Pahami Kegunaan Visa dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini, TKI Wajib Baca!

jenis jenis visa

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri Anda diwajibkan untuk menyiapkan beberapa dokumen seperti paspor dan visa. Nah, beberapa orang bahkan menganggap kedua dokumen tersebut sama padahal tidak. Paspor adalah berkas yang dikeluarkan oleh lembaga resmi negara sebagai tanda identitas sebagai warga negara ketika berada di luar negeri. Sedangkan visa merupakan surat izin seseorang agar bisa memasuki suatu negara. Sampai disini sudah ada gambaran tentang perbedaannya kan? Baik paspor dan visa ini macamnya ada banyak tergantung dari fungsi dan tujuannya. Artikel berikut akan mengulas lebih dalam tentang kegunaan visa. Simak baik-baik ya!

Apa Itu Visa?

stack passports stamp isolated white 19485 50815.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Pahami Kegunaan Visa dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini, TKI Wajib Baca!

Sebelum membahas tentang kegunaan visa secara lebih detail dan menyeluruh, Anda perlu tahu pengertian dari visa. Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya bahwa visa adalah surat izin bagi seseorang untuk bisa memasuki wilayah negara lain. Beberapa negara ada yang menerapkan sistem bebas visa, namun banyak juga negara yang ketat mewajibkan warga negara asing untuk menyertakan dokumen visa jika ingin masuk ke negara tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 1 angka 18 menyebutkan bahwa visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau tempat lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar untuk pemberian izin tinggal.

Jenis-Jenis Visa

stack passports stamps 19485 50806 - Pahami Kegunaan Visa dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini, TKI Wajib Baca!

Selanjutnya lanjut ke jenis-jenis visa. Nah, visa sendiri secara umum terdiri dari 4 jenis yaitu visa diplomatik, visa dinas, visa kunjungan, dan visa tinggal terbatas. Berikut akan dijabarkan fungsi dan kegunaan visa tersebut.

Visa Diplomatik

Sesuai dengan namanya, visa diplomatik adalah surat izin yang diberikan suatu negara khusus bagi warga negara asing yang punya kepentingan diplomatik di negara tersebut. Visa ini juga bisa diterbitkan untuk anggota keluarga yang turut serta berdasarkan perjanjian internasional, resiprositas, dan penghormatan. Pemberian visa jenis ini merupakan mutlak wewenang dari Menteri Luar Negeri yang diterbitkan oleh pejabat dinas luar negeri di perwakilan Republik Indonesia.

Visa Dinas

Visa dinas ternyata berbeda dengan visa diplomatik. Visa dinas diberikan kepada warga negara asing yang akan masuk ke negara Republik Indonesia untuk melaksanakan tugas yang tidak bersifat diplomatik. Sama halnya dengan visa diplomatik, keluarga pemegang visa dinas juga berhak mendapatkan jenis visa yang serupa. 

Visa Kunjungan

Visa Kunjungan adalah jenis visa yang diberikan kepada seseorang yang datang untuk urusan pariwisata, sosial-budaya, pendidikan, keluarga, bisnis, atau sekedar transit sebelum melanjutkan perjalanan ke negara lain. Visa kunjungan sendiri ternyata masih dibagi lagi menjadi tiga macam yaitu:

  • Visa kunjungan satu kali perjalanan. 

Visa ini ini diberikan kepada warga negara asing untuk bisa tinggal di wilayah Indonesia sampai jangka waktu 60 hari.

  • Visa kunjungan beberapa kali perjalanan.

Visa kunjungan beberapa kali memiliki masa berlaku 5 tahun. Namun dalam penggunaannya, warga negara asing hanya boleh tinggal di Indonesia maksimal selama 60 hari.

Visa on arrival adalah visa yang bisa Anda dapatkan secara langsung saat tiba di negara tujuan. Visa ini bisa digunakan oleh warga negara asing untuk tinggal di wilayah Indonesia maksimal 30 hari.

Visa Tinggal Terbatas

Selanjutnya adalah visa tinggal terbatas. Kegunaan visa ini untuk memberikan izin warga negara asing agar bisa tinggal sementara di Indonesia. Orang asing yang berhak mendapatkan visa jenis ini adalah mereka yang berprofesi sebagai rohaniawan, pelajar, peneliti, tenaga ahli, investor, dan WNA yang menikah dengan WNI dan memutuskan untuk tinggal sementara di Indonesia. Bagi WNA yang bekerja di kapal yang melintasi wilayah teritorial Indonesia juga bisa mendapatkan visa tinggal terbatas. Jangka waktu visa tinggal terbatas ini mulai dari 30 hari hingga 2 tahun sesuai dengan tujuan dan kebutuhan WNA tersebut.

Baca Juga: Mengetahui Cara Membuat Visa Kerja, Begini Detailnya

Ulasan di atas semoga mampu memberikan pencerahan kepada Anda tentang apa itu visa, jenis-jenisnya, dan kegunaan visa itu sendiri di Indonesia. Aturan visa yang berlaku pada tiap-tiap negara mungkin berbeda tergantung dari peraturan pemerintah negara tersebut. Pengajuan visa sendiri biasanya akan lebih mudah diperoleh jika Anda menggunakan paspor elektronik/e paspor. 

Khusus bagi Anda yang ingin pergi ke negara Malaysia jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang saat ini sedang populer di Negeri Jiran tersebut. Aplikasi akan sangat berguna bagi Anda jika ingin melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan di tanah air. Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di Playstore maka kegiatan kirim uang ke tanah air bisa Anda lakukan saat itu juga langsung dari ponsel. Informasi menarik lainnya tentang aplikasi ini bisa Anda baca pada website resmi Qelola di sini.

 

 

Tags: , , , , ,