Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

bandara malaysia

Setiap negara pasti memiliki bandara yang digunakan sebagai salah satu sarana transportasi melalui jalur udara. Seperti di Malaysia, ada banyak bandara Malaysia yang melayani berbagai rute baik domestik maupun Internasional. Dari sekian banyak bandara tersebut, ada beberapa bandara yang sangat sibuk dengan jadwal penerbangan yang sangat padat. Mulai dari Kuala Lumpur International Airport di Selangor Malaysia hingga Bandara Internasional Miri yang ada di negara bagian Sarawak, Malaysia.

Berikut beberapa bandara tersibuk di Malaysia yang sering digunakan untuk pernerbangan domestik dan internasional.

1.  Kuala Lumpur International Airport (KLIA)

kl airport e1591473152420 - Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Kuala Lumpur International Airport atau sering disingkat KLIA adalah salah satu bandara tersibuk di Malaysia yang terletak di Selangor Malaysia. Dibuka pada tahun 1998, bandara yang memiliki slogan “Bringing the World to Malaysia and Malaysia to the World” ini melayani berbagai macam maskapai penerbangan baik penerbangan domestik maupun Internasional. Bandara ini didesain mampu menampung hingga 130 ribu penumpang setiap tahunnya. Selain itu luas landasan dan bangunan yang mencapai 100 km2 mampu melayani 100 pergerakan penerbangan kapan saja. Kuala Lumpur International Airport (KLIA) juga memiliki dua menara pengendali, yaitu menara pengendali utama dan menara pengendali landasan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda namun secara garis besar adalah untuk pengendali lalu lintas penerbangan. Di KLIA terdapat dua bandara, yang pertama adalah Bandara KLIA 1 yang merupakan bandara lama dan yang kedua adalah KLIA 2 yang merupakan landasan baru. Perbedaan bandara KLIA 1 dan KLIA 2 terdapat pada letaknya. Bandara ini juga memiliki sistem penanganan bagasi yang cukup baik. Dengan 216 counter selama 24 jam dan digabungkan dengan pengendali kode bar otomatis serta dilengkapi dengan 4 tingkat pengamanan pengecekan bagasi akan semakin membuat penggunanya merasa nyaman.

2.  Bandara Internasional Kota Kinabalu

kinabalu airport e1591473227285 - Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Bandar Udara Internasional Kota Kinabalu adalah bandara tersibuk kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur International Airport. Bandara ini terletak di negara bagian Sabah, Malaysia, dan melayani berbagai penerbangan baik domestik maupun Internasional. Ada penerbangan ke Bangkok, Manila, Bandar Seri Begawan, Manila, Kuala Lumpur dan berbagai kota lainnya. Sedangkan untuk maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Kota Kinabalu juga cukup banyak. Mulai dari Air Asia, Air Seoul, Asiana Airlines, Lion Air, Malaysia Airlines, Royal Brunei, dan Airlines.

3.  Penang International Airport

penang airport - Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Penang International Airport terletak di negara bagian Penang dan merupakan salah satu bandara tersibuk yang ada di Malaysia. Penang International Airport juga melayani berbagai penerbangan dari dan ke Penang. Untuk penerbangan yang dilayani dari dan ke Penang International Airport adalah domestik dan internasional. Ada tujuan ke Singapore, Hongkong, Taipei, Kuala Lumpur, Jeddah, Kuching dan masih banyak lainnya. Untuk penerbangan dari dan ke Indonesia sendiri meliputi beberapa kota seperti Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Banda Aceh dan Bandar Lampung. Bandara ini juga merupakan bandara Malaysia untuk Air Asia. Selain Air Asia, maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari dan ke Penang Internasional Airport adalah Cathay Dragon, China Airlines, Lucky Air, Marlindo Air, Malaysian Airlines dan masih banyak lainnya. Sedangkan penerbangan dari dan ke Indonesia menuju Penang International Airport dilayani oleh berbagai maskapai penerbangan seperti Indonesia Air Asia, Lion Air, Firefly, dan Sriwijaya Air.

4.  Bandar Udara Internasional Kuching

kuching airport - Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Bandara tersibuk di Malaysia selanjutnya yaitu Bandar Udara Internasional Kuching. Bandara ini terletak di Kota Kuching, negara bagian Sarawak yang merupakan bandara utama negara bagian tersebut. Seperti bandara internasional di Malaysia lainnya, bandara ini juga melayani berbagai penerbangan baik domestik maupun internasional. Maskapai yang melayani penerbangan juga cukup banyak meskipun tidak sebanyak maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Kota Kinabalu maupun Penang. Bandara ini juga merupakan pangkalan udara bagi angkatan udara Malaysia. Selain untuk penerbangan penumpang, bandara ini juga digunakan sebagai penerbangan kargo. Penerbangan kargo sendiri baru melayani berbagai wilayah di Malaysia seperti Kota Kinabalu dan Kuala Lumpur. Sedangkan untuk penerbangan kargo internasional, menuju ke Hongkong, Manila, Shanghai, Taipei, dan Singapura. Untuk maskapai penerbangannya sendiri terdiri dari Air Asia, Malaysia Airlines, Malindo Air, Silk Air, dan Xpress Air. Sedangkan untuk penerbangan kargo dilayani oleh Asia Kargo Express, MASkargo, Neptune Air, dan Transmile Air Service.

5.  Bandar Udara Miri

miri airport - Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Bandara tersibuk lainnya di Malaysia adalah Bandar Udara Miri. Bandara ini terletak di negara bagian Sarawak atau di Malaysia bagian timur yang menyatu dengan pulau Kalimantan. Bandar Udara Miri utamanya adalah melayani penerbangan ke Kota Miri, Sarawak serta Malaysia bagian timur. Lebih lanjutnya bandara ini melayani penerbangan ke berbagai kota seperti Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, dan Kuching. Penerbangan internasional yang dilayani adalah ke Singapura dan Indonesia. Untuk penerbangan ke Indonesia adalah menuju Majalengka, Jayapura dan Merauke. Sementara itu untuk maskapai penerbangan yang tersedia mulai dari Air Asia, Malaysian Airlines, serta Garuda Indonesia. Penerbangan kargo juga dilayani ke berbagai daerah seperti Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, dan Kuching. Sementara maskapai yang melayani pelayanan kargo adalah Transmile Airservice, DHL Express dan Neptune Air.

Baca Juga: Pertama Kali ke Malaysia, Ini Info Kuala Lumpur Airport

Ada banyak akses bandara Malaysia yang bisa Anda gunakan jika ingin berkunjung ke Malaysia. Jadi jika Anda ingin pergi ke Malaysia, pastikan dulu bandara yang akan Anda gunakan. Serta pastikan juga untuk meng-install aplikasi keuangan seperti Qelola pada smartphone Anda untuk mengantisipasi jika ingin melakukan pengiriman uang selama berada di Malaysia. Dengan aplikasi Qelola Anda bisa dengan mudah melakukan transfer uang ke saudara atau kerabat Anda di Indonesia dengan mudah dan terjangkau. Qelola juga menawarkan biaya transfer termurah dengan waktu pengiriman secara real time. Jadi tunggu apa lagi, segera download aplikasinya sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,