Masjid Putra Malaysia, Inilah Kenapa Kamu Harus Mengunjunginya

Masjid Putra Malaysia

Menentukan tempat wisata tujuan di luar negeri bisa menjadi pekerjaan yang sulit meskipun Anda sudah yakin dengan negara tujuannya. Terlebih lagi jika Anda tidak mendapatkan rekomendasi dari banyak orang. Malaysia sebagai negara tetangga yang memiliki banyak sekali objek wisata akan membuat Anda harus menemukan alasan yang tepat dalam memilih suatu objek wisata. Karena bahkan masjid di Malaysia pun bisa menjadi sangat cantik dan harus dikunjungi ketika Anda berada di sana. Salah satunya adalah Masjid Putra Malaysia. Masjid yang dibangun pada tahun 1997 ini tidak hanya menjalankan perannya sebagai tempat ibadah, namun juga tempat wisata. Berikut ini adalah alasan banyak yang merekomendasikan Masjid Putra Malaysia sebagai tujuan wajib ketika berlibur.

1.  Daya Tarik Awal: Dari Gerbang Hingga Kubahnya

Dilihat dari kejauhan saja, Masjid Putra Malaysia sudah menarik perhatian wisatawan. Tepatnya ketika Anda sudah masuk kawasan Putrajaya, Anda akan melihat kubah masjid merah muda yang lembut. Kemudian ketika Anda semakin dekat, Anda akan melihat bangunan masjid yang memiliki warna sama dengan kubahnya, yaitu perpaduan antara merah muda dan kecoklatan atau nude. Terlebih lagi jika dipadukan dengan birunya langit dan Danau Putrajaya di sekitarnya.

Ketika Anda sudah parkir dan akan masuk masjid, Anda akan melihat gerbang masjid yang memukau. Tidak hanya tinggi menjulang, gerbang ini juga dihiasi oleh kaligrafi yang unik. Cocok sekali untuk Anda yang ingin mengabadikan momen bersama keluarga. Lalu Anda juga akan memasuki pintu yang hiasan dan ukiran khas negara muslimnya begitu indah serta memiliki pola geometris.

Dari sini, apabila Anda memperhatikan kubahnya, Anda akan melihatnya dengan jelas. Terdapat 1 menara tertinggi dari menara lain yang ada di sisi kiri gerbang utama. Tinggi menara ini mencapai 116 meter dan 50 meter untuk kubah utama. Selain kubah utama dan menara, Anda juga akan melihat 8 kubah kecil lain yang mengelilingi kubah utama. Dalam kubah tersebut, terdapat ukiran dengan konsep tumbuhan dan hiasa geometris khas masjid di negara Mesir.

Masjid Putrajaya Malaysia e1454748121243 - Masjid Putra Malaysia, Inilah Kenapa Kamu Harus Mengunjunginya

Sumber: suaramuhamadiyah.id

2.  Pengalaman Beribadah di Atas Danau

Masjid Putra Malaysia ini beralamat lengkap di Persiaran Persekutuan, Presint 1, 62502 Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya. Tempat ini juga merupakan tempat Danau Putrajaya berada. Sehingga lokasi Masjid Putra Malaysia juga ada di Danau Putrajaya. Jika dilihat dari sisi manapun, masjid ini seakan-akan mengapung di atas danau. Karena letaknya yang menjorok danau, Anda dapat merasakan sensasi pemandangan perairan dan angin yang sejuk setelah beribadah di sana. Dijamin suasana ini akan mengingatkan Anda betapa besarnya Sang Pencipta dunia dan langit.

3.  Daya Tampung yang Besar dan Penuh Ornamen Indah

masjid putra interior - Masjid Putra Malaysia, Inilah Kenapa Kamu Harus Mengunjunginya

Sumber: kontraktorkubahmasjid.com

Masjid yang dinamai sesuai dengan Perdana Menteri pertama Malaysia, yaitu Tuanku Abdul Rahman Putra Al Hajj ini, memiliki daya tampung jemaat yang besar. Dengan total 3 lantai, masjid ini dapat memuat hingga 15.000 jemaat. Lantai pertama digunakan untuk mengambil air wudhu dan kamar mandi. Lalu lantai 2 untuk jemaat laki-laki, dan lantai 3 untuk jemaat perempuan. Sedangkan untuk anak-anak diharuskan untuk mengikuti orang tua atau ada pendampingnya.

Tidak hanya daya tampungnya yang besar, ornamen yang menghiasi masjid bagian dalam juga tidak kalah unik. Mulai dari ukiran kaligrafi yang sejenis dengan yang ada di gerbang pintu masuk, hingga lampu gantung yang memiliki warna serasi dengan cat tembok masjid.

4.  Spot Foto Unik dan Instagramable

Melihat beberapa detail di atas, tentu Anda sudah dapat membayangkannya bukan? Betapa indahnya arsitektur dan pemandangan di sekitar Masjid Putra Malaysia. Sehingga tidak jarang wisatawan non muslim pun mengunjungi masjid yang satu ini, karena memang pada dasarnya masjid ini dibuka untuk umum. Spot foto terfavorit para pengunjung terletak di luar masjid yang bersebelahan dengan danau secara langsung. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang sopan ya karena sudah menjadi aturan di sana bagi semua pengunjung. Jika tidak, staf Masjid Putra Malaysia akan meminjamkan Anda jubah khusus.

Bagaimana? Daya tarik di atas tentu akan semakin menambah keyakinan Anda dalam mengunjungi Masjid Putra Malaysia bukan? Jika Anda belum membuat itinerary liburan, Anda harus masukkan Masjid Putra Malaysia ini dalam daftar kunjungan Anda. Namun jika itinerary Anda sudah jadi dan tempat ibadah ini belum masuk, cek kembali apakah Anda melewati daerah di sekitar masjid ini dan pastikan Anda bisa mampir sebentar karena sayang sekali untuk dilewatkan.

Masih berhubungan dengan berlibur di Malaysia, tahukah Anda tentang aplikasi yang bisa membantu memudahkan Anda mengurus keuangan di Indonesia? Aplikasi ini adalah Qelola, aplikasi yang memiliki fitur transfer uang antar negara yang murah dan banyak promonya. Selain itu, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan rutin di Indonesia meski sedang ada di Malaysia hanya dengan smartphone. Yuk tunggu apa lagi? Download Qelola sebagai salah satu persiapan liburan Anda.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Seremban Malaysia: Religi, Hiburan, dan Alam

Tags: , , , ,