Ingin Untung Beli Ringgit? Lihat Dulu 3 Tipsnya!

Untitled design942 - Ingin Untung Beli Ringgit? Lihat Dulu 3 Tipsnya!

Melakukan perjalanan ke Malaysia, dalam urusan bisnis, pendidikan, atau sekedar liburan, mungkin sudah jadi rutinitas Anda dalam beberapa waktu belakangan ini. Kebutuhan akan mata uang ringgit tentu akan jadi salah satu kebutuhan utama, mengingat di Malaysia nanti Anda akan melakukan berbagai transaksi menggunakan mata uang ini. Maka dari itu, Anda harus paham benar tips beli ringgit agar Anda tidak rugi dalam segi nilainya.

Mungkin Anda merasa tak masalah untuk menukarkan rupiah yang Anda miliki dengan ringgit di lokasi manapun yang Anda perlukan. Memang hal ini tidak salah, namun bagaimana jika ada cara-cara sederhana yang dapat membuat nilai ringgit yang Anda beli pada akhirnya lebih besar? Bukankah itu artinya rupiah yang Anda miliki nilainya semakin tinggi? Beli ringgit Malaysia bisa dilakukan dengan menguntungkan, dengan beberapa tips sederhana berikut ini.

Beli Ringgit Sebelum Anda Berangkat

Untitled design941 - Ingin Untung Beli Ringgit? Lihat Dulu 3 Tipsnya!

Melakukan penukaran dan beli ringgit di Indonesia akan memberikan nilai yang lebih besar daripada ketika Anda menukarkannya di Malaysia. Sederhana, karena di Indonesia Anda memiliki banyak pilihan cara penukaran ringgit. Bukan berarti di Malaysia tidak ada fasilitas penukaran dan beli ringgit yang baik, namun ketika Anda memerlukannya di Malaysia, mau tak mau Anda harus membelinya bukan meski harga yang diberikan lebih tinggi?

Tukarkan rupiah Anda dengan ringgit sebelum waktu keberangkatan ke Malaysia, ke money changer atau fasilitas lain yang memberikan harga cukup baik. Sebisa mungkin, lakukan penukaran jauh-jauh hari agar Anda bisa memiliki waktu memilih tempat beli ringgit yang worth. Riset kecil untuk keuntungan Anda tidak masalah bukan? Bandingkan nilai tukar satu tempat dengan tempat lainnya untuk memastikan harga yang terbaik.

Jika harus melakukan penukaran di Malaysia, sebisa mungkin cari jaringan bank internasional yang memiliki ATM dan memiliki layanan penarikan tunai dalam bentuk ringgit. Tidak terlalu mudah memang, tapi dengan layanan ini nilai tukar yang diberikan terbilang cukup sepadan daripada harus menukarkan di fasilitas lain, terlebih penukaran uang di bandara.

Komisi pada Layanan Money Changer

Untitled design940 - Ingin Untung Beli Ringgit? Lihat Dulu 3 Tipsnya!

Keberadaan charge pada money changer dalam bentuk komisi memang tidak selalu diterapkan, namun Anda tetap perlu mewaspadainya. Bukan menakut-nakuti, hanya saja sebisa mungkin hindari tempat penukaran uang dan beli ringgit yang menerapkan biaya komisi, meski nilai tukar ringgit yang ditawarkan lebih rendah dari harga yang beredar di pasaran.

Komisi awam digunakan pada money changer dengan nilai tukar yang murah, untuk menarik wisatawan atau siapa saja yang memerlukan uang dengan cepat. Meski terlihat lebih murah, namun biaya komisi yang diterapkan bisa sangat mengurangi nilai ringgit yang Anda dapatkan. Pada beberapa sumber, menyatakan bahwa komisi yang digunakan berkisar antara 3% hingga 7% untuk sekali penukaran. Tentu bukan nilai yang sedikit bukan?

Alih-alih menggunakan money changer dengan embel-embel nilai tukar yang tinggi, Anda bisa memilih penggunaan ATM layanan bank internasional yang memberikan fasilitas penarikan dalam bentuk ringgit. Nilainya mungkin akan lebih menguntungkan untuk Anda.

Lakukan Penukaran Bertingkat

Untitled design938 - Ingin Untung Beli Ringgit? Lihat Dulu 3 Tipsnya!

Nilai tukar yang fluktuatif membuat Anda harus pandai-pandai melakukan penukaran uang. Misalnya, ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat dan nilai tukar ringgit terhadap dolar melemah, Anda bisa melakukan penukaran bertingkat. Jadi Anda tak langsung menukarkan rupiah ke ringgit, tapi ditukarkan dahulu ke dolar untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Sedikit repot memang karena Anda perlu melakukan transaksi sebanyak dua kali. Namun demikian, selisih yang diberikan cukup besar lho. Jadi tak ada salahnya melakukan riset kecil pada nilai tukar mata uang sebelum melakukan penukaran agar mendapatkan nilai tukar yang paling menguntungkan. Katakanlah terpaut sekitar 10 sampai 15 ringgit, nilai yang cukup besar untuk penukaran dan beli ringgit secara umum.

Tidak ada salahnya juga Anda melihat pergerakan mata yang yang bisa dipantau melalui banyak perangkat dan situs online. Cara ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan liburan, agar bekal ringgit yang Anda miliki benar-benar maksimal. Tukarkan ketika nilai rupiah tinggi terhadap ringgit, dan maksimalkan momentum tersebut.

Baca Juga: Sedang Cari Cara Irit Uang? 5 Tips Ini Bisa Anda Coba!

Memang untuk beli ringgit yang menguntungkan Anda perlu melakukan hal-hal yang sebenarnya sepele tapi menuntut kecermatan. Selisih sedikit saja pada nilai masing-masing mata yang akan berpengaruh besar pada nilai ringgit yang Anda dapatkan. Tidak perlu terburu-buru, jika Anda memiliki waktu, lakukanlah riset kecil sebelum menukarkan atau beli ringgit.

Beli ringgit pada kenyataannya menjadi salah satu aktivitas yang rutin dilakukan oleh pelancong, pebisnis, atau TKI di Malaysia. Nah, untuk urusan pengiriman uang ke Indonesia ketika berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan paling handal, Qelola. Biaya administrasi yang rendah, transfer cepat, serta fitur yang beragam benar-benar dapat membantu Anda. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,