Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

konversi mata uang

Pada prinsipnya, nilai mata uang suatu negara (kurs) merupakan hasil konversi mata uang negara tersebut dengan mata uang negara lainnya. Angkanya bisa jadi berubah setiap waktu, sesuai dengan dinamika yang terjadi di berbagai sektor di dua negara yang bersangkutan.

Selain kondisi ekonomi, pada umumnya nilai tukar mata uang juga turut dipengaruhi oleh situasi politik. Semakin bagus suhu politik suatu negara, maka semakin tinggi pula kepercayaan pelaku pasar finansial terhadap mata uang di negara tersebut. Di tengah suasana pemilu seperti Pemilihan Presiden misalnya, maka kurs mata uang akan fluktuatif mengikuti headline terkini karena keyakinan pelaku ekonomi terhadap prospek pemerintahan suatu negara sedang diuji. Ketahui lebih banyak tentang konversi mata uang, beserta aplikasi kurs apa saja yang berkapasitas kecil berikut ini.

Baca Juga: Serba-Serbi Mata Uang Malaysia yang Perlu Anda Ketahui

Memahami Konversi Mata Uang Dunia

konversi mata uang 1 - Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

Ada beberapa faktor penggerak konversi mata uang yang perlu Anda ketahui. Di dunia keuangan, komponen penggerak mata uang adalah kinerja pasar modal suatu negara. Pada umumnya, harga saham identik dengan kondisi perekonomian karena grafiknya mengacu pada perolehan laba suatu perusahaan publik. Level keuntungan usaha biasanya berbanding lurus dengan ekonomi makro. Alasannya adalah karena laba yang besar hanya bisa diraih jika konsumen mempunyai daya beli yang cukup tinggi.

Selain itu, harga saham di pasar modal juga mampu mencerminkan siklus ekonomi dari tingkat produsen ke konsumen. Maka tidak mengherankan jika konversi mata uang ikut susut pada saat harga-harga sahamnya melemah. Dan akan menguat saat pasar modalnya meroket. Faktor yang lain yang tidak kalah penting dari pergerakan konversi mata uang adalah perdagangan internasional. Negara yang menerima permintaan produk barang dan jasa dalam jumlah yang besar, nilai tukarnya pasti lebih kuat jika dibandingkan negara konsumen.

Komponen defisit dan surplus yang terdapat di dalam neraca keuangan bisa memberi gambaran tentang daya saing suatu negara dalam perdagangan internasional. Hal tersebut berdasarkan laju ekspor dan impornya. Oleh karena itu, konversi mata uang selalu berbanding lurus dengan hasil data neraca perdagangan dan neraca transaksi yang sedang berjalan.

Bagaimana Pergerakan Nilai Mata Uang?

konversi mata uang 2 - Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

Nilai tukar mata uang bergerak dari waktu ke waktu tanpa bisa dikendalikan oleh siapa saja. Namun, para pelaku ekonomi dan investor sebaiknya bisa membaca kecenderungan arahnya. Caranya adalah dengan rajin update berita-berita ekonomi dan politik. Dengan menguasai faktor-faktor yang melingkupi pasar valuta, maka pihak-pihak yang berkepentingan dapat beradaptasi dengan perubahan. Sehingga mampu melindungi bisnisnya dari risiko kerugian kurs.

Pilihan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

konversi mata uang 3 - Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

Agar Anda lebih mudah untuk mengetahui pergerakan kurs mata uang dunia, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus. Kurs rupiah dapat dicek di smartphone Anda dengan bantuan aplikasi Android konversi mata uang yang memiliki kapasitas kecil yaitu kurang dari 5 MB. Artinya, aplikasi konversi mata uang tersebut tidak akan membebani penyimpanan internal smartphone Android milik Anda. Berikut ini ada 3 rekomendasi aplikasi Android konversi mata uang dengan kapasitas kecil yang dapat Anda download secara gratis di Google Play Store:

1. Easy Currency Converter

Keunggulan utama dari aplikasi Easy Currency Converter ini adalah kemampuannya mendukung lebih dari 180 mata uang. Selain itu, aplikasi ini juga dapat bekerja secara offline. Menariknya lagi, Easy Currency Converter juga menyajikan data berupa grafis historis kurs dalam periode 1 hari hingga 5 tahun. Bahkan update terbaru, Easy Currency Converter sudah mendukung Bitcoin dan Dark Mode.

2. All Currency Converter

Aplikasi All Currency Converter dikembangkan oleh developer SmartWho yang menghadirkan tampilan mirip kalkulator intuitif. Tampilan tersebut sangat mudah dimengerti. Aplikasi ini dapat mengonversi mata uang terpilih secara real time maupun melakukan pengecekan beberapa mata uang secara sekaligus. Salah satu, fitur unggulan All Currency Converter menawarkan informasi terkini dari situs website berita, terkait berita tentang mata uang. Tidak hanya itu saja, All Currency Converter juga menyajikan grafik dan tren mata uang yang cukup informatif.

3. Konversi Mata Uang

Aplikasi Konversi Mata Uang dikembangkan oleh Qori Dev ini menawarkan kemampuan untuk cek nilai tukar mata uang secara real time dengan memanfaatkan koneksi internet. Aplikasi ini juga dapat digunakan dalam mode offline ketika smartphone Anda tidak terhubung ke internet. Tampilan antar-muka pada aplikasi ini cukup simpel dengan navigasi yang sangat mudah dimengerti. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung banyak mata uang dari berbagai negara di dunia. Kapasitasnya yang kecil yaitu hanya 3,7 MB, tidak membuat aplikasi Konversi Mata Uang memenuhi ruang penyimpanan smartphone Anda.

Nah, silahkan Anda pilih aplikasi kurs mata uang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain aplikasi tersebut, ada aplikasi yang tidak kalah menariknya yaitu Qelola. Aplikasi Qelola hadir sebagai solusi terbaik untuk kirim uang antar-negara dengan biaya yang sangat murah. Selain kirim uang, penggunaan aplikasi Qelola juga akan memudahkan Anda dalam hal bayar tagihan, lho. Dengan Qelola, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol gaji yang Anda dapatkan selama bekerja di luar negeri. Kini, saatnya meninggalkan cara kuno dengan beralih ke model transaksi digital yang praktis. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga di Google Play.

Tags: , , , , , , ,