5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

kota wisata malaysia

Malaysia adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Selain jarak yang dekat dan biaya perjalanan yang terjangkau, Malaysia juga menyuguhkan banyak destinasi wisata menarik untuk wisatawan. Hampir di setiap kota yang ada di Malaysia punya daya tarik objek wisatanya masing-masing. Jadi, bagi Anda yang ingin liburan ke Malaysia, jangan hanya mengunjungi Ibukota Malaysia saja. Ada banyak kota wisata populer di Malaysia yang bisa Anda jelajahi. Apa saja itu? Langsung simak daftarnya di bawah ini.

1. Kuala Lumpur

kuala lumpur skyline skyscraper with highway road night kuala lumpur malaysia asia 73503 1096 - 5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Sebagai Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata menarik di Kuala Lumpur, mulai dari tempat wisata religi, wisata belanja, kuliner, wisata edukasi, hingga wisata budaya. Beberapa icon tempat wisata populer di Kuala Lumpur antara lain Menara Kembar Petronas, Masjid Jamek, Central Market, Merdeka Square, dan Batu Caves. Pastikan Anda mengunjungi destinasi wisata yang variatif tersebut agar liburan Anda semakin berkesan.

2. Kota Kinabalu

trekker standing kinabalu mountain with south peak mountain range 73740 104 - 5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Kota wisata selanjutnya adalah Kota Kinabalu. Kota ini berada di salah satu wilayah Malaysia tepatnya di daerah Sabah. Wilayah ini berbatasan langsung dengan pulau Kalimantan, Indonesia. Secara umum, objek wisata yang ditawarkan oleh Kota Kinabalu berupa museum, wisata sejarah, dan wisata alam. Tapi yang paling populer adalah wisata alamnya yaitu Gunung Kinabalu. Gunung ini menjadi salah satu alasan mengapa kota ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Jika dilihat dari letaknya, gunung ini masih berada di wilayah Kalimantan dan menjadi gunung tertinggi di sana. Namun secara teritorial, Gunung Kinabalu adalah milik Malaysia. Bagi Anda yang masih awam mendaki, namun ingin merasakan sensasi berada di puncak gunung, Gunung Kinabalu bisa menjadi destinasi yang tepat. Keberadaan anak tangga yang berjejer rapi akan memudahkan Anda sampai di puncak dan menikmati keindahan Kota Kinabalu dari ketinggian.

3. Kota Wisata Kuching

rsz tempat wisata di kuching - 5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang ingin liburan murah di Malaysia, Anda bisa datang ke kota wisata Kuching. Di kota ini, harga makanan, penginapan, hingga barang oleh-oleh yang dijual relatif murah jika dibandingkan kota di Malaysia lainnya. Bagi masyarakat di Kalimantan Barat, kota ini kerap menjadi tempat wisata alternatif untuk berbelanja barang branded dengan harga miring. Kota yang memiliki icon kucing ini juga menyuguhkan destinasi wisata yang variatif, mulai dari wisata religi, wisata belanja, wisata edukasi, hingga wisata alam. Beberapa tempat wisata favorit wisatawan yang bisa Anda kunjungi antara lain Cat Museum, Kuching Orchid Garden, Kuil Tua Pek Kong, Kuching Waterfront, Masjid Agung Kuching, dan Bako National Park.

4. Melaka Malaysia

blue sky summer malaysia ancient unesco 1122 1664 - 5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Kota wisata di Malaysia selanjutnya adalah Melaka. Saat berkunjung ke Melaka, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda. Jika di Kuala Lumpur Anda akan melihat banyak gedung pencakar langit atau bangunan serba modern, maka di Melaka Anda akan melihat banyak bangunan peninggalan kolonial dan pemandangan sungai Melaka yang indah. Bagi Anda yang ingin melihat situs bersejarah dan menambah pengetahuan sejarah sembari liburan, Melaka adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Melaka terkenal dengan banyaknya bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik. Mulai dari Gereja St. Peter’s Church yang sudah ada sejak tahun 1710, Queen Victoria’s Fountain, Benteng A Famosa yang ada sejak 1512, hingga sederet bangunan bersejarah lainnya masih berdiri kokoh sampai sekarang. Bahkan, karena kemampuan Melaka dalam menjadi berbagai bangunan tua tersebut, kota ini dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2008.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

5. Kota Wisata Penang

top view georgetown capital penang island malaysia from top penang hill 35977 605 - 5 Kota Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata kuliner di Malaysia, kota wisata Penang adalah surga bagi para pecinta kuliner. Ada banyak macam kuliner yang bisa Anda cicipi di kota ini. Mulai dari makanan utama hingga hidangan penutup ada di Penang. Kota Penang bahkan mendapat gelar “the best street food” karena banyaknya pilihan makanan yang bisa dicoba wisatawan saat berkunjung ke kota ini.

Cobalah untuk mengunjungi Gurney Hawker Centre, salah satu pusat kuliner atau tempat berdagangnya ratusan pedagang kaki lima. Di kawasan ini, Anda bisa mencicipi makanan khas Malaysia, China, dan India. Makanan yang populer di tempat ini seperti char koay teow, assam laksa, lok-lok, rojak pasembur, dan chendul. Saat wisata kuliner di Penang, jangan khawatir soal harga, karena harga makanan yang dijual di tempat ini murah meriah sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan di Malaysia dengan budget terbatas.

Itulah beberapa kota wisata populer yang bisa Anda kunjungi di Malaysia. Jadi, sudah tahu akan ke kota mana saja selama liburan di Malaysia? Agar liburan Anda semakin seru tanpa ribet mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta multi-billing payment, pengelolaan keuangan Anda khususnya dalam pengiriman uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia bisa dilakukan secara praktis dan mudah. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , , , , ,