Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

iced milk tea 1339 205 - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Liburan di Malaysia tentu belum lengkap jika belum mencoba berbagai wisata kuliner di sana. Tak hanya makanan, wisata kuliner di Malaysia juga bisa dikhususkan untuk mencoba minuman khas negara tersebut. Ada banyak minuman khas Malaysia yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa haus setelah berwisata. Sebagian besar minuman tersebut memiliki rasa manis dan menyegarkan sehingga sangat pas untuk disantap saat cuaca panas atau ketika tubuh mulai merasa lelah. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak rekomendasi minuman khas Malaysia yang patut Anda coba berikut ini.

1. Air Mata Kucing

rsz 7989868321 105d36b885 b - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Meskipun bernama air mata kucing, minuman ini tentu tidak memakai air mata kucing sungguhan. Jadi, jangan terkecoh dengan namanya. Air mata kucing merupakan sebuah minuman khas Malaysia berbahan dasar buah lengkeng, buah lo han kuo, buah kundur, dan air. Keempat bahan dasar tersebut direbus, lalu ditambahkan jeruk nipis dan buah lengkeng tanpa biji ke dalamnya.

Minuman ini bisa disajikan dengan campuran berbagai rasa seperti oreo, susu, cokelat, dan sebagainya. Air mata kucing bisa Anda cicipi panas atau dingin. Apabila dingin, tambahkan es batu di dalamnya. Penyajian dingin dengan tambahan es batu tentu lebih menyegarkan.

Mengenai penamaan air mata kucing pada minuman ini sebenarnya masih berkaitan dengan bahan utamanya yaitu buah lengkeng. Di Malaysia lengkeng lazim sekali disebut buah mata kucing. Jadi, pada dasarnya air mata kucing sama halnya dengan air buah lengkeng. Tak hanya menyegarkan, minuman khas satu ini juga mempunyai khasiat untuk tubuh seperti meredakan panas dalam, batuk, dan meningkatkan vitalitas tubuh.

2. Teh Tarik

hand holding plastic glass taiwan iced bubble milk tea with blur background 35534 185 - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Teh tarik tentu sudah populer di Indonesia. Namun siapa sangka, minuman ini berasal dari Malaysia lho. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba teh tarik di negara asalnya bukan? Minuman satu ini pertama kali dibuat oleh para Mamak atau sebutan orang India Muslim di Malaysia. Jangan heran jika Anda banyak menjumpai penjual teh tarik di Malaysia yang berasal dari etnis India Muslim.

Penamaan teh tarik sendiri didapat dari cara pembuatannya yang ditarik. Setelah teh dan susu yang menjadi bahan utama minuman ini dicampur jadi satu, campuran tersebut dituangkan ke gelas lainnya dengan jarak yang cukup jauh, jadi seolah campuran tersebut ditarik-tarik oleh pembuatnya. Terkait penyajian, sama seperti air mata kucing, minuman khas ini juga bisa diminum panas ataupun dingin.

Bagi Anda yang ingin membeli teh tarik sebagai oleh-oleh khas Malaysia, ada merek teh tarik yang cukup populer di Malaysia yaitu Teh Boh. Dengan beraneka rasa dan tekstur menarik, Teh Boh banyak dibeli wisatawan sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli produk teh tarik tersebut hampir di seluruh pusat perbelanjaan di Malaysia.

3. Chendul Penang

bowls malaysian cendol dessert 53876 25014 - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Chendul pada dasarnya merupakan cendol versi Malaysia, khususnya di daerah Penang. Adapun perbedaannya hanya pada gula yang digunakan. Gula yang digunakan pada chendul adalah gula Melaka khas Malaysia. Adanya bahan gula Melaka tersebut membuat chendul ini punya aroma dan rasa yang khas. Sebagian penjual menambahkan butiran jagung manis di atas chendul untuk memperindah tampilan dan menambah kelezatannya.

Salah satu tempat paling populer yang menjual minuman ini adalah Penang Road Famous Teochew Chendul. Tempat ini berlokasi di 27-29, Jalan Penang, Lebuh Keng Kwee, George Town, Pulau Penang, Malaysia. Jika Anda berwisata ke Penang, pastikan Anda mencoba chendul di tempat ini.

Baca Juga: Intip 6 Tempat Kuliner di Penang yang Bisa Buat Gagal Diet

4. Air Batu Campur (ABC)

ais kacang topped with basil seeds peanuts corn scoop ice cream 53476 1221 - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Minuman khas satu ini juga berasal dari Penang, Malaysia. Air batu campur (ABC) terbuat dari es serut yang dicampur dengan cincau, kacang merah khas Jepang, buah atap, buah lengkeng, agar-agar, dan sirup tiga warna. Minuman khas ini sangat nikmat dicicipi saat cuaca panas. Dengan banyaknya isian di dalamnya, air batu campur (ABC) tidak hanya menyegarkan tapi juga cukup mengenyangkan. Beberapa penjual bahkan menambahkan durian di dalamnya agar minuman ini semakin lezat. Sama seperti chendul, air batu campur (ABC) juga bisa Anda temukan di Penang Road Famous Teochew Chendul.

5. Sirap Bandung

rsz 20130302 1349341 - Coba 5 Minuman Khas Ini saat Liburan di Malaysia

Sumber: www.sayadankamerasaya.wordpress.com

Kata bandung dalam minuman ini bukan menandakan minuman ini berasal dari Bandung, melainkan berasal dari bahasa Melayu yang bermakna pasangan atau bahan-bahan berbeda yang bercampur satu. Bahan minuman sirap bandung memang berbeda dan saling bercampur satu sama lain. Dalam segelas minuman ini, Anda akan menemui susu kental manis yang bercampur dengan sirup mawar yang nantinya menciptakan rasa manis sekaligus warna merah muda pada minuman ini. Beberapa penjual juga mencampur sejumlah bahan lain seperti cincau, agar-agar, dan air soda pada minuman ini.

Sirap bandung sangat cocok disajikan bersama nasi biryani khas Malaysia. Bagi orang Melayu, sirap bandung kerap menjadi sajian saat berbuka puasa atau hidangan resepsi pernikahan. Untuk bisa mencicipi minuman khas ini, Anda bisa datang ke CITI Seafood D’Mutiara di Kampung Losong Haji Su, Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia.

Itulah beberapa referensi minuman khas yang ada di Malaysia. Jadi, sudah tahu akan mencicipi minuman khas apa saja saat liburan di Malaysia? Untuk mendapatkan liburan yang seru tanpa ribet mengelola keuangan selama berada di Malaysia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola akan mempermudah Anda melakukan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan ke Indonesia. Dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau, transaksi yang Anda lakukan selama liburan di Malaysia akan semakin mudah. Unduh aplikasi Qelola melalui smartphone sekarang juga! Lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , , , ,