Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

scamming

Kriminalitas tidak hanya terjadi di dunia nyata saja tetapi juga di dunia maya. Parahnya, modus kejahatan virtual atau yang biasa disebut cybercrime ini selalu mengalami peningkatan kasus tiap harinya. Kejahatan di dunia cyber ini umumnya ditandai dengan tindak pencurian uang yang dilakukan secara online. Iming-iming hadiah kuis, penawaran barang murah, atau pinjaman dana secara mudah lewat SMS/chat sering dijadikan alasan oleh penipu untuk menjebak calon korbannya. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, upaya penipuan itu bisa dicegah dengan melacak cek rekening penipu. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini.

Waspada Kejahatan Online dengan Cek Rekening Penipu

cek rekening 1 - Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

Maraknya kejahatan di dunia maya membuat Anda kini semakin was-was dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran online. Jika Anda menemui hal-hal yang sifatnya mencurigakan dan menjurus pada penipuan uang online atau scamming, ada cara baru untuk bisa mencegahnya. Caranya adalah dengan cek rekening si penipu melalui website CekRekening.id di ponsel atau perangkat gadget lainnya. Apa itu CekRekening.id?

Informasi penting nih bagi Anda yang belum tahu tentang website CekRekening.id. Website ini adalah website resmi yang dibuat dan dikelola oleh Kemenkominfo RI. Website CekRekening.id dirancang secara khusus untuk menanggulangi berbagai keluhan masyarakat akibat penipuan online yang meresahkan. Melalui website ini Anda bisa cek rekening yang diduga merupakan rekening pelaku modus kejahatan cyber. Menariknya, proses cek rekening pelaku kriminal bisa Anda lakukan dari ponsel, PC, atau laptop.

Langkah-langkah Cek Rekening Penipu Melalui Cek.Rekening.id

atm 1 - Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

Cara cek rekening si penipu melalui CekRekening.id ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu terhubung dengan internet dan membuka website melalui perangkat mobile yang dimiliki. Pengecekan rekening ini nantinya bisa jadi alat bukti untuk melaporkan penipu di kepolisian. Berikut langkah-langkah cek rekening penipu melalui website CekRekening.id:

  • Buka tab browser pada ponsel, PC, atau laptop Anda.
  • Kunjungi website CekRekening.id.
  • Lalu masukkan nama Bank  yang digunakan pelaku.
  • Masukkan nomor rekening pelaku.
  • Setelah itu pilih periksa rekening. 
  • Maka pada layar akan muncul informasi mengenai rekening tersebut, apakah bermasalah atau tidak
  • Selain itu, pada layar juga akan muncul mengenai informasi pemilik rekening dan lain sebagainya.
  • Data tersebut nantinya digunakan sebagai bukti kuat untuk melaporkan pelaku.

Manfaat CekRekening.id

Melalui CekRekening.id Anda bisa mengetahui nomor rekening si penipu sekaligus nama pemilik rekening serta bank yang dipakai. Selain itu, melalui website besutan Kemenkominfo ini Anda juga bisa mengakses rekaman transaksi si pelaku. Nah, beberapa informasi yang Anda dapatkan tadi bisa dijadikan alat bukti agar nomor rekening pelaku kejahatan bisa segera dibekukan atau diblokir.

Selanjutnya Anda bisa membawa dokumen yang merupakan barang bukti tersebut kepada pihak kepolisian. Nantinya, pihak kepolisian akan melakukan pengecekan dan menindaklanjuti laporan Anda secara hukum. Anda juga bisa mendatangi kantor bank yang digunakan penipu agar segera dilakukan pemblokiran. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami penipuan agar pelaku bisa segera ditangani.

Baca Juga: Hindari Penipuan atau Scamming dengan 5 Tips Ini

Percayakan Aplikasi Qelola untuk Pengelolaan Uang Secara Online

qelola app 2 3 - Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

Selain waspada terhadap tindak penipuan secara online, Anda juga harus cermat dalam memilih aplikasi keuangan yang aman dan terpercaya. Dewasa ini semakin banyak aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur-fitur menarik. Nah, salah satu aplikasi yang dijamin aman dan terpercaya untuk mengelola keuangan Anda adalah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi keuangan terbaik yang harus Anda miliki karena alasan berikut:

  • Transfer Domestik dan Internasional Lebih Cepat dan Mudah

Qelola menjamin transaksi keuangan Anda seperti transfer uang bisa dilakukan baik di Indonesia maupun antar negara (dalam hal ini negara Malaysia dan Indonesia). Proses pengiriman uang sendiri juga lebih cepat dan lebih mudah karena mengandalkan teknologi di ponsel. Qelola juga bekerjasama dengan mitra perusahaan terpercaya dalam menyediakan saluran untuk transfer internasional.

  • Menawarkan Produk Keuangan

Selain aplikasi keuangan, Qelola juga merupakan alat untuk manajemen keuangan. Sehingga, aplikasi ini juga menawarkan berbagai produk keuangan dari lembaga keuangan terkenal dan terpercaya. Produk keuangan ini meliputi tabungan, deposito, reksa dana, dan lain-lain.

  • Pengelola Dana Terbaik

Gunakan aplikasi Qelola karena aplikasi ini akan memandu Anda dalam melakukan perencanaan keuangan. Jadi uang atau dana yang Anda miliki nantinya dapat dipakai sesuai kebutuhan Anda baik pengeluaran, tabungan, dan investasi.

  • Satu Aplikasi untuk Berbagai Pembayaran Tagihan

Dalam aplikasi Qelola, selain transfer uang dan produk keuangan juga bisa dipakai untuk melunasi berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Qelola dilengkapi dengan fitur tagihan seperti listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel di tanah air yang bisa Anda bayarkan saat berada di Malaysia. Jadi, satu aplikasi ini bisa untuk bayar berbagai tagihan langsung di ponsel dari mana saja dan kapan saja. Ditambah lagi, aplikasi Qelola juga menawarkan fitur pembelian pulsa dan kuota internet.

Demikian informasi tentang cek rekening penipu kejahatan melalui website Cek.Rekening.id. Dengan adanya website untuk melacak rekening penipu tersebut menjadikan Anda semakin hati-hati dalam melakukan transaksi keuangan online. Tingkatkan kewaspadaan Anda dalam transaksi online lainnya dengan mengunduh aplikasi keuangan terpercaya seperti aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , , , , ,