjadi semakin lebar.

5. Lebih Perhatikan Hal-Hal Kecil

Memperhatikan hal-hal kecil turut memegang peranan penting dalam pembentukan personal brand Anda. Misalnya dengan bertutur kata sopan berdasarkan tempat dan situasi, cara berpakaian rapi dan sopan, bersikap baik dan profesional kepada rekan kantor, dan lain sebagainya. Hal-hal yang sering dianggap remeh ini justru berdampak besar dan membantu Anda dalam membentuk personal brand yang positif.

6. Gunakan Media Sosial secara Bijak

Gunakan akun media sosial Anda untuk menuliskan dan membagikan berbagai cerita yang menarik. Buatlah alur cerita yang semenarik mungkin agar orang lain semakin penasaran dan akan mengikuti Anda di media sosial. Anda bisa menulis sesuatu yang bermanfaat, misalnya tentang tips-tips mudah seputar pengembangan karir dan lingkungan kerja. 

Baca Juga: Tentang Negara Malaysia, Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

7. Tetap Konsisten Jadi Diri Sendiri

man dressed with arrows his head 1134 485 - Bangun Personal Branding di Tempat Kerja dengan 9 Cara ini!

Konsisten menjadi diri sendiri merupakan cara mudah untuk mengetahui apakah Anda berniat dan serius dalam membangun personal branding. Tunjukkan jati diri yang sebenarnya dengan cara mengunggah konten bermanfaat di media sosial, mengadakan forum diskusi, dan lain sebagainya. Lakukanlah kegiatan tersebut secara berkelanjutan dan jangan berhenti melakukan apa yang sudah dimulai sejak awal. Sebab hal tersebut justru akan menurunkan upaya dan nilai Anda dalam membangun personal branding.

8. Hilangkan Keraguan dalam Diri

Keraguan pasti akan menghentikan Anda saat melakukan sesuatu secara tiba-tiba. Cara untuk menghindari keraguan adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinan yang tinggi. Misalnya Anda bisa memulai menampakkan kepercayaan diri pada saat wawancara kerja yang akan mengesankan pihak perusahaan. Kepercayaan diri akan membawa Anda dalam meraih lebih tinggi kesuksesan dalam berkarir.

9. Always Do Your Best

happy ambitious hr manager choosing you 1262 19137 - Bangun Personal Branding di Tempat Kerja dengan 9 Cara ini!

Cobalah memberikan hasil yang maksimal dan terbaik dalam setiap pekerjaan. Tidak semua orang dapat melakukan pekerjaan secara maksimal jika dipandang pekerjaan tersebut kecil atau remeh. Oleh karena itu, usahakan selalu berikan hasil pekerjaan yang terbaik tanpa memandang pekerjaan tersebut kecil atau besar. Dengan demikian, Anda akan dinilai sebagai seseorang yang pekerja keras dan profesional dalam urusan pekerjaan.

Itulah beberapa tips membangun personal branding di lingkungan kerja Anda yang bisa diterapkan saat bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk semakin membantu Anda memfokuskan diri dalam membangun personal brand, persoalan keuangan dapat teratasi dengan menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola menjadi pilihan terbaik mengelola keuangan saat berada di luar negeri. Berbagai transaksi keuangan seperti berbelanja, membayar tagihan, dan kirim uang bisa dilakukan menggunakan aplikasi Qelola. Anda bisa melakukan transaksi kirim uang ke Indonesia dengan biaya murah. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Daftar dan aktifkan akun Qelola serta ajak juga teman-teman Anda menggunakan aplikasi Qelola agar bisa saling bertansaksi sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , ,