Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

gunung di malaysia

Sebagai negara yang memiliki banyak wisata alam, Malaysia juga dikenal memiliki deretan pegunungan yang indah dan tinggi. Ada beberapa gunung di Malaysia yang patut untuk ditaklukkan khususnya bagi Anda para pecinta alam yang senang mendaki gunung. Bukan hanya itu saja, selain pemandangan alamnya yang indah, medannya pun juga menantang. Jadi tidak heran apabila banyak dari para pendaki yang ingin menaklukan puncak dari gunung-gunung di Malaysia. Bagi Anda yang sudah puas untuk merasakan atau menaklukan gunung-gunung di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan gunung yang ada di Malaysia.

Sebagai bahan referensi Anda, berikut daftar beberapa gunung tertinggi di Malaysia yang bisa Anda taklukkan.

  1. Gunung Kinabalu

kinabalu e1590912153930 - Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Malaysia, bahkan gunung ini menjadi gunung tertinggi ketiga di Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 4.095 meter di atas permukaan laut. Eksistensi gunung ini sudah tidak asing lagi di kalangan para pendaki. Gunung Kinabalu juga masih satu pulau dengan Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan. Gunung ini berada di daerah Sabah, bagian Malaysia yang masih menempel dengan Indonesia dan dianggap sebagai simbol kebesaran oleh warga Sabah yang dipercaya memberi semangat persatuan mereka. Konon Gunung Kinabalu ini banyak menyimpan cerita dan kisah-kisah misteri. Tentunya bukan sebuah hal yang aneh lagi apabila gunung yang cukup besar memiliki cerita mitos. Gunung Kinabalu juga dipercaya sebagai tempat bersemedinya jiwa para masyarakat Sabah setelah meninggal dunia. Hal ini pun diyakini oleh masyarakat Kadazan Sabah yang merupakan salah satu suku yang mendiami kawasan gunung ini.


  1. Gunung Trusmadi

trusmadi e1590912222841 - Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

Gunung Trusmadi adalah salah satu gunung tertinggi di Malaysia yang letaknya tidak jauh dari Gunung Kinabalu karena memang lokasinya masih dalam satu kota, yaitu Sabah. Meskipun lokasinya tidak berjauhan dengan gunung tertinggi ketiga di Asia Tenggara ini, namun ketinggian gunung ini berbeda cukup jauh dengan Gunung Kinabalu. Jika Gunung Kinabalu mempunyai ketinggian sekitar 4.095 meter di atas permukaan laut, Gunung Trusmadi hanya mempunyai ketinggian sekitar 2.642 meter di atas permukaan laut. Gunung ini mempunyai beberapa keunikan, diantaranya adalah terdapat beragam jenis fauna serta pemandangan hijau yang menyegarkan bisa Anda dapatkan di sana.

  1. Gunung Tambuyukon

tambuyukon e1590912308286 - Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

Gunung tertinggi ketiga di Malaysia adalah Gunung Tambuyukon. Gunung Tambuyukon merupakan salah satu gunung yang terbentuk di atas pegunungan Crocer yang merupakan dataran tinggi yang menjadi tulang tumpu keseluruhan tanah di negeri Sabah, Malaysia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.579 meter di atas permukaan laut. Jika dilihat dari letak geografisnya, Anda akan mendapatkan keindahan dari pegunungan Croser, yang di dalam kawasan pegunungan tersebut ada Gunung Tambuyukon, Trusmadi, dan Kinabalu. Ketiga gunung ini masuk ke dalam satu komplek yang bernama Kinabalu Park. Jadi jika Anda berkeinginan untuk menaklukkan gunung di Malaysia dan mempunyai banyak waktu luang, Anda bisa menaklukkan 3 gunung ini sekaligus.

  1. Gunung Murud

murud e1590912379504 - Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

Gunung Murud merupakan gunung tertinggi nomor empat di Malaysia. Lokasi Gunung Murud berada di bagian negara Malaysia yang berada di pulau Kalimantan. Berbeda dengan tiga gunung yang lebih tinggi lainnya, gunung ini berada di daerah Sarawak. Gunung yang mempunyai nama lain Gunung Muru ini memiliki ketinggian sekitar 2.423 meter di atas permukaan laut. Selain terkenal dengan keindahan Batu Lawi-nya, gunung ini disebut memiliki berbagai macam buah yang dapat dikonsumsi. Jadi jika Anda ingin menaklukan deretan gunung-gunung tertinggi di Malaysia, Gunung Murud merupakan destinasi yang tepat. Gunung ini memiliki daya tarik yang cukup membuat Anda ingin menaklukannya. Pemandangan alamnya yang indah pun juga menjadi alasan kuat lainnya.

  1. Gunung Mulu

mulu e1590912478291 - Penting! 5 Gunung Tertinggi di Malaysia ini Patut Anda Taklukkan

Gunung Mulu merupakan gunung tertinggi di Malaysia berikutnya yang perlu Anda ketahui. Gunung yang terletak di kawasan Serawak ini memiliki ketinggian sekitar 2.376 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga dikenal dengan susunan batu-batu cantik yang menjulang dengan ketinggian kurang lebih 700 meter. Bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik dari gunung ini, karena terdapat juga gua-gua bersejarah di dalamnya. Bahkan kawasan Gunung Mulu National Park sendiri sudah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tentunya buat Anda para pendaki yang berencana untuk menaklukkan gunung di Malaysia, jangan lupa untuk memasukkan gunung ini ke dalam daftar gunung yang akan Anda taklukkan. Anda akan merasa puas dan senang ketika berada di atas salah satu gunung tertinggi yang ada di Malaysia ini.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terbaik di Johor Malaysia

Beberapa daftar gunung tertinggi Malaysia di atas dapat Anda jadikan referensi untuk menaklukkan gunung di Malaysia. Namun mengetahui gunung apa saja yang bisa Anda taklukkan saja tidak cukup apalagi untuk Anda yang baru pertama kali akan pergi ke Malaysia. Sebelum pergi ke Malaysia, kami sarankan Anda untuk menginstal aplikasi keuangan seperti Qelola pada ponsel Anda untuk kemudahan transaksi Anda jika sewaktu-waktu Anda harus melakukan transfer untuk keluarga tercinta di Indonesia. Dengan aplikasi Qelola Anda dapat dengan mudah melakukan transfer uang ke Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau. Tunggu apalagi, segera download Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,