Simak Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Berikut Ini

cara mengetahui bank

Dunia perbankan di Indonesia kini semakin maju. Banyak bank yang hadir di Indonesia yang bisa jadi pilihan Anda untuk menyimpan uang, berinvestasi, dan transaksi keuangan lainnya. Tiap-tiap bank biasanya memiliki kode yang berbeda. Selain itu, nomor rekening bank pada tiap-tiap bank pun juga berbeda dan memiliki ciri khas sendiri. Mungkin Anda pernah mengalami keadaan harus melakukan transfer uang ke rekening bank yang berbeda namun tidak mengetahui nama bank tujuan. Tidak perlu khawatir, berikut ini akan kami ulas tentang bagaimana cara mengetahui bank dari nomor rekening. 

Bagaimana Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening?

Pernah mengalami keadaan harus segera transfer uang ke rekening bank yang berbeda tanpa mengetahui nama bank tujuannya? Jika iya tidak perlu cemas karena disini Anda akan menemukan solusinya. Untuk mengetahui bank tujuan yang tidak Anda ketahui namanya sebenarnya sangat simpel. Anda hanya perlu jeli dengan jumlah dari nomor rekening yang dituju. Biasanya, tiap-tiap bank memiliki jumlah digit yang berbeda untuk menandai nomor rekeningnya. Sebagai wawasan, berikut akan diinformasikan jumlah digit dari setiap bank yang ada di Indonesia.

No  Nama Bank Jumlah Digit 
1 BCA 10
2 BNI 10
3 BRI 15
4 BRI Syariah 10
5 Mandiri 13
6 Mandiri syariah 10
7 BTN 16
8 BTN Syariah 10
9 Danamon 10
10 Bukopin 10
11 CIMB Niaga 13
12 Muamalat 10
13 OCBN NISP 12
14 Sinarmas Syariah 10

Nah, itu tadi adalah cara mengetahui bank dari nomor rekening. Semoga informasi mengenai jumlah digit dari tiap rekening di atas dapat membantu Anda menentukan bank tujuan. Masalah lain yang biasanya sering dialami adalah lupa nomor rekening sendiri. Cara pertama yang terlintas dalam pikiran ketika ditanya tentang nomor rekening pribadi adalah melihat buku tabungan. Namun bagaimana jika saat itu Anda tidak membawa buku tabungan? Bagaimana caranya Anda bisa mengetahuinya apabila diburu waktu atau terdesak. Tenang saja, rangkuman cara mengetahui nomor rekening sendiri bisa Anda simak lewat informasi berikut ini.

Baca Juga: Jangan Bingung! Begini Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Lewat ATM

Lupa Nomor Rekening Bank Sendiri? Begini Cara Mengetahuinya

Saat ditanya tentang berapa nomor rekening pribadi Anda, spontan Anda pasti langsung sibuk mencari buku tabungan yang disimpan entah dimana. Mungkin saat mendapat pertanyaan tersebut Anda tidak membawa buku tabungan, atau Anda sedang berada di luar sedangkan buku tabungan tersimpan di rumah. Nah, Anda mungkin tidak terlintas untuk melakukan cara-cara berikut ini yang sebenarnya jauh lebih simpel. Ingin tahu caranya? Simak baik-baik di bawah ini.

Mengetahui Nomor Rekening dari Mobile Banking

closeup woman using credit card purchasing shopping online mobile phone 9563 5526 - Simak Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Berikut Ini

Simpel, cara paling mudah untuk tahu nomor rekening sendiri adalah melalui mobile banking. Di era digital seperti sekarang tentu dunia perbankan juga sudah bisa diakses melalui telepon pintar atau smartphone. Produk digital dari bank salah satunya adalah mobile banking yang bisa diunduh melalui di ponsel. 

Anda hanya perlu masuk ke menu aplikasi bank yang sudah terpasang di ponsel dan masuk ke fitur info saldo. Dari situ, selain menampilkan nominal jumlah uang yang Anda miliki, biasanya juga akan muncul nomor rekening pribadi. Bisa juga melalui fitur mutasi, saat Anda klik fitur tersebut maka akan muncul pula informasi nomor rekening beserta riwayat transaksi yang Anda lakukan. Sampai di sini sudah paham kan?

Mengetahui Nomor Rekening dari Mesin ATM

lady using atm machine withdraw her money 1391 863 - Simak Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Berikut Ini

Jika Anda tidak memiliki layanan mobile banking, gunakan saja cara konvensional! Bagaimana caranya? Manfaatkan kartu ATM yang Anda miliki untuk mengecek nomor rekening pribadi Anda. Pertama-tama, Anda bisa mendatangi mesin ATM terdekat. Selanjutnya, Anda bisa memasukan kartu ATM ke dalam mesin dan pilih menu cek saldo. Informasi sisa saldo yang Anda miliki pun akan ditampilkan bersamaan dengan nomor rekening Anda. 

Cara lainnya bisa Anda lakukan bersamaan saat ingin melakukan pengambilan uang. Jangan lupa untuk mencetak bukti transaksi pengambilan uang saat selesai. Dari bukti tarik tunai itu biasanya juga akan muncul informasi mengenai nomor rekening Anda.

Mengetahui Nomor Rekening dari Call Center

smiling call center working 63253 7812 - Simak Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Berikut Ini

Apabila kedua cara di atas tidak bisa dilakukan, Anda bisa menanyakannya ke call center. Pastikan Anda mengetahui nomor call center bank rekening bank. Biasanya hal ini dilakukan saat kartu Anda tertelan, hilang atau ada masalah dalam transaksi keuangan. Namun tidak ada salahnya untuk menghubungi call center apabila Anda ingin menanyakan nomor rekening sendiri.

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang cara mengetahui bank dari nomor rekening dan cara mengetahui nomor rekening sendiri. Mengetahui bank tujuan saat akan melakukan transfer uang memang sangat penting untuk menghindari adanya kesalahan pengiriman uang. Berbicara mengenai pengiriman uang tentunya kini semakin marak produk aplikasi digital yang bisa digunakan untuk transfer uang bahkan sampai ke mancanegara.

Salah satu aplikasi transfer uang antar negara yang saat ini sedang naik daun adalah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu para TKI yang ada di Malaysia untuk mengirim uang ke Indonesia. Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui Playstore sehingga Anda bisa berkirim uang langsung dari ponsel tanpa perlu mengantri di bank. Kirim uang ke Indonesia melalui aplikasi Qelola juga irit budget karena biaya transfernya hanya RM2 dan masih mendapat diskon sebesar 30%. Jika dirupiahkan biaya per transaksinya kira-kira adalah 4.500 rupiah saja. Yuk segera download aplikasinya disini dan rasakan manfaat fitur Qelola lainnya.

 

 

Tags: , , , ,