Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

strategi keuangan

Siapa yang setuju, bahwa memiliki strategi keuangan yang tepat adalah awal untuk mempersiapkan masa depan yang gemilang? Nyatanya, tanpa memiliki strategi yang baik, uang yang Anda miliki akan lebih mudah habis tidak tersisa. Sudah ada banyak cerita yang membuktikan hal ini. Salah satunya adalah pengalaman dari bintang NBA, Antoine Walker. Tadinya ia meraih 108 miliar dollar AS di sepanjang karirnya, lalu dinyatakan bangkrut dan malah menimbun hutang pada tahun 2010. Anda tentu tidak mau mengalami hal yang sama, bukan? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tips mengatur keuangan dengan baik agar kondisi finansial Anda tetap stabil. Jangan lupa dicatat ya!

Baca Juga: Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

1.  Giat Menabung dan Investasi Secara Bertahap

strategi keuangan 1 - Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

Setelah mendapatkan gaji bulanan atau pendapatan lainnya, hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mulai menabung secara teratur. Sebaiknya Anda menabung di awal waktu begitu Anda menerima gaji. Caranya adalah, Anda bisa menyisihkan sebesar 20% dari total pendapatan Anda untuk ditabung. Tabungan itu nantinya bisa menjadi persiapan Anda jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak terduga. Kemudian, sisa dari pendapatan Anda bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mulai berinvestasi secara bertahap. Sisihkan sebagian dari tabungan Anda ke deposito, saham, atau instrumen lainnya seperti reksa dana, atau Peer-to-Peer Lending (P2P). Anda juga bisa memantau investasi ini untuk kepentingan jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk kepentingan jangka pendek, Anda bisa mencairkan investasi dalam jangka waktu satu tahun atau tiga tahun. Lain halnya jika untuk kepentingan jangka panjang. Anda bisa mencairkan investasi setelah lima tahun, atau lebih.

2.  Menyusun Skala Prioritas Kebutuhan

strategi keuangan 2 - Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

Pentingnya membuat skala prioritas di awal bulan dapat membantu Anda untuk memastikan hal apa saja yang perlu dipastikan selama satu bulan. Mulailah dari memisahkan kebutuhan Anda dari yang mendesak hingga yang dapat ditunda pembeliannya. Apabila barang tersebut sangat Anda butuhkan saat ini, tidak ada salahnya untuk membelinya saat ini juga. Namun sebaliknya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli suatu barang jika ternyata Anda masih akan baik-baik saja kalau tidak membelinya saat ini. Dengan cara mengatur gaji bulanan seperti ini, maka Anda akan mampu mengontrol dan memonitor pengeluaran Anda setiap bulannya.

3.  Membuat Catatan Pengeluaran dengan Cermat

strategi keuangan 3 - Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

Jika setelah mengikuti strategi keuangan di atas masih belum maksimal, langkah selanjutnya adalah mulai mencatat pengeluaran Anda setiap harinya sekecil apapun itu. Anda bisa menuliskannya secara manual di buku khusus pengeluaran, atau memanfaatkan aplikasi pada smartphone untuk mencatat semua pengeluaran Anda. Dengan cara ini, maka akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Sekaligus juga sebagai langkah preventif untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan di kemudian hari. Jangan lupa untuk memberi keterangan waktu dan tempat di setiap pengeluaran yang Anda lakukan sebagai pengingat. Jika perlu, sisipkan juga struk atas pengeluaran yang telah Anda lakukan supaya lebih jelas.

4.  Bijak Menggunakan Uang dengan Dompet Digital

strategi keuangan 4 - Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

Bagaimana caranya bisa bijak dalam menerapkan strategi keuangan dan mengatur gaji bulanan dengan menggunakan aplikasi untuk transaksi? Manfaatkan aplikasi untuk membantu Anda dalam memastikan seberapa pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk kebutuhan selama satu bulan. Selain itu, dengan aplikasi juga akan mempermudah Anda dalam melakukan transaksi kapan dan di mana saja Anda berada. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan transaksi, dan sekaligus dapat menghemat waktu.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk lebih bijak dalam menggunakan gaji adalah aplikasi Qelola. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang bekerja atau kuliah di Malaysia. Dengan terdaftar dan memiliki akun Qelola, Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Mulai dari pengiriman uang baik ke sesama pengguna maupun ke nomor rekening bank, melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti BPJS, PLN, PDAM, dan lainnya, hingga pembelian token listrik, pulsa dan paket data internet, hingga voucher game. Biaya yang dibebankan untuk setiap transaksi juga sangat murah, sehingga uang Anda tidak akan habis sia-sia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mengatur keuangan dan menjalankan strategi keuangan yang tepat bisa dikatakan “gampang-gampang susah”. Namun Anda tidak boleh pesimis, karena apabila sering dilatih, maka seiring berjalannya waktu Anda pasti akan terbiasa. Untuk itu, Anda bisa mulai menerapkan 4 tips mengatur keuangan seperti yang telah dijelaskan di atas. Dan pastikan Anda konsisten dalam menjalankannya, karena usaha tanpa konsistensi maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola, ya! Ajak keluarga dan sahabat Anda pakai Qelola juga untuk menikmati berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , , , ,