Panduan dan Contoh Penulisan Surat Izin Kerja untuk TKI

contoh surat izin kerja

Apakah Anda seorang karyawan di suatu perusahaan? Jika ya, tentunya pernah mengajukan izin kerja karena sesuatu hal seperti sakit, menghadiri acara keluarga, atau alasan penting lainnya. Izin kerja tersebut tentunya tidak didapatkan begitu saja melainkan dengan melampirkan surat izin kerja kepada atasan atau pihak personalia. Permohonan izin kerja memang sepatutnya dibarengi dengan keterangan yang dituangkan dalam sebuah surat. 

Izin kerja yang dilakukan secara lisan by phone atau SMS tentunya dianggap tidak beretika. Bagi Anda yang baru saja masuk ke dunia kerja, harus tahu norma-norma kesopanan yang harus dilakukan dalam lingkungan kerja salah satunya dalam hal pengajuan izin kerja. Jangan sampai Anda mendapat surat peringatan atau ditegur karena seenaknya tidak masuk kerja tanpa izin kepada atasan. Berikut ini akan dijelaskan hal-hal penting yang bisa jadi pedoman Anda dalam membuat surat izin tidak masuk kerja. Simak baik-baik ya!

Pentingnya Surat Izin Kerja

surat izin kerja 1 - Panduan dan Contoh Penulisan Surat Izin Kerja untuk TKI

Surat izin kerja adalah surat pengajuan yang ditulis oleh karyawan suatu perusahaan kepada pihak personalia atau atasan yang menerangkan permohonan untuk tidak masuk kerja dalam jangka waktu tertentu. Sama halnya jika Anda mengajukan surat resign, poin penting dari surat ini adalah alasan kenapa Anda tidak dapat masuk kerja. Seringnya, sakit jadi alasan yang paling banyak dialami oleh seseorang ketika terpaksa harus membuat surat izin tidak masuk kerja. Tidak hanya itu saja, alasan lain yang kerap membuat seseorang harus absen dari pekerjaannya adalah acara keluarga, pihak keluarga ada yang meninggal, mengikuti seminar, dan hal penting lainnya. 

Sebagai karyawan yang menghormati perusahaan, pembuatan surat izin ini jangan sampai Anda abaikan. Jika ketidakhadiran Anda di tempat kerja terjadi tanpa alasan, tentunya Anda akan dicap sedang bolos kerja. Selain itu, kepergian Anda tanpa pamit akan membuat perusahaan merasa tidak dihargai dan membuat hubungan Anda dengan perusahaan menjadi kurang harmonis. Hal penting yang biasanya harus tercantum di dalam surat izin ini adalah pihak yang dituju, identitas pekerja, isi surat, dan ucapan terima kasih pada akhir surat. Bagi Anda yang tidak masuk kerja karena sakit, akan lebih afdol jika menyertakan surat keterangan sakit dari dokter atau rumah sakit tempat Anda periksa. 

Cara Membuat Surat Izin Kerja

surat izin kerja 3 - Panduan dan Contoh Penulisan Surat Izin Kerja untuk TKI

Surat izin tidak masuk kerja memiliki susunan yang hampir mirip dengan surat lamaran kerja. Jika Anda masih bingung tentang bagaimana caranya membuat surat izin tidak masuk kerja, poin-poin berikut harus Anda perhatikan. Panduan ini semoga bisa membantu Anda agar bisa menulis surat izin kerja dengan baik dan benar. 

  • Paragraf Awal Surat

Pada paragraf awal atau bagian atas surat Anda harus menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Kemudian di bawahnya dilanjutkan dengan menulis kepada siapa surat izin ini akan diberikan. Biasanya surat izin ini akan ditujukan kepada bagian personalia atau HRD. Namun bisa juga ditujukan langsung ke atasan Anda. Jika penerima surat adalah atasan Anda, pastikan jabatannya juga dicantumkan. Selanjutnya, Anda bisa meneruskan dengan menulis alamat kantor tempat bekerja.

  • Paragraf Tengah

Pada bagian tengah surat adalah bagian dimana Anda harus menuliskan nama Anda serta alasan yang membuat Anda tidak bisa masuk kerja pada hari itu. Buatlah alasan yang masuk akal dan tidak bertele-tele. Untuk lebih pastinya, Anda bisa menyebutkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk izin tidak masuk kerja.

  • Paragraf Akhir

Pada bagian akhir atau saat menutup surat izin, tuliskan ucapan terima kasih kepada pihak yang dituju. Kemudian dilanjutkan dengan mencantumkan tanda tangan Anda pada bagian akhir. Jika pada awal surat Anda belum mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan, maka bisa ditulis pada akhir surat sebelum tanda tangan. 

Contoh Surat Izin Tidak Kerja yang Baik dan Benar

Nah jika masih bingung untuk menulis surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar, berikut adalah contoh surat izin yang bisa Anda tiru.

 

Yogyakarta, 22 Mei 2020

Hal                   : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran        : Surat Keterangan Dokter

 

Yang terhormat,

Kepala Bagian Human Resources Development (HRD)

PT. Sinteniki Digital

Jl. Prambanan-Kalasan Sleman Yogyakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap                        : Alana Raisa Humairah

Jabatan                                     : Staf Bagian Operasional

Alamat                                      : Jl. Pamularsih No. 256

Dengan ini memberitahukan bahwa pada hari Jumat hingga Sabtu tanggal 22-23 Januari 2020 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Adapun saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya, ucapkan terima kasih.

 

  Hormat saya,

 (tanda tangan)

 Alana Raisa Humairah

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang surat izin kerja. Melalui artikel di atas semoga Anda menganggap surat izin ini adalah hal penting yang harus ditulis untuk menghormati perusahaan tempat Anda bekerja. Memperhatikan etika, dalam bekerja salah satunya adalah dengan meminta izin atau pamit kepada perusahaan apabila berhalangan hadir dari rutinitas kerja. Sebagai karyawan perusahaan, pastikan Anda juga mengetahui tentang pentingnya surat paklaring selain surat izin tidak masuk kerja.

Baca Juga: Info Penting TKI: Jangan Remehkan Surat Pengalaman Kerja

Selain surat izin tidak masuk kerja, Anda juga harus jeli dalam memilih aplikasi keuangan. Zaman sekarang aplikasi keuangan sangat penting untuk mengelola keuangan Anda setiap bulannya. Selain itu aplikasi keuangan juga memiliki beberapa layanan menarik lainnya yang akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Salah satu aplikasi keuangan yang sangat direkomendasikan adalah aplikasi Qelola.

qelola app 2 1 - Panduan dan Contoh Penulisan Surat Izin Kerja untuk TKI

Aplikasi Qelola adalah sebuah aplikasi online yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola di sini!

 

 

 

 

Tags: , , ,