Info Wisata Sejarah Malaysia: Christ Church Melaka

malaysia.panduanwisata.id

Konsep berwisata bagi setiap orang pasti berbeda. Ada yang lebih suka paket wisata yang sudah terjadwal, namun ada juga yang lebih suka pergi dengan konsep backpacker dan mengunjungi tempat wisata sesuai kebutuhan dan keinginan. Nah, ada tipe konsep wisata lain yang unik dan patut dicoba jika Anda bosan dengan konsep biasanya, yaitu konsep wisata sejarah. Salah satu negara yang cocok menjadi tujuan tempat wisata sejarah adalah Malaysia. Objek wisata sejarah di Malaysia, khususnya Melaka, adalah Christ Chruch atau Gereja Kristus.

Banyak wisatawan yang kurang tertarik dengan wisata sejarah seperti mengunjungi Christ Church ini karena  mereka tidak paham dengan cerita dibalik bangunan saksi sejarah tersebut. Maka dari itu, kami tunjukkan sejarah menarik dari Christ Church ini untuk memudahkan Anda mencoba wisata sejarah Melaka.

1.  Sejarah Menarik Christ Church

pasukan tentara portugis saat menaklukan malaka tahun 1511 m  190615090647 617 - Info Wisata Sejarah Malaysia: Christ Church Melaka

Gereja Kristus atau Christ Church adalah gereja protestan yang sudah ada sejak abad ke-18, sehingga membuatnya dinobatkan sebagai gereja tertua di Malaysia. Gereja ini adalah saksi bisu dari adanya penaklukan yang dilakukan oleh Kolonial Belanda terhadap Melaka, Malaysia sebelum adanya perjanjian Inggris dan Belanda pada tahun 1824. Karena sebenarnya Gereja Kristus sudah selesai dibuat pada tahun 1753 dengan proses pembuatan selama 12 tahun. Namun saat itu, Melaka masih dikuasai oleh pemerintah Belanda dan gereja ini bernama Gereja Reformasi Belanda yang utama. Setelah adanya perjanjian Inggris-Belanda tersebut, kepemilikan Melaka dialihkan kepada pemerintah Inggris pada tahun 1838. Kemudian Gereja Reformasi Belanda ini dikuduskan kembali dengan upacara gereja Inggris dan berubah nama menjadi Gereja Kristus.

Kemudian pada tahun 1911, pemeliharaan gereja dilakukan dengan pengecatan ulang yang awalnya berwarna putih menjadi merah. Perubahan warna ini tidak hanya dilakukan oleh Gereja Kristus saja namun juga bangunan-bangunan lain yang ada di komplek Stadthuys. Warna merah inilah yang terus dipertahankan hingga sekarang dan bahkan menjadi ciri khas bangunan zaman Belanda di Malaka.

2.  Profil Singkat Christ Church

dutch square 957004 960 720 - Info Wisata Sejarah Malaysia: Christ Church Melaka

Dilihat dari sejarah singkat di atas, sudah dapat terlihat bahwa arsitektur Kolonial Belanda sangat kental dalam bangunan ini. Secara kasat mata, bangunan Christ Church Melaka memiliki bentuk persegi panjang sederhana. Secara lebih detail, dijelaskan bahwa Christ Church memiliki ukuran panjang 25 m dan lebar 13 m. Lalu langit-langitnya memiliki tinggi yang berbeda dengan tinggi maksimal 12 m.

Terdapat balok kayu yang membentang pada langit-langit gereja dan masing-masing balok kayu tersebut berasal dari 1 pohon. Bagian atap terbuat dari ubin Belanda, begitu juga dengan dindingnya yang menggunakan bata Belanda. Bata ini dibuat dengan balok laterit lokal yang dilapisi dengan bahan plester dari Tiongkok. Serta bagian lantai ditutup dengan balok granit yang sebelumnya digunakan sebagai pemberat kapal dagang. Untuk deskripsi lengkap, Anda dapat berkunjung langsung ke sana.

Di samping pintu depan gereja, terdapat meja panjang yang di atasnya ada berbagai macam brosur yang dapat Anda ambil dengan bebas serta beberapa perlengkapan agama yang dijual dengan berbagai macam harga. Lalu masuk dalam gereja, Anda akan melihat sekitar 10 baris bangku di depan altar utama serta beberapa titik lampu tua yang terlihat usang namun terawat. Sehingga menambah ciri khas unik dari gereja satu ini.

Gereja ini terbuka untuk umum namun memiliki jam-jam tertentu sehingga Anda harus memperhatikannya jika ingin masuk dan berdoa di dalamnya. Jangan ragu untuk menanyakan jam buka dan harga tiket masuk kepada petugas sekitar gereja. Jika Anda datang ke Gereja Kristus, ada beberapa obyek wisata lain yang dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki. Salah satu diantaranya adalah Museum Sejarah dan Museum Etnografi.

3.  Tips Mengunjungi Gereja Kristus

Gereja Kristus ini berlokasi di dekat pusat Chinatown Malaka, seberang Jembatan Jonker Street atau di daerah Stadthuys. Daerah ini seperti pusat sejarah dari Melaka sehingga antar obyek wisata berdekatan letaknya, seperti Gereja St. Paul, dan sebagainya. Alamat lengkap Gereja Kristus adalah Gereja Christ, Jalan Gereja, Bandar Hilir, 75000, Malacca, Malaysia. Jika Anda ingin menanyakan terkait jadwal operasional buka gereja, Anda dapat menghubungi nomor telepon +606-284-8804.

Satu tips untuk menikmati pemandangan dan suasana historis dari Gereja Kristus ini adalah dengan berjalan kaki. Karena letaknya yang berdekatan antar obyek wisata, akan jauh lebih efektif dan efisien jika Anda berjalan kaki. Selain itu, akan banyak spot foto yang bisa dieksplorasi jika Anda berjalan kaki.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk mengunjungi Christ Church atau Gereja Kristus di Melaka, Malaysia ini? Jika iya, tunggu sampai pandemi Covid-19 ini berakhir ya. Saat ini buatlah dulu perencanaan tempat-tempat bersejarah mana saja yang akan Anda kunjungi. Kemudian yang tak kalah penting adalah jangan sampai urusan membayar tagihan rutin seperti membayar listrik di Indonesia mengganggu kegiatan berwisata Anda dan keluarga. Untuk mencegah kerepotan tersebut, gunakan aplikasi Qelola yang akan membantu Anda membayar tagihan Indonesia langsung dari Malaysia dengan biaya transfer yang murah. Coba langsung Qelola di sini.

Tags: , , , ,