Penting! Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Harus Diperhatikan Pelamar

EP 4 2 - Penting! Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Harus Diperhatikan Pelamar

Anda mungkin sudah sering mendengar surat lamaran kerja atau justru sudah mengirim surat ini beberapa kali. Surat yang ditujukan kepada sebuah instansi atau perusahaan dengan maksud untuk melamar pekerjaan di instansi atau perusahaan tersebut ini memang sangat penting, sehingga siapapun perlu tahu bagaimana membuatnya. Namun ternyata masih banyak juga surat lamaran kerja yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan menurut survey dari Monster.co.uk, dari 255 pihak yang menangani surat pelamar, 71% diantaranya merasa kesal serta kecewa dan 43% isi surat lamaran tergolong sangat membingungkan. Hal ini banyak disebabkan karena seringkali pengalaman dan keahlian yang dicantumkan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu surat lamaran kerja yang diajukan pun cenderung membingungkan dan sulit dipahami. Padahal dokumen satu ini akan sangat berpengaruh terhadap kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan melamar kerja, sebaiknya cari dahulu bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ini bisa sangat membantu Anda untuk memahami bagaimana surat lamaran kerja yang diinginkan oleh perekrut dari Anda. Anda tidak perlu khawatir karena contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber termasuk artikel ini. Namun sebelum Anda megetahui bagaimana contoh surat lamaran kerja yang benar, ada baiknya pahami dulu apa pentingnya surat tersebut sehingga Andapun mampu membuatnya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

EP 4 1 - Penting! Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Harus Diperhatikan Pelamar

Pentingnya Surat Lamaran Kerja

Kemanapun pergi, wajah Anda adalah bagian tubuh pertama yang akan dilihat orang lain. Dan pastinya Anda mengusahakan wajah agar terlihat selalu terlihat cantik dan rupawan sehingga menjadi daya tarik di depan orang lain. Begitupun ketika Anda membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja bisa dikatakan sebagai wajah Anda ataupun media promosi Anda di depan perekrut. Lembaran surat lamaran biasanya diletakkan di bagian paling depan dan dijadikan sebagai pengantar dokumen lainnya. Karena perekrutan menuntut waktu yang lama serta biaya yang mahal, perekrut biasanya lebih fokus pada surat lamaran kerja untuk mempersingkat proses. Jika surat lamaran kerja Anda tidak terlihat menjanjikan, maka mereka cenderung megabaikan sisa dokumen yang dilampirkan. Namun sebaliknya, jika surat lamaran Anda menarik dan cerdas, perekrut akan dengan senang hati menginvestasikan waktu dan usahanya untuk melakukan pemeriksaan lebih jauh.

Format Surat Lamaran Kerja

Meski hanya satu lembar kertas, isi surat lamaran kerja biasanya cukup kompleks sehinga mampu medeskripsikan diri Anda. Pada surat lamaran kerja setidaknya harus memuat unsur-unsur seagai berikut:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Instansi atau perusahaan tujuan beserta alamatnya
  3. Salam pembuka
  4. Tujuan surat lamaran yang menyebutkan posisi yang dilamar serta dari mana Anda mengetahuinya
  5. Data diri berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, email, alamat lengkap, dan pendidikan terakhir.
  6. Identifikasi diri berupa kemampuan dan keterampilan baik dalam kerja individu maupun kelompok
  7. Daftar lampiran persyaratan yang ditentukan
  8. Penutup surat
  9. Tanda tangan dan nama jelas pelamar

EP 4 3 - Penting! Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Harus Diperhatikan Pelamar

Perhatikan Ini Ketika Membuat Surat Lamaran Kerja

Karena surat ini sangat penting untuk menentukan apakah Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, maka pembuatannya harus dipersiapkan sebaik mungkin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kerapian dan Kebersihan

Pastikan amplop dan kertas yang digunakan ditulis serta dilipat dengan rapi serta bersih. Hal ini sering dianggap sepele namun ternyata mempengaruhi penilaian perekrut terhadap Anda. Amplop dan kertas yang kusam atau berlipat-lipat akan menggambarkan karakter Anda sebagai pelamar kerja.

Identitas Diri Lengkap

Isi identitas dengan lengkap khususnya pada bagian kontak. Ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi Anda ketika lolos ke tahap berikutnya atau memberikan informasi lainnya.

Gunakan Tata Bahasa yang Baik

Surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang diberikan pada sebah instansi atau perusahaan yang besar dan profesional. Oleh karena itu gunakan bahasa resmi dengan tata bahasa yang baik serta ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Hindari kesalahan penulisan dan coretan sekecil mungkin untuk menunjukkan ketelitian dan profesionalitas Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut salah satu contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan acuan.

EP 4 - Penting! Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Harus Diperhatikan Pelamar

Selain pembuatan surat lamaran kerja, pengelolaan keuangan juga jadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Terutama ketika telah mendapatkan pekerjaan. Jangan sampai gaji yang diterima habis begitu saja. untuk membantu proses pengelolaan keuangan, Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola. Anda bisa dengan mudah membayar berbagai tagihan dengan aplikasi Qelola ketika baru mendapatkan gaji di awal. Ini akan membantu Anda menyelesaikan kewajiban terlebih dahulu sebelum digunakan untuk hal lainnya. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , ,