Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Kekurangan Saat Interview

menjawab pertanyaan interview

Sebagai calon TKI yang akan bekerja di luar negeri dan sedang menjalani interview, adakalanya Anda pasti takut saat akan mengahadapi interview. Ketakutan yang biasa kita alami saat wawancara kerja adalah rasa takut bila tidak bisa menjawab pertanyaan pewawancara. Terlebih lagi bila pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang simple namun susah untuk dijawab. Salah satu pertanyaan yang seperti itu adalah: ‘Apa kekurangan terbesar Anda?’

Ingat, Anda tidak bisa asal menjawab pertanyaan interview kerja. Salah menjawab malah akan membuat Anda tidak lolos ke tahap selanjutnya. Lalu, harus menjawab apa jika pertanyaan tersebut ditanyakan? Berikut kami berikan tips untuk menjawab “kekurangan” saat interview

Baca Juga: Ingin Bekerja di Malaysia Setelah Selesai Kuliah? Cek Infonya di Sini

Mengutamakan Kejujuran

iStock 941995260 1 - Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Kekurangan Saat Interview

Kejujuran sangat penting ada dalam diri Anda termasuk saat menjawab pertanyaan interviewApa kekurangan Anda?. Anda harus memberikan jawaban yang percaya diri seperti saat Anda menyampaikan kelebihan. Karena semua orang tentu memiliki kelemahan, hanya saja bagaimana cara Anda mengatasinya akan menjadi nilai tersendiri bagi perusahaan. Serta apakah kelemahan Anda berpengaruh terhadap kualitas kinerja atau tidak. Jadi poin utama buat konsep jawaban dengan sejujur-jujurnya.

Jangan Rendah Diri untuk Mengungkapkan Kekurangan

DW9fZtnUMAAr5n  - Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Kekurangan Saat Interview

Tak sedikit kandidat yang memoles jawaban sedemikian rupa sehingga terdengar ganjil agar tetap terlihat bagus. Hal ini dikarenakan Anda tidak ingin terlihat memiliki pribadi yang buruk sebagai seorang manusia. Padahal menjawab kekurangan saat interview dengan baik tidak menjadikan Anda rendah diri. Buang jauh-jauh pemikiran negatif yang ada di benak Anda jika mengungkapkan hal-hal yang menjadi kelemahan sendiri.

Tidak Berbalik Menyalahkan Orang Lain

d9b711765617e20dbeb33d46c468c77d0b7aaad0 - Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Kekurangan Saat Interview

Etika yang buruk saat menjawab pertanyaan interview mengenai “Apa kekuranganmu?” yaitu pendapat Anda yang justru melibatkan orang lain untuk disalahkan. Misalkan Anda mudah marah karena orang lain yang sulit untuk di atur. Atau Anda tidak suka bersosialisasi karena orang di sekeliling tidak bisa diajak bekerjasama. Tentu ini adalah pemikiran yang sangat keliru. Karena bagaimana pun kelemahan Anda menjadi tanggungjawab Anda. Dimana harus bisa di ubah agar dapat menyesuaikan dengan budaya di tempat Anda bekerja.

Berikan Jawaban yang Proporsional

Anda harus memberikan jawaban dengan pernyataan yang proporsional. Maksudnya penyampaian Anda tidak terlalu singkat ataupun tidak terlalu panjang. Karena jika Anda memberikan pernyataan singkat maka pandangannya bahwa Anda bukanlah sosok yang kritis. Berbeda jika Anda memberikan pernyataan panjang menjadikan Anda terlalu berlebih-lebihan. Dan kedua hal ini tidak baik untuk dilakukan.

Namun ada catatan tersendiri, bagi anda calon TKI yang akan menjalani interview. Hendaknya apapun jawaban tentang kekurangan Anda tetap diikuti beberapa hal yang positif misalnya:

  1. Menunjukkan perbaikan atas kelemahan tersebut. Contoh: “Saya paling tidak bisa untuk berbicara di depan umum. Saya merasa takut dan gugup jika dipaksa untuk berbicara di depan banyak orang. Saat ini saya sedang mengambil kelas pengembangan diri untuk mengatasi ketakutan saya dalam hal public speaking.”
  2. Meyakini bahwa kekurangan tersebut merupakan kelebihan Anda. Contoh: (untuk posisi sales) “Saya membutuhkan waktu untuk bisa melakukan penjualan. Waktu tersebut saya butuhkan untuk menyakinkan pelanggan bahwa mereka puas dengan produk yang saya jual, sehingga nantinya mereka akan membeli produk saya lagi. Saya tidak akan berhenti sampai pelanggan saya puas dengan produk yang saya jual.”
  3. Menjadikan pengalaman sebagai kelebihan. Contoh: (untuk posisi pemasaran) “Saya menyadari, sebagai lulusan baru, saya masih minim pengalaman dalam bekerja. Namun semasa kuliah saya pernah magang sebagai staff humas dan keuangan. Saya yakin pengalaman magang saya tersebut dapat menunjang kinerja saya saat bekerja nanti.” (Lalu tambahkan dengan contoh-contoh pengalaman nyata yang pernah kamu alami).

Merupakan hal yang wajar bila kamu merasakan kebingungan dalam menjawab kekurangan saat interview. Ini dikarenakan, bila kamu asal menjawab bisa-bisa kesempatan untuk meraih pekerjaan akan hilang. Jadi sebaiknya, persiapkan jawabannya bahkan sebelum wawancara kerja berlangsung.

Penentuan kekurangan dalam sebuah wawancara dapat membantu untuk menunjukkan kepada calon atasan bahwa kamu sadar diri dan mampu melihat diri sendiri secara objektif. Hal ini dapat membantumu dalam menunjukkan komitmen untuk mengembangkan pribadimu. Yang terpenting dari pernyataan ini adalah kamu dapat menunjukkan kepada calon perusahaan bahwa kamu mau untuk terus berkembang dan tumbuh. Karena sejatinya, bila kita mampu mengenali kelemahan diri sendiri maka hal tersebut dapat menjadi kunci untuk mengembangkan diri sendiri.

Cara Mengatur Keuangan Ketika Sudah Bekerja

Bagi Anda yang sudah sukses menjawab keukarangan saat interview dan bekerja di Malaysia, pastinya juga harus cermat mengatur keuangan di masa depan. Salah satu cara tepat agar dapat mengatur pengeluaran adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan hemat biaya seperti QelolaQelola merupakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda untuk melakukan transfer secara langsung kepada rekening bank tujuan di Indonesia secara real time. Selain itu, Qelola juga bisa membantu Anda untuk membayar berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik secara online, BPJS, dan pajak. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

 

 

Tags: , , , , ,