Intip Keunikan Gunung Mulu National Park di Kuala Lumpur Malaysia

gunung mulu national park 3

Keindahan alam yang dimiliki Negeri Jiran Malaysia memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satu kekayaan alam yang sangat populer adalah kawasan wisata alam Gunung Mulu National Park. Gunung ini tepatnya berada di Kota Serawak, Malaysia. Untuk menuju ke kawasan wisata alam ini, Anda harus menggunakan pesawat dari Miri menuju Mulu, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan darat. Meskipun relatif jauh, namun rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan langsung terbayar dengan keindahan kawasan wisata Gunung Mulu National Park yang menakjubkan. Yuk, intip keunikan apa saja yang dimiliki Gunung Mulu ini.

Baca Juga: Berkunjung ke Genting Highland, Kunjungi Wahana Ini!

Cara Menikmati Keindahan di Gunung Mulu

Saat berada di Gunung Mulu National Park, Anda bisa melakukan dua aktivitas yang sangat seru. Yaitu mendaki gunung, dan menjelajahi gua.

1.  Melihat Keindahan dari Ketinggian Gunung Mulu

gunung mulu national park 1 - Intip Keunikan Gunung Mulu National Park di Kuala Lumpur Malaysia

Anda bisa mendaki Gunung Mulu dan menikmati keindahan kawasan wisata alam tersebut dari ketinggian. Suasana dari ketinggian sangat menakjubkan. Pastikan Anda mempersiapkan peralatan untuk mendaki terlebih dahulu.

2.  Menikmati Suasana di Perut Bumi

gunung mulu national park 2 - Intip Keunikan Gunung Mulu National Park di Kuala Lumpur Malaysia

Selain keindahan alam dari ketinggian, Anda juga bisa menikmati suasana di dalam perut bumi. Kawasan wisata Gunung Mulu National Park ini memiliki 2 buah gua yang menyajikan keistimewaan tersendiri. Suasana di sekitar gua tersebut siap memanjakan setiap wisatawan yang datang ke sana. Sebelum masuk ke dalam mulut gua, Anda bisa melihat pesona di mulut gua yang sangat menarik. Terdapat kanopi-kanopi batu, dan pepohonan rindang yang sangat eksotis. Tentu saja hal tersebut menarik untuk diabadikan. Ketika memasuki gua, Anda bisa melihat dinding batu, stalaktit, dan stalakmit yang berada di dalam gua tersebut.

Sebagai wisatawan, Anda akan ditemani oleh pemandu selama memasuki kawasan gua tersebut. Dua buah gua yang ada di sana menyajikan sisi menarik tersendiri. Di Cave of The Winds, keindahan dinding batu, stalaktit, dan stalagmit disinari oleh cahaya di dalam gua sehingga terlihat sangat mempesona. Sementara di kawasan Deer Cave, Anda bisa melihat sarang kelelawar yang berada di langit-langit gua dengan panjang sekitar 2 kilometer. Meskipun terkesan sedikit menyeramkan, namun Anda tidak perlu takut. Karena kelelawar yang ada di sepanjang gua justru memberikan pesona tersendiri. Di antara gua-gua tersebut juga terdapat aliran sungai. Anda bisa menyewa kapal, atau perahu untuk mengarungi aliran sungai tersebut dan menuju ke gua-gua di sekitarnya.

Taman Nasional di Sarawak, Malaysia

gunung mulu national park 3 - Intip Keunikan Gunung Mulu National Park di Kuala Lumpur Malaysia

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan para wisatawan di taman nasional yang ada di Sarawak seperti halnya melihat orang utan, bekantan, gua, hingga keanekaragaman hayati lainnya. Selain Taman Nasional Gunung Mulu, berikut ini adalah beberapa taman nasional yang bisa Anda kunjungi di Sarawak.

  1. Taman Nasional Batang Ai, yang memiliki danau buatan manusia seluas 24 kilometer persegi yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Hal unik yang bisa ditemukan di sana adalah adanya rumah panjang tradisional dari Suku Iban dan habitat orang utan. Tidak perlu khawatir, karena di sekitar taman nasional ini terdapat penginapan dengan fasilitas mewah di tepi danau yang bisa Anda pilih untuk bermalam.
  2. Taman Nasional Tanjung Datu, memiliki ukuran lebih yang kecil dibandingkan taman nasional lainnya yang ada di Sarawak. Letaknya di garis pantai paling barat Sarawak, Tanjung Datu. Para wisatawan bisa menemukan burung rangkong dan bunga raflesia di sana.
  3. Taman Nasional Talang Satang, sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat penyu laut. Taman Nasional  Talang Satang ini menjadi lokasi konservasi penyu hijau, dan penyu sisik. Oleh karena itu, setiap wisatawan hanya bisa berkunjung ke Talang Satang dalam satu hari saja.
  4. Taman Nasional Gunung Gading, merupakan tempat bunga rafflesia berdiameter hingga satu meter berada. Setiap wisatawan yang datang bisa melihat bunga tersebut dengan berjalan di kayu yang ada di atas tanah. Jika ingin ke taman nasional ini, sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat agar bisa melihat bunga raflesia saat mekar.
  5. Taman Nasional Santubong, terletak di Semenanjung Damai, tepatnya sejauh 35 kilometer di sebelah utara Kota Kuching. Di sana Anda bisa mendaki hingga ke puncak Gunung Santubong, atau Anda juga bisa bermain di sekitar air terjun.

Yuk Berkunjung ke Gunung Mulu National Park

Menjelajahi Gunung Mulu National Park atau taman nasional lainnya yang ada di Sarawak tentu saja akan memberikan Anda pengalaman yang tidak terlupakan. Agar liburan Anda tidak terganggu dengan kerepotan bayar tagihan, serahkan urusan tersebut pada aplikasi Qelola. Qelola akan membantu Anda mengurus bayar tagihan secara lebih mudah dan cepat. Hanya menggunakan smartphone yang terhubung ke jaringan internet, Anda bisa mengandalkan Qelola untuk bayar listrik, air, BPJS, dan lainnya. Menariknya lagi, Qelola bisa Anda gunakan untuk keperluan transfer uang antara negara dengan biaya yang sangat murah. Tidak percaya? Coba unduh aplikasinya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,