5 Destinasi Menarik di Sabah Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

sabah malaysia

Sabah merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang terletak bagian utara di Pulau Kalimantan. Sabah diberi julukan “Land below the Wind” atau “Kota di bawah Angin” karena lokasinya yang sangat dekat dengan kawasan badai tropis. Kota Sabah ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia karena keindahan alam dan wisata uniknya. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Sabah, berikut ini ada beberapa destinasi terbaik di Sabah Malaysia serta tips liburan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Pilihan Destinasi Menarik di Sabah Malaysia

sabah malaysia 1 - 5 Destinasi Menarik di Sabah Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Sabah menjadi salah satu kota tujuan para wisatawan. Intip pilihan destinasi wisata yang ada di Sabah Malaysia berikut ini:

  1. Kinabalu City. Merupakan Ibu Kota Sabah yang terkenal kental dengan berbagai wisata heritage yang sangat menarik. Di sana Anda akan melihat banyak bangunan bergaya klasik yang merupakan peninggalan dari sejarah kerajaan yang pernah berkuasa di Sabah. Saat mengelilingi kawasan ini, sebaiknya Anda ditemani oleh pemandu yang telah profesional.
  2. Kinabalu Park. Terletaknya di kaki Gunung Kinabalu dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Kinabalu. Di sana Anda juga bisa mengunjungi pemandian air panas poring hot springs sembari menikmati berbagai keindahan alam yang tersaji di sekitarnya.
  3. Gaya Island. Merupakan sebuah pulau kecil yang penuh dengan keindahan laksana Hawaii. Gaya Island ini adalah pulau dengan hutan lindung dan pantai yang indah dan eksotis. Sebagai tempat wisata yang terlindungi, Gaya Island memiliki banyak peraturan yang wajib dipatuhi oleh para berkunjung. Jika melanggar, maka Anda bisa dikenakan denda oleh Pemerintah setempat
  4. Central Market. Merupakan tempat wisata paling indah di Sabah yang berlokasi di Jalan Tun. Di sana Anda bisa membeli berbagai macam jenis pakaian serta keperluan sehari-hari hingga souvenir khas dari Sabah. Saat berbelanja di sana, Anda harus membuat penawaran harga. Central Market buka mulai dari jam 06.30 sampai jam 18.00.
  5. Sebagai kota yang sangat terkenal dengan berbagai wisata budayanya, Sabah memiliki Kinabalu Cultural Dance yang sayang Anda lewatkan. Di sana Anda dapat menyaksikan berbagai jenis tarian tradisional khas Sabah, yang pasti akan membuat Anda terpukau.

Aktivitas Seru di Sabah Malaysia

sabah malaysia 2 - 5 Destinasi Menarik di Sabah Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa menyenangkannya perjalanan Anda di Sabah Malaysia nanti. Langsung saja intip aktivitas seru apa saja yang bisa Anda lakukan saat berada di Kota Sabah.

  1. Mencicipi makanan khas Sabah yang enak dengan cita rasa masakan tradisional dan kontemporer ala Sabah. Jika Anda bingung mau mulai darimana, berikut ini ada rekomendasi tiga restoran yang perlu Anda coba. Yaitu Kedai Kopi Wan Wan yang terletak di Hsk Industrial Centre, Restoran Seafood Welcome terletak di jalan Coastal, dan Rumah Kari Sri Lantha yang terletak di jalan Berjaya.
  2. Mempelajari beberapa budaya tradisional dengan mengunjungi Desa Budaya Mari Mari atau Mari Mari Cultural Village yang terletak jauh di dalam hutan rimba Sabah. Anda juga dapat mengamati pembuatan kerajinan tangan lokal dan menyaksikan acara tari-tarian budaya mereka.
  3. Mengikuti tur kapal pesiar di lahan basah Kilas. Di sana Anda dapat menyaksikan secara langsung kehidupan primata asli seperti bekantan, monyet kera, dan spesies langur langka di samping habitat alam liar lainnya di tepian sungai. Sementara di malam hari, Anda akan dibawa menelusuri hutan rawa bakau untuk mengamati ribuan kunang-kunang yang menyala indah.
  4. Melihat pemandangan indah kota Sabah saat matahari terbenam yang biasanya hanya menghiasi layar komputer atau kartu pos. Anda dapat berjalan kaki ke Menara Observasi Bukit Sinyal atau Signal Hill Observatory Tower saat matahari terbenam.
  5. Belanja di Pasar Malam. Tentu saja mengunjungi kota Sabah Malaysia belum lengkap tanpa mengunjungi setidaknya salah satu pasar malam yang ada di sana. Pasar Malam Kota Kinabalu akan membuat Anda kewalahan, karena di sana Anda bisa membeli banyak hal. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah hidangan laut yang dijual pedagang kaki lima.

Tips Liburan Hemat di Sabah Malaysia

sabah malaysia 3 - 5 Destinasi Menarik di Sabah Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Kata siapa, bersenang-senang ke luar negeri harus mengeluarkan banyak uang? Malaysia mempunyai banyak destinasi wisata terbaik yang murah dan membuat liburan Anda ke sana lebih hemat. Selain itu, ada juga kuliner murah meriah untuk memanjakan perut Anda. Ditambah lagi banyaknya pilihan penginapan yang murah tapi nyaman. Syaratnya hanya satu, yaitu Anda harus cermat dan matang dalam mempersiapkannya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mewujudkan liburan hemat ke Malaysia:

  1. Tips pertama liburan murah ke Malaysia adalah mempersiapkan paspor jauh-jauh hari.
  2. Booking tiket pesawat segera setelah memastikan jadwal liburan Anda. Carilah maskapai penerbangan yang murah, atau yang menyediakan promo. 
  3. Mencari penginapan murah jauh-jauh hari. Idealnya, booking penginapan murah adalah sebulan sebelum keberangkatan Anda.
  4. Menggunakan transportasi umum selama berada di Malaysia. Hal ini penting karena selain hemat, juga dapat mempermudah akses dalam berwisata baik dalam satu daerah ataupun antar wilayah.
  5. Agar bisa liburan murah ke Malaysia, Anda juga perlu menyusun itinerary perjalanan Anda. Pembuatan jadwal ini akan memudahkan Anda dalam merencanakan liburan yang matang.

Itulah beberapa informasi penting yang bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin pergi berlibur ke Sabah Malaysia. Pastikan Anda telah membuat perencanaan keuangan yang matang. Agar Anda lebih tenang selama berada di Malaysia, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi ini sangat populer dikalangan pekerja migran yang ada di Malaysia. Kemudahan dalam bertransaksi dan biayanya yang sangat murah menjadi salah satu alasan utama mengapa Qelola digunakan. Dapatkan informasi selengkapnya tentang Qelola di sini. Atau Anda bisa langsung download di Google Play sekarang juga.

Tags: , , , , , ,