Berencana Mengunjungi Menara Petronas? Simak Dulu 5 Faktanya!

Menara Petronas

Ketika berkunjung ke suatu negara baru, tempat pertama yang dikunjungi biasanya adalah landmark dari negara tersebut. Misalnya, ketika mengunjungi Amerika Serikat, tentu patung Liberty adalah tujuan utama. Sama halnya ketika Anda mengunjungi Malaysia, Menara Petronas agaknya jadi satu tujuan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Selain indah, bangunan ikonik ini juga ternyata memiliki banyak fakta unik.

Bangunan yang juga mendapat julukan Menara Kembar ini telah menjadi ikon negara Malaysia cukup lama, mungkin bahkan sejak mulai mendapat popularitasnya ketika tahun 1998 silam. Tak hanya indah dan menakjubkan, Anda juga akan merasakan betapa masifnya ukuran dari kedua menara yang berdiri berdampingan ini. Maka tak heran jika salah satu bukti sahih yang bisa diberikan ketika Anda mengunjungi Malaysia adalah berfoto dengan latar belakang Menara Petronas.

Lalu selain itu, apa saja fakta menarik yang melekat pada menara indah ini?

Gedung Tertinggi di Dunia

Untitled design925 - Berencana Mengunjungi Menara Petronas? Simak Dulu 5 Faktanya!

Menara Petronas dalam sejarahnya pernah memegang gelar gedung tertinggi di dunia. Meski kini gelar ini sudah disandang oleh ‘saudara’ jauhnya yakni Burj Khalifa, namun Menara Petronas tetap masuk ke dalam jajaran gedung ikonik tertinggi di dunia. Gelar ini dapat dipertahankan mulai tahun 1998 hingga akhirnya berpindah pada tahun 2004 ke Taipei Tower 101 yang ada di Taiwan.

Meski demikian, ketinggian dari Menara Petronas agaknya tetap akan menjadi salah satu daya tarik yang tak lekang oleh jaman. Memang menara ini tak lagi menjadi yang tertinggi di dunia, namun ketika Anda menyambanginya, maka Anda akan paham mengapa bangunan ikonik ini pernah mendapatkan gelar tersebut dan mempertahankannya selama kurang lebih 6 tahun.

Spiderman Pernah Memanjat Menara Petronas

Tentu bukan pahlawan super si Manusia Laba-Laba yang asli, namun adalah seorang pemanjat berkewarganegaraan Perancis yang melakukan hal ini. Ia memanjat Menara Petronas pada tahun 1997 silam, dan berhasil mencapai lantai 60 sebelum akhirnya berhasil diamankan oleh pihak kepolisian Malaysia.

Aksi ini kembali berulang ketika pada tahun 2007, orang yang sama melakukan pemanjatan. Uniknya, si pemanjat berhasil mengulangi rekornya dan mencapai lantai 60, sebelum tentu diamankan lagi oleh pihak kepolisian. Meski aksi ini berbahaya dan melanggar hukum yang berlaku, catatan rekor ini menjadi salah satu fakta unik yang melekat pada Menara Petronas.

Menara yang Tidak Terlalu Kembar

Untitled design924 - Berencana Mengunjungi Menara Petronas? Simak Dulu 5 Faktanya!

Dijuluki sebagai menara kembar, pada kenyataannya dua menara ini ‘lahir’ dari kontraktor yang berbeda. Hal ini menjadi salah satu keunikan tersendiri, karena meski dibangun oleh dua kontraktor berbeda desain dan tampilannya memberikan kesan menara yang benar-benar serupa. Tentu saja, ini berkat perencanaan yang matang serta kapabilitas kontraktor yang benar-benar handal.

Gedung pertama dibangun oleh konsorsium asal Jepang, sedangkan gedung lainnya dibangun oleh konsorsium yang berasal dari Korea Selatan. Meski mungkin Anda berpikir dua negara ini memiliki kebudayaan yang mirip, namun tetap saja pembangunan yang dilakukan oleh dua konsorsium berbeda biasanya akan memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Well, apakah Anda bisa menemukan perbedaannya?

Menara Petronas Memiliki 32.000 Jendela

Pernyataan yang cukup absurd mungkin, tapi pada kenyataannya gedung kembar ini memiliki jumlah jendela yang tak kalah fantastis, 32.000. Ya, Anda tidak salah membaca, setiap jendela telah dihitung dan dipastikan, dan berjumlah 32.000. Tentu saja ini catatan yang fantastis dalam dunia konstruksi karena dapat meletakkan jendela dengan jumlah tersebut pada satu gedung yang sama.

Untuk melakukan penjelajahan dari satu lantai ke lantai lain, Anda juga dapat menggunakan 40 lift dan 20 eskalator. Jumlah ini sepadan dengan ukuran bangunan yang benar-benar besar, agar setiap penggunanya bisa berpindah dari satu lantai ke lantai lain dengan cepat.

Jembatan Penghubung Tertinggi di Dunia

Untitled design923 - Berencana Mengunjungi Menara Petronas? Simak Dulu 5 Faktanya!

Bukan menjadi yang nomor satu, namun jembatan penghubung kedua gedung Menara Petronas ini menempati posisi kedua sebagai jembatan penghubung tertinggi di dunia. Jembatan yang terletak di antara lantai 41 dan 42 ini memiliki ketinggian sekitar 170 meter di atas permukaan tanah. Cukup untuk membuat kaki Anda lemas jika melihat ke arah bawah.

Dengan panjang mencapai 60 meter, skybridge penghubung Menara Petronas akan memberikan sensasi berjalan di atas awan yang menegangkan. Tapi tak perlu cemas, sebab setiap aspek keamanan untuk pengunjung dan pengguna menara sudah dipastikan dengan baik oleh pihak yang kompeten.

Baca Juga: Destinasi Wisata Sandakan Malaysia Yang Perlu Dikunjungi Bersama Keluarga

Mengunjungi Menara Petronas mungkin akan memberikan kesan yang berbeda setelah Anda mengetahui fakta-fakta unik ini. Tentu saja, Anda wajib merencanakan liburan dengan baik agar semua destinasi wisata di Malaysia bisa disambangai. Ketika tiba-tiba ada tagihan bulanan yang harus dibayarkan, Anda tak perlu cemas. Segera unduh aplikasi Qelola, dan lakukan pembayaran secara langsung dengan aplikasi ini. Proses yang cepat dan biaya administrasi yang rendah bisa Anda nikmati agar liburan Anda semakin menyenangkan. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,