Petaling Jaya Malaysia, Destinasi Menarik yang Wajib Dikunjungi

petaling jaya malaysia

Di Malaysia ada banyak kawasan yang menjadi pusatnya wisata yang patut Anda kunjungi, salah satunya adalah Petaling Jaya. Petaling Jaya Malaysia ini merupakan salah satu dari Sembilan kabupaten yang telah membuat Selangor paling maju dan makmur di Malaysia. Sering disebut dengan istilah PJ, Petaling Jaya pertama kali ditemukan pada tahun 1954. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi kota ini, Anda harus simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

Mengenal Petaling Jaya Malaysia

petaling jaya malaysia 1 - Petaling Jaya Malaysia, Destinasi Menarik yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang sudah sering bolak-balik ke Malaysia, nama Petaling Jaya pastinya sudah tidak asing lagi. Petaling Jaya dikenal juga dengan sebutan PJ oleh para warga lokal, berada di sebelah barat Kuala Lumpur. PJ merupakan salah satu kota maju di Selangor yang memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap. Tidak mengherankan jika kota ini menjadi tujuan wisata favorit layaknya Kuala Lumpur. Meskipun lokasinya yang agak sedikit menepi dari ibu kota, namun PJ merupakan kota yang lengkap. Pusat perbelanjaan modern dan berbagai restoran, hingga kuil-kuil tradisional pun turut melengkapi kota ini. Budaya modern dan tradisional memang hadir secara berdampingan di Petaling Jaya.

Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 450.000 jiwa. Jaraknya kurang lebih hanya setengah jam perjalanan dari ibu kota. Jika Anda ingin merasakan suasana kota maju tapi tidak sepadat Kuala Lumpur, maka Petaling Jaya ini adalah tempatnya. Kota ini sangat layak Anda jadikan sebagai destinasi wisata di Malaysia karena memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat.

Cara Menuju Petaling Jaya Malaysia

petaling jaya malaysia 2 - Petaling Jaya Malaysia, Destinasi Menarik yang Wajib Dikunjungi

Petaling Jaya memang bukan merupakan ibu kota. Namun kota yang satu ini memiliki banyak surga tersembunyi yang dapat dinikmati dalam liburan ke Malaysia. Akses transportasi dan akomodasi di sana juga sangat mudah, sehingga akan sangat mendukung perjalanan Anda ke kota ini. Anda harus tahu bahwa menuju Petaling Jaya dari Kuala Lumpur tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan berbagai model alat transportasi untuk menuju ke sana. Jika Anda ingin ke Petaling Jaya begitu Anda mendarat di KLIA, maka Anda dapat menggunakan bus bandara dengan membayar RM17 saja. Dalam waktu tempuh satu setengah jam, Anda akan tiba di Petaling Jaya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kereta dari Kuala Lumpur dan turun di stasiun Taman Jaya. Dengan hanya RM5 dalam waktu 22 menit perjalanan, Anda akan sampai di sana.

Ada Apa Saja di Petaling Jaya Malaysia?

petaling jaya malaysia 3 - Petaling Jaya Malaysia, Destinasi Menarik yang Wajib Dikunjungi

Petaling Jaya memiliki sederet destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

1.  Sunway Lagoon

Sunway Lagoon merupakan sebuah taman bermain yang sangat besar di Petaling Jaya. Taman bermain ini berada di lahan seluas lebih dari 35 hektar. Di sana terdapat 80 wahana yang dapat menghibur Anda dan seluruh anggota keluarga. Sesuai motonya, pengunjung usia 8 maupun usia 80 tahun, semuanya akan terhibur di taman bermain ini. Sunway Lagoon ini didominasi oleh wahana bermain air. Meskipun demikian, Anda juga dapat menikmati permainan go-kart yang seru. Selain itu, ada juga wahana roller coaster bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Bungee jumping, ATV, paintball, juga ada di Sunway Lagoon. Jadi, Anda ingin mencoba wahana permainan yang mana dulu?

2.  Wat Chetawan

Jika Anda ingin menikmati wisata budaya di Petaling Jaya, maka Anda wajib datang ke Wat Chetawan. Wat Chetawan adalah kuil Buddha Thailand yang ada di Malaysia. Arsitektur kuil ini sangat indah, memiliki ciri khas dengan detail seperti kuil-kuil di Thailand. Saat berada di kuil ini, sesaat Anda akan lupa bahwa Anda sedang berada di Malaysia dan bukan di Negara 1000 Pagoda. Wat Chetawan masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Namun, Anda tetap dapat datang untuk sekedar melihat-lihat kuil ini. Menariknya lagi, di sana Anda juga bisa menikmati Thai Tea. Terdapat sebuah cafe kecil dengan atmosfer Thailand yang sangat kuat. Di situlah Anda bisa bersantai sambil mengisi perut.

3.  Wisata Belanja di Sunway Pyramid 

Bukan hanya di Kuala Lumpur saja Anda bisa melakukan wisata belanja saat berada di Malaysia. Anda juga bisa membeli merk-merk pakaian, sepatu, ataupun tas favorit Anda di Petaling Jaya. Di sana terdapat banyak mall megah dan besar, salah satunya adalah Sunway Pyramid. Sunway Pyramid ini merupakan mall yang paling terkenal di sana. Mall ini hadir dengan arsitektur yang sangat unik, seunik namanya. Fasad bagian depannya dihiasi dengan ukiran kepala singa raksasa dengan nuansa Mesir yang sangat kental. Kemudian di belakangnya, ada bangunan piramida yang berdiri tegak. Lebih dari 900 toko ada di dalam mall ini, dan hadir dengan berbagai tema, seperti Oasis Boulevard, Asian Avenue, dan Marrakesh

4.  Kelana Jaya Sports Complex

Selain ketiga destinasi menarik yang telah disebutkan di atas, Petaling Jaya juga memiliki komplek olahraga terbesar yang bernama Kelana Jaya Sports Complex. Terdapat 2 kolam renang standar Olympic, lapangan tenis, badminton, dan jogging track yang bisa Anda coba di sana. Taman rindang dengan 7 danau buatannya pun bisa Anda nikmati. Bersantai sore atau berolahraga, kawasan ini siap untuk memfasilitasi Anda saat liburan ke Petaling Jaya Malaysia

Nah, itulah beberapa informasi tentang Petaling Jaya Malaysia yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda mempersiapkan rencana liburan Anda secara detail dan jelas, termasuk tujuan mana saja yang ingin Anda kunjungi. Untuk memudahkan Anda dalam merencanakan liburan ke luar negeri, sebaiknya Anda membuat itinerary liburan terlebih dahulu. Dengan membuat itinerary, Anda akan memiliki panduan liburan yang jelas, termasuk soal biayanya. Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan Anda ke Malaysia.

Sementara untuk mendukung kemudahan Anda selama berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menerima atau mengirim uang ke sesama pengguna maupun ke rekening bank dengan sangat mudah. Jangan ragu untuk mengunduh aplikasi Qelola sekarang, untuk merasakan berbagai kemudahannya. Klik di sini!

Tags: , , , , ,