Penggemar Dessert Harus Coba Dessert Khas Malaysia Berikut

dessert khas Malaysia

Salah satu daya tarik liburan di luar negeri adalah mencoba berbagai jenis kuliner yang menjadi andalan negara tersebut. Dan Malaysia tidak boleh dilewatkan untuk urusan kuliner ini. Sebagai negara tetangga Indonesia yang budayanya memiliki beberapa kesamaan, kuliner khas Malaysia juga sedikit mirip dengan Indonesia. Meskipun begitu, kuliner Malaysia tetap memiliki ciri khasnya tersendiri. Terlebih lagi, menu di Malaysia sudah mendapat banyak pengaruh dari China, India, dan negara Asia Timur lainnya. Makanan yang tak boleh Anda lewatkan adalah makanan penutup atau dessert khas Malaysia yang sudah terkenal menjadi favorit banyak wisatawan. Berikut ini adalah daftar dessert khas Malaysia yang harus Anda coba.

1.  Tau Fu Fah

poh s tau fu fah - Penggemar Dessert Harus Coba Dessert Khas Malaysia Berikut

Sumber: tripadvisor.co.id

Tau Fu Fah adalah dessert khas Malaysia khususnya di daerah Ipoh dan Penang. Menu ini mirip dengan bubur sumsum di Indonesia, namun bahannya berbeda, yaitu menggunakan kembang tahu yang lembut sekali. Penyajiannya juga menggunakan kuah gula jawa dan jahe. Kemudian ditambah topping yang beragam, mulai dari kacang merah, kacang tanah, cincau, dan lain sebagainya. Anda bisa menyantapnya dalam keadaan hangat atau dengan tambahan es batu.

2.  Apam Balik

Menu makanan penutup apam balik memiliki bentuk yang mirip dengan martabak atau krepes. Lalu apa yang berbeda? Adonan apam balik biasanya ditambahi dengan labu. Kemudian isian yang paling terkenal adalah dengan kacang tanah cincang yang disangrai. Namun sekarang isiannya menjadi lebih variatif dan dapat Anda temui di pinggir jalan Malaysia.

3.  Sago Gula Melaka

Sago gula Melaka (gambar pertama) adalah menu yang terbuat dari sagu mutiara yang dimasak hingga berwarna transparan lalu dicetak bulat. Kemudian disajikan bersama karamel gula merah dan santan kental. Bisa Anda bayangkan bukan betapa rasa gurih dan manis menyatu menjadi satu. Menu ini memang sederhana namun memikat banyak wisatawan yang datang ke Malaysia. Karena bahan-bahannya yang tidak mengandung protein hewani, Sagu Gula Melaka juga menjadi favorit bagi para vegetarian.

4.  Sea Coconut & White Fungus Sweet Soup

P2Puz uvPngwnp1Chqy8oUuG6QAzMZ1PWGh2l3u 7tASjBt fomJJyrgLMLuj fLRbu5NsxQ kVWAnAp5C69kLBJ1g=s800 - Penggemar Dessert Harus Coba Dessert Khas Malaysia Berikut

Sumber: food.malaysiamostwanted.com

Menu ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi kelapa muda dan jamur putih dengan kuah manis. Sesuai dengan namanya, kelapa muda dan jamur putih ini disajikan dengan kuah manis yang sederhana. Kesegaran minuman ini semakin mantap dengan tambahan irisan lemon. Sea coconut & white fungus ini dessert yang sangat fleksibel dikonsumsi sesuai cuaca saat itu, jadi bisa disajikan dingin maupun hangat.

5.  Es Air Batu Campur

Dilihat dari namanya tentu Anda sudah bisa membayangkan bukan? Es air batu dalam menu ini merupakan es batu yang diserut. Kemudian campuran didalamnya terdiri dari irisan cincau, biji jagung manis, dan kacang merah. Setelah ditambah es serut hingga menggunung, lalu disiram dengan 2 macam sirup, yaitu cocopandan dan gula merah. Masih ditambah dengan sedikit susu kental manis dan taburan kacang tanah. Beberapa tempat yang menyediakan menu ini bahkan sudah lebih variatif dengan mengganti es serut dengan es krim dan menambahkan topping kekinian seperti meses coklat atau warna warni. Menarik bukan?

6.  Kuih Denderam

Kuih Denderam adalah kue manis berwarna coklat gelap yang bentuknya seperti cincin. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diuleni bersama karamel gula merah dan parutan kelapa. Kemudian adonan digoreng hingga berwarna coklat agak gelap. Makanan ini memang sekilas mirip dengan kue khas Pasundan Indonesia, namun cita rasa lokalnya tetap berbeda. Selain bisa menjadi cemilan sore hari bersama teh atau kopi, makanan kecil ini juga cocok menjadi dessert andalan.

7.  Es Cendol

hipwee ABC Ais Cendhol 640x422 - Penggemar Dessert Harus Coba Dessert Khas Malaysia Berikut

Sumber: hipwee.com

Selain Indonesia, Malaysia juga punya dessert terkenal bernama cendol lho. Namun jangan salah paham dahulu, karena penyajian cendol di Malaysia berbeda dengan di Indonesia. Cendol Malaysia memiliki bentuk yang lebih kecil dan disajikan bersama es serut yang banyak seperti halnya Es Air Batu Campur di atas. Kemudian disiram dengan gula merah dan santan kental. Teksturnya pun berbeda karena lebih mudah putus ketika dikunyah sehingga rasanya tentu akan berbeda dengan cendol di tanah air.

Baca Juga: Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Nah, itu tadi adalah daftar dessert khas Malaysia yang harus Anda coba ketika berlibur di sana. Karena hampir semua makanan penutup tersebut terkenal dengan kenikmatannya, tidak ada salahnya Anda mencicipinya meskipun ke Malaysia hanya untuk perjalanan bisnis atau keperluan lainnya. Sisi menyenangkan dari mencoba kuliner luar negeri adalah Anda belum tentu bisa merasakan makanan yang sama ketika telah kembali ke tanah air.

Masih tentang Malaysia, sudahkah Anda mengetahui aplikasi terbaru yang akan memudahkan urusan keuangan dan membayar tagihan? Jika belum, yuk berkenalan dengan aplikasi Qelola. Aplikasi ini akan memudahkan Anda mengirim uang antara negara Malaysia dan Indonesia. Bahkan Anda juga dapat membayar tagihan di Indonesia meskipun sedang berada di Malaysia lho. Yuk download Qelola sekarang juga dan nikmati promo menariknya.

Tags: , , , ,