Tips Penting Setor Tunai di ATM Tanpa Ribet

setor tunai di ATM

Nasabah perbankan saat ini semakin dipermudah dalam bertransaksi. Mulai dari mobile bankinginternet banking, weekend banking hingga setor tunai menggunakan mesin setor tanpa perlu antri panjang di teller bank secara konvensional. Dengan menggunakan mesin setoran tunai di ATM, uang yang Anda miliki dapat bertambah sesuai dengan uang yang hendak dimasukkan.

Hampir semua bank saat ini telah memiliki fasilitas ATM setor tunai. Untuk mengakses layanan ini, bisa mendatangi ATM Galeri terdekat. Selain memiliki fitur utama setor tunai, mesin ATM setor tunai juga memiliki fungsi lain, yakni tarik tunai, transfer, dan cek saldo tabungan yang Anda miliki tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Berikut tata cara setor tunai di ATM :

  • Perlu diketahui, Anda hanya dapat menggunakan uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000 untuk setoran tunai melalui ATM BRI.
  • Selain itu, Anda pastikan uang tersebut tidak rusak dan lecek. Bila kondisi uang tidak dalam kondisi baik, ATM tidak dapat memproses transaksi setoran tunai.
  • Sebelum melakukan transaksi, sebaiknya Anda mencari mesin ATM yang melayani tarik dan setor tunai.

Panduan Setor Tunai Melalui Mesin ATM

cara setor tunai di atm 1 - Tips Penting Setor Tunai di ATM Tanpa Ribet

Cara melakukan setor tunai melalui mesin ATM cukup mudah dan cepat. Untuk membuktikannya Anda bisa mencoba sendiri dengan cara berikut ini:

  • Masukkan kartu debit ke dalam mesin ATM. Lalu Anda pilih bahasa dam masukkan nomor pin ATM.
  • Pilih menu “Setoran tunai”, layar ATM akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan. Anda tekan “Lanjutkan” pada halaman tersebut.
  • Lalu, Anda tekan “Rekening Tabungan”, secara otomatis mesin ATM akan membuka tempat setor uang.
  • Masukkan uang yang akan disetor ke dalam tempat yang sudah disediakan. Sebelum menyetorkannya, sebaiknya Anda merapikan uang tersebut.
  • Pastikan tidak ada uang yang kusut atau rusak. Agar sistem ATM dapat membaca jumlah uang yang Anda setorkan.
  • Tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi jumlah uang yang disetorkan. Bila jumlahnya sesuai, Anda tekan “Setor” untuk melanjutkan proses setoran tunai.
  • Layar ATM akan menampilkan notifikasi “Setoran Anda telah diterima” lalu mengeluarkan struk. Dana setoran Anda sudah masuk ke dalam rekening.

Jangan lupa ambil struk dan kartu debit sebelum meninggalkan ATM.

Kelebihan Setor Tunai di ATM

cara setor tunai di atm 3 - Tips Penting Setor Tunai di ATM Tanpa Ribet

Setor tunai di ATM tentu memiliki kelebihan yang bisa memberikan kemudahan Anda dalam bertransaksi. Berikut adalah ulasannya.

Tidak Perlu Antre di Teller

Harus datang di jam kerja dan mengantre lama tentu akan merepotkan dan memakan waktu lama, apalagi jika kondisinya Anda sedang bekerja. Tidak mungkin bukan Anda harus mengajukan izin hanya untuk setor tunai di teller bank?

Nah, untuk mengatasinya, telah hadir fasilitas mesin ATM setor tunai atau CDM. Dengan adanya mesin ini, maka Anda dapat menyetorkan uang kapan pun tanpa perlu mengantre.

Layanan 24 jam setiap hari

Jika di teller bank Anda hanya diberikan waktu antara pukul 08.00 sampai 15.00 untuk melakukan penyetoran uang. Berbeda dengan setor tunai di ATM yang dapat Anda lakukan kapan pun karena layanan tersebut hadir selama 24 jam setiap harinya.

Transfer ke Sesama Maupun Lain Bank

Selain dapat diakes kapan saja dan di mana saja, dengan mesin ini pun Anda bisa melakukan transfer ke sesama bank maupun lain bank tanpa harus memiliki saldo dalam rekening. Sebab dengan mesin ini, otomatis Anda sedang melakukan transaksi menggunakan uang tunai.

Baca Juga: Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

Tips Aman Bertransaksi dengan ATM Setor Tunai

Karena penggunaan ATM setor tunai sangat mudah, bukan berarti Anda tidak perlu waspada selama penggunaannya. Pastikan menjaga seluruh keamanan selama bertransaksi. Tak cukup hanya menjaga kerahasiaan PIN saja, berikut ini adalah tips menjaga keamanan bertransaksi  di ATM setor tunai yang perlu diketahui:

  • Hindari untuk meminjamkan dompet yang berisi kartu ATM maupun kartu kredit kepada orang yang belum Anda percayai.
  • Hindari penggunaan PIN dalam bentuk nomor HP, tanggal lahir, nomor yang terlalu sederhana, nomor SIM, nomor KTP, dan nomor nomor yang terlalu mudah untuk ditebak.
  • Jika kartu ATM hilang, segera lapor polisi untuk meminta surat keterangan kehilangan dan melakukan pemblokiran kartu ATM yang Anda miliki. Hal ini berguna untuk menghindari kartu ATM dibobol oleh orang lain.
  • Pilihlah ATM yang terletak di keramaian, hal ini guna menghindari tindak kejahatan, jika perlu pilihlah ATM yang terletak di bank terkait. Hal ini untuk meminimalisir tindak kejahatan lantaran sejumlah ATM yang terletak di bank terkait akan menyediakan security.
  • Maraknya tindak skimming saat ini dapat dihindari dengan cara memperhatikan kabel-kabel yang tidak wajar atau benda benda yang mencurigakan. Perhatikan tombol mesin ATM yang double, maupun tempat mulut ATM untuk memasukkan kartu ATM yang ditempeli alat-alat aneh. Jika dirasa mesin ATM tersebut mencurigakan, jangan ragu untuk meninggalkan mesin ATM tersebut dan melaporkan pada security.
  • Saat memasukkan pin tabungan, pastikan menutup tombol mesin ATM guna menghindari praktek skimming.
  • Jika mengambil uang di ATM yang cukup ramai dan terdapat antrean di belakang Anda, pastikan Anda tetap waspada. Hal ini guna menghindari adanya praktek hipnotis yang sering kali menelan banyak korban.
  • Terakhir, cetaklah buku tabungan yang dimiliki secara berkala. Hal ini guna menghindari transaksi-transaksi di luar sepengetahuan Anda. Selain melakukan print buku tabungan secara berkala, Anda juga bisa melakukan cek transaksi melalui mutasi rekening.

Hal Lain yang Bisa Dilakukan di ATM

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda perhatikan, mulai dari cara melakukan setor tunai di ATM, kelebihan hingga tips aman melakukaknnya. Mumpung lagi di ATM, Anda bisa sekalian top up saldo Qelola. Dengan memiliki saldo yang cukup, Anda akan lebih mudah jika sewaktu-waktu harus bayar tagihan, atau beli pulsa dan paket data internet. Sementara bagi Anda yang belum memiliki akun Qelola, Anda bisa unduh aplikasinya terlebih dahulu di sini.

Tags: , , , , , , ,