Ketahui Informasi Seputar Petronas Twin Tower Malaysia Sebelum ke Sana

petronas twin tower

Bagi Anda yang berencana untuk pergi ke Malaysia, jangan lupa untuk memasukkan Petronas Twin Tower sebagai salah satu destinasi yang harus Anda kunjungi. Petronas Twin Tower yang merupakan ikon terkenal dari Malaysia ini adalah bangunan tertinggi di Asia Tenggara. Selain menjadi tempat wisata untuk turis domestik dan mancanegara, menara ini sebenarnya adalah gedung perkantoran. Yuk, ketahui lebih banyak tentang menara kembar Petronas sebelum Anda berkunjung ke sana.

Baca Juga: Catat! Itinerary Adalah Panduan yang Buat Liburanmu Lancar

Sejarah Singkat Petronas Twin Tower Malaysia

petronas twin tower 1 - Ketahui Informasi Seputar Petronas Twin Tower Malaysia Sebelum ke Sana

Agar Anda bisa mengenal Petronas Twin Towers secara lebih jauh, maka ada baiknya bila Anda menengok sebentar sejarah Menara Kembar Petronas. Menara Petronas ini dirancang oleh arsitek César Pelli dari Argentina, dan mulai dibangun pada tahun 1992. Kemudian diresmikan pada tanggal 31 Agustus 1999. Menara ini terinspirasi oleh bentuk geometris pada arsitektur Islam yang mengakar kuat di Malaysia. Menariknya lagi, Petronas Twin Towers sendiri pernah dinobatkan menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998 sampai tahun 2004, yang kemudian dikalahkan oleh menara Taipei 101.

Meskipun demikian, sampai saat ini Menara kembar Petronas masih tetap menjadi bangunan kembar tertinggi di dunia. Tinggi menara Petronas hingga mencapai 452 meter atau 1483 kaki dari permukaan. Tahukah Anda, bahwa tanah yang digunakan untuk membangun Petronas Twin Towers ini adalah tanah bekas lapangan pacuan kuda yang sangat luas. Yang kemudian dialih fungsikan untuk didirikan gedung perkantoran, sekaligus bangunan tertinggi yaitu Petronas Twin Towers ini.

Apa Saja yang Ada di Dalam Petronas Twin Tower?

petronas twin tower 2 - Ketahui Informasi Seputar Petronas Twin Tower Malaysia Sebelum ke Sana

Menara Kembar Petronas terdiri dari 88 lantai, dimana di lantai dasar Anda bisa menemukan pusat perbelanjaan Suria KLCC yang sangat populer. Kemudian tampak membentang ke sisi dari Menara Kembar Petronas adalah lansekap Taman KLCC yang luas dan indah dengan fitur jogging track, walking path, air mancur, dan sebuah wading pool untuk anak-anak. Bagi Anda para pecinta seni, maka Menara Kembar Petronas juga akan memuaskan Anda dengan pusat seni yang ada di dalamnya yaitu Galeri Seni Petronas (Petronas Art Gallery) dan Kuala Lumpur Convention Centre.

Sementara bagi Anda penyuka ilmu teknologi, maka Anda bisa mengunjungi Petrosains Science Centre. Sedangkan bagi para pecinta musik, di Menara Kembar Petronas juga disediakan Dewan Filharmonik Petronas Concert Hall, yang biasanya digunakan untuk pagelaran musik klasik yang menonjol di Asia Tenggara. Lokasi ini sangat strategis karena berada di antara dua menara dan dicap sebagai salah satu concert hall terbaik di dunia, lho. Jika Anda ingin melihat panorama keindahan Kuala Lumpur secara 360 derajat, Anda bisa naik ke lantai 86 gedung ini, di mana Anda dapat melihat puncak menara dari dekat. Sangat menarik, bukan?

Selain itu, di sana juga terdapat layar digital yang menampilkan dan memamerkan sejarah menara tersebut. Ada pula jembatan penghubung dari satu gedung ke gedung lainnya pada lantai 41 dan 42 yang biasa disebut dengan Skybridge. Skybridge ini merupakan fitur unggulan lainnya dari Menara Kembar Petronas, karena dari menara ini Anda juga bisa menikmati panorama Kota Kuala Lumpur. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan di Menara Kembar Petronas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkhususkan satu hari penuh untuk mengeksplorasi menara ini.

Bagaimana Cara Menuju ke Petronas Twin Tower?

petronas twin tower 3 - Ketahui Informasi Seputar Petronas Twin Tower Malaysia Sebelum ke Sana

Petronas Twin Towers berada di antara Jalan Ampang, dan Jalan Raja Chulan. Lokasinya juga dekat dengan Mandarin Oriental Hotel, dan berada tepat di seberang The Ascott. Alamat Petronas Twin Tower ini adalah di Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk bisa sampai ke menara ini, Anda bisa menaiki LRT Kelana Jaya Line menuju KLCC (KJ 10) yang merupakan statiun terdekat dari Petronas. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 3 menit menuju Petronas. Untuk cara yang lebih mudahnya, Anda bisa naik taksi atau menyewa mobil untuk menuju ke Petronas Twin Towers ini.

Itulah beberapa informasi tentang Petronas Twin Tower yang perlu Anda ketahui. Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan rencana liburan Anda ke luar negeri dengan matang. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola untuk kemudahan Anda dalam melakukan berbagai transaksi non tunai selama di Malaysia. Qelola memiliki fitur lengkap yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan kirim uang ke sesama pengguna maupun ke rekening bank, bayar tagihan, dan masih banyak lagi. Dengan Qelola, urusan keuangan Anda tentu tidak akan mengganggu momen liburan Anda. Jadi, Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga atau sahabat dengan maksimal.

Tags: , , , , , ,