Kuala Lumpur Malaysia, Profil Lengkap & Destinasi Wisatanya

kuala lumpur malaysia

Kuala Lumpur merupakan Ibukota Negara Malaysia yang berkembang pesat dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Ketahui dahulu profil lengkap seputar Kuala Lumpur Malaysia beserta daftar destinasi wisatanya yang patut untuk dikunjungi. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini dengan baik.

1. Keadaan Geografis

Kuala Lumpur (KL) memiliki nama lengkap Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, merupakan ibu kota dan kota terbesar di negara Malaysia. Kuala Lumpur meliputi wilayah seluas 244 km persegi dengan rata-rata ketinggian 22 m. Kuala Lumpur terletak di tengah-tengah negara bagian Selangor dan pernah berada di bawah pemerintahan Selangor. Secara umum Kuala Lumpur berciri lembah besar yang dikenal sebagai Lembah Klang dan berbatasan dengan Pegunungan Titiwangsa di sebelah timur dan Pulau Sumatera di sebelah barat.  

2. Bahasa yang Digunakan oleh Warga Lokal

rsz malaysian culture favorite pasttimes - Kuala Lumpur Malaysia, Profil Lengkap & Destinasi Wisatanya

Bahasa Melayu yang menjadi bahasa nasional, merupakan bahasa utama di Kuala Lumpur. Bahasa lain yang digunakan di kota ini adalah dialek-dialek Kanton, Mandarin, dan Tamit. Bahasa Inggris juga berperan besar karena digunakan sebagai perantara bisnis dan wajib dipelajari di sekolah. 

3. Kuliner Khas Kuala Lumpur

Tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan soal kuliner khas suatu daerah. Di Kuala Lumpur, masakan Melayu cukup menjadi primadona. Terdapat pula beberapa jenis makanan dan minuman populer yang banyak diburu wisatawan di Kuala Lumpur.

  • Nasi Kandar merupakan hidangan yang sangat populer di Malaysia Utara dan berasal dari Penang. Nasi kandar terdiri dari nasi yang dilengkapi dengan kari serta lauk pauk. Nasi kandar yang sangat terkenal di Kuala Lumpur adalah nasi kandar pelita.
  • Pad Thai merupakan salah satu makanan yang mirip dengan kwetiau goreng Indonesia. Pad thai terdiri dari campuran kwetiau, sayuran, dan seafood yang dimasak menjadi satu serta ditambah dengan potongan ayam dan telur orak-arik.
  • Air Mata Kucing adalah minuman dingin maupun panas yang banyak dijual di Petaling Street. Minuman ini terbuat dari cincau hitam yang dipadu dengan buah kelengkeng, lo han kuo, buah kundur, dan gula.

Tentu masih banyak sekali makanan dan minuman lezat khas Kuala Lumpur yang wajib Anda coba ketika berwisata.

4. Destinasi Wisata Menarik di Kuala Lumpur

Berwisata menjadi momen berharga bagi sebagian orang di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Kuala Lumpur Malaysia memiliki beragam destinasi wisata yang dapat Anda nikmati, lho! Selain itu, Kuala Lumpur Malaysia juga berkembang menjadi tujuan belanja internasional dengan dibangunnya beberapa mall besar. 

  • Petronas Twin Towers (Menara Kembar Petronas)

Destinations 6 cool things to do in Kuala Lumpur Petronas Towers night view - Kuala Lumpur Malaysia, Profil Lengkap & Destinasi Wisatanya

Sumber : www.agoda.com

Menara Kembar Petronas terletak di pusat Kota Kuala Lumpur (Kuala Lumpur City Center), telah menjadi ikon terpopuler dari Kuala Lumpur dan juga Malaysia. Menara ini memiliki 88 lantai dengan ketinggian 452 meter. Anda bisa sekedar berfoto-foto di sekitar menara atau membeli tiket untuk menikmati pemandangan dari atas bangunan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mulai dari siang hari hingga malam hari.

  • Wisata Kuliner di Jalan Alor

Jalan Alor masuk ke dalam kategori tempat wisata di Kuala Lumpur 2019 incaran para turis. Jalan Alor menjadi salah satu pusat kuliner di Malaysia dengan berbagai jenis street food. Terdapat banyak tempat makan yang menyajikan berbagai hidangan lokal hingga barat dapat Anda temukan dengan mudah. Harga makanan yang ditawarkan di sepanjang jalan ini cukup terjangkau dan dijamin rasanya enak dan lezat!

  • Puas Berbelanja di Central Market

Central Market adalah salah satu landmark di Kuala Lumpur selain Menara Kembar Petronas dan Gedung Sultan Abdul Samad. Central Park terletak di dekat Dataran Merdeka Kuala Lumpur dibangun pada tahun 1928 yang dulunya dikenal sebagai Pasar Seni dan menjadi pusat kerajinan. Pasar ini telah diklasifikasikan sebagai Situs Warisan oleh Departemen Warisan Nasional karena mampu menarik generasi muda untuk menumbuhkan toleransi dan integrasi ras. Pasar ini menjual segala kebutuhan wisata seperti pakaian, kerajinan tangan, hingga aksesoris dengan harga terjangkau. Central Park dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

  • National Mosque (Masjid Negara)

Masjid Negara berlokasi di Jalan Perdana, Kuala Lumpur dapat menampung sekitar 15.000 orang dan berfungsi aktif sebagai sebuah tempat ibadah. Menariknya, pemeluk agama selain Muslim diperbolehkan mengunjungi masjid ini di luar jam ibadah. Jika pakaian Anda kurang Islami, Anda akan dipinjami sebuah jubah panjang selama berkunjung.

  • Aquaria KLCC

Aquaria KLCC bertempat di Kuala Lumpur City Center. Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis ikan yang ditempatkan dalam akuarium yang menyerupai habitat asli ikan. Destinasi wisata ini buka setiap hari dari jam 10.30 pagi hingga jam 8 malam.

  • Suria KLCC

Suria KLCC sering disebut mal keren di bawah Menara Kembar Petronas dengan memiliki 5 lantai. Mal ini menjadi tujuan belanja para turis mancanegara ketika berkunjung ke Kuala Lumpur. Mal ini rupanya juga memfasilitasi hasrat belanja orang-orang dari kalangan menengah ke atas. Brooks Brothers, Hugo Boss, Jimmy Choo, Farah Khan, dan berbagai merk bergengsi lain. Suria KLCC menjadi mall tersibuk di Malaysia dengan 40 juta pengunjung setiap tahunnya.

Baca Juga: Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Demikian ulasan mengenai profil Ibukota Kuala Lumpur Malaysia termasuk daftar destinasi wisatanya yang menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment  domestik maupun ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,