Ingin Mendapatkan Kebebasan Finansial? Intip Pedomannya Berikut Ini

kebebasan finansial

Anda ingin mendapatkan kebebasan finansial? Mencapai kebebasan finansial atau yang sering disebut dengan istilah financial freedom memang menjadi tujuan bagi hampir semua orang, termasuk Anda. Pada umumnya, mencapai kebebasan finansial berarti memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan untuk diri sendiri dan keluarga. Ketika mencapai financial freedom, berarti Anda memiliki pendapatan yang terus mengalir. Sehingga memungkinkan Anda untuk pensiun atau mengejar karir yang Anda inginkan tanpa didorong oleh penghasilan tertentu setiap tahun. Namun ternyata terlalu banyak orang yang gagal dalam mencapai tujuan itu. Sebagian orang justru dibebani dengan meningkatnya hutang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang sangat besar, atau masalah-masalah lain yang menghalangi untuk mencapai tujuan. Hal ini dapat terjadi pada semua orang, termasuk Anda lho. Akan tetapi, jika Anda ingin bisa terhindar dari kemungkinan buruk tersebut dan mencapai financial freedom, maka beberapa hal berikut ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ingin Sehat Finansial? Pahami 5 Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

Pentingnya Menetapkan Tujuan dan Anggaran

kebebasan finansial 3 - Ingin Mendapatkan Kebebasan Finansial? Intip Pedomannya Berikut Ini

Keinginan yang paling umum untuk mencapai financial freedom adalah tujuan hidup yang kurang spesifik. Nah, coba tanyakan pada diri Anda sendiri. Kira-kira apa artinya kebebasan keuangan di dalam hidup bagi Anda? Agar keinginan ini lebih jelas dan terukur, maka Anda perlu menuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki dalam tabungan Anda, bagaimana gaya hidup Anda, dan pada usia berapa kemandirian ini harus Anda capai. Semakin spesifik tujuan Anda, maka akan semakin tinggi kemungkinan untuk Anda dapat mencapainya. Kemudian, hitung mundur ke usia Anda saat ini, dan tentukan misi keuangan secara berkala. Tuliskan semuanya secara rapi, lalu letakkan lembar tujuan di bagian yang paling awal sebagai pengikat keuangan Anda.

Kemudian, membuat anggaran rumah tangga bulanan dan berpegang teguh pada anggaran tersebut juga akan menjadi cara terbaik untuk menjamin semua tagihan dibayar dan tabungan berada di jalurnya. Hal ini juga merupakan rutinitas bulanan yang dapat memperkuat tujuan Anda, serta akan mendukung tekad Anda dalam melawan godaan untuk berbelanja secara berlebihan.

Membuat Tabungan Secara Otomatis

kebebasan finansial 1 - Ingin Mendapatkan Kebebasan Finansial? Intip Pedomannya Berikut Ini

Anda juga bisa mendaftarkan diri Anda ke dalam rencana pensiun perusahaan tempat Anda bekerja. Dan Anda bisa memanfaatkan sepenuhnya fasilitas tersebut. Jika Anda memiliki penarikan tabungan secara otomatis untuk dana darurat yang dapat digunakan untuk pengeluaran tidak terduga, tentu saja hal ini keputusan yang sangat bijak. Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama pada saat Anda menerima gaji Anda. Sehingga uang tersebut tidak akan sampai ke tangan Anda.

Selain membuat tabungan secara otomatis, Anda juga bisa mulai berinvestasi. Karena tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi. Keajaiban bunga majemuk saat berinvestasi akan membantu uang Anda tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu. Namun meskipun begitu, Anda perlu banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan keuangan yang berarti. Setidaknya terdapat dua jenis investasi yang bisa Anda pilih. Yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek akan berguna untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek. Sedangkan investasi jangka panjang akan membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Menambah Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan

kebebasan finansial 4 - Ingin Mendapatkan Kebebasan Finansial? Intip Pedomannya Berikut Ini

Pastikan Anda meninjau semua perubahan yang berlaku dalam Undang-Undang perpajakan setiap tahunnya. Hal ini sangat penting, untuk memastikan semua penyesuaian yang Anda perlukan. Anda perlu mengikuti perkembangan berita keuangan dan perkembangan di pasar saham. Selain itu, jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda. dengan pengetahuan yang luas, maka Anda akan memiliki pertahanan yang baik untuk menghadapi mereka yang berupaya melakukan penipuan dari investasi bodong.

Setelah menambah pengetahuan, Anda juga perlu merawat properti yang Anda miliki dengan baik. Hal ini akan membuat segala properti yang Anda miliki lebih bertahan lama. Rawatlah mobil, mesin cuci, hingga sepatu dan pakaian Anda dengan baik. Merawat barang-barang Anda dapat membantu Anda untuk tidak mengeluarkan biaya untuk membeli barang pengganti dalam waktu yang cukup dekat. Ini berarti Anda bisa lebih menghemat uang.

Menjalani Hidup di Bawah Kemampuan Finansial

kebebasan finansial 2 - Ingin Mendapatkan Kebebasan Finansial? Intip Pedomannya Berikut Ini

Kebanyakan orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup mereka di bawah kemampuan mereka sebelum levelnya meningkat menjadi makmur. Nah, Anda perlu membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan daripada hal-hal yang Anda inginkan. Hal ini merupakan kebiasaan yang sangat bermanfaat secara finansial dan sehat untuk Anda praktekkan. Jika Anda memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah mobil, maka gunakanlah uang Anda untuk membeli motor. Ingat, bahwa tujuan Anda adalah untuk menjadi kaya bukan untuk terlihat kaya. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan semua uang yang Anda miliki.

Sementara jika Anda merasa tidak memiliki cukup ilmu, memiliki penasihat keuangan adalah hal yang penting. Penasihat keuangan ini akan membantu Anda untuk terus mengambil keputusan yang bijak terhadap uang yang Anda miliki. Anda tidak perlu membayar seorang financial planner jika Anda tidak memiliki uang yang lebih. Namun Anda bisa mencari informasi dengan menonton Youtube, membaca buku, atau bahkan berbincang dengan teman Anda yang sudah berhasil dalam mencapai kebebasan finansial.

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Jika kebiasaan-kebiasaan seperti yang telah disebutkan di atas sudah menjadi bagian dalam kehidupan Anda, maka tidak diragukan lagi bahwa Anda akan bisa mencapai kebebasan finansial lebih mudah. Untuk membantu Anda lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran, Anda bisa gunakan aplikasi Qelola untuk bayar tagihan. Mulai dari tagihan PLN, PDAM, BPJS, hingga beli pulsa listrik prabayar, dan masih banyak lagi. Hanya dengan satu aplikasi saja, Qelola juga bisa Anda gunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Biaya transaksi yang murah dan proses yang mudah akan membuat Anda tidak menyesal sudah download Qelola. Coba buktikan!

Tags: , , , ,