Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Hanya Hitungan Menit!

cek saldo bpjs ketenagakerjaan online

Saat ini Anda mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana cara mudah dan cepat cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online? Tenang saja, karena Anda tidak sedang kebingungan sendirian. Karena nyatanya memang tidak sedikit orang yang merasa kesusahan ketika hendak mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Banyak dari mereka yang memang belum tahu cara cek saldo BPJSTK. Namun ada juga yang ternyata mendapatkan informasi yang salah mengenai cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Sebenarnya, jika Anda membuka mesin pencarian Google, Anda akan banyak menemukan berbagai informasi mengenai cara cek BPJSTK tersebut. Namun, penting bagi Anda untuk memilah, artikel mana saja yang menyajikan informasi yang benar. Untuk memudahkan Anda, berikut ini ada beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang benar dan mudah yang perlu Anda cermati.

Baca juga : Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

Mengunjungi Kantor BPJSTK

cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 1 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Hanya Hitungan Menit!

Sebelum membahas bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online, Anda bisa mendatangi kantor BPJS secara langsung, lho. Walaupun terkesan konvensional, namun cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini masih menjadi andalan banyak orang. Anda bisa menempuh cara ini dengan mudah, karena Anda hanya perlu mencari kantor BPJSTK terdekat dan mendatanginya dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

Sesampainya di sana, Anda akan bertemu dengan petugas BPJS Ketenagakerjaan. Dan Anda bisa meminta bantuan untuk melakukan pengecekan saldo dengan menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda. Petugas BPJS Ketenagakerjaan nantinya akan membantu Anda untuk mengecek berapa saldo yang sudah terkumpul di dalam akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Sementara bagi Anda yang belum mengetahui di mana kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, maka Anda bisa mengeceknya di website BPJS Ketenagakerjaan.

Memanfaatkan Layanan SMS

cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 2 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Hanya Hitungan Menit!

Jika Anda ingin mulai meninggalkan cara lama, kini Anda bisa cek saldo BPJSTK dengan mudah menggunakan layanan SMS. Anda hanya perlu mengirimkan pesan SMS dan menunggu balasannya, yaitu berupa informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui layanan SMS adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama, agar Anda dapat menggunakan layanan SMS BPJSTK maka Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya adalah kirim pesan dengan format: DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#No Peserta#Alamat Email (jika ada). Kemudian kirim pesan SMS tersebut ke 2757.
  2. Setelah berhasil terdaftar, maka selanjutnya Anda bisa kirim pesan untuk mengetahui berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Kirim pesan SMS dengan format: SALDO<spasi>Nomor Peserta, lalu kirim ke 2757.
  3. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan pesan balasan berisi jumlah saldo BPJSTK Anda.

Mengakses Website Resmi BPJSTK

cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 3 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Hanya Hitungan Menit!

Nah, beralih ke cara yang lain yaitu akses ke website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek saldo BPJSTK ini juga terbilang mudah. Karena Anda bisa mengakses informasinya melalui website BPJS Ketenagakerjaan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka website BPJS Ketenagakerjaan pada gadget Anda.
  2. Selanjutnya Anda perlu menggeser ke bawah, kemudian pilih “Layanan Peserta Tenaga Kerja” dan klik tombol “Masuk”.
  3. Kemudian pilih “BPJSTKU”.
  4. Buatlah akun terlebih dahulu. Dan begitu selesai, maka Anda sudah bisa login untuk mencari tahu informasi besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Menggunakan Aplikasi BPJSTK

cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 4 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Hanya Hitungan Menit!

Yang lebih praktis lagi. Anda bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online di BPJSTKU Mobile. Untuk melakukan cek saldo BPJSTK ini, Anda harus mengunduh dan install aplikasinya terlebih dahulu di smartphone Anda. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Setelah aplikasi BPJSTKU Mobile berhasil terpasang, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Atau Anda juga bisa langsung login dengan akun Gmail.
  2. Jika Anda langsung login menggunakan akun Gmail, maka Anda akan menerima e-mail yang berisi kode verifikasi.
  3. Kemudian masukkan PIN aktivasi dari e-mail Anda tersebut, dan buatlah PIN untuk masuk ke akun BPJSTK milik Anda.
  4. Pastikan Anda telah memasukkan nama lengkap yang sesuai dengan KTP.
  5. Masukkan tanggal lahir secara benar, dan unggah KTP Anda.
  6. Lalu, masukkan pula Nomor KPJ atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dan nomor telepon milik Anda.
  7. Tidak lama setelah Anda memasukkan nomor telepon, Anda akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. 
  8. Setelah itu, Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasinya dan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa Anda lakukan.

Bagaimana, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online itu mudah dan tidak ribet, bukan? Karena di Indonesia setiap pekerjanya memang diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka pastikan setiap bulan Anda telah menyetorkan iurannya. Karena dari iuran yang Anda setorkan setiap bulan tersebut, Anda akan mendapatkan hak dan merasakan keuntungannya.

Agar sejalan dengan penggunaan aplikasi BPJSTK yang membuat urusan Anda lebih praktis, gunakan pula aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola memungkinkan Anda untuk bayar tagihan dan kirim uang ke luar negeri dengan proses yang cepat. Qelola menjadi sahabat para pekerja migran di Malaysia, lho. Bagaimana tidak, kirim uang dari Malaysia ke Indonesia menggunakan Qelola hanya dikenakan biaya admin 1 ringgit Malaysia saja. Bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS, TV Kabel, dan lain sebagainya juga sangat mudah. Anda bisa unduh aplikasi Qelola di Google Play atau App Store sekarang juga. Jangan lewatkan, karena pendaftarannya GRATIS!

Tags: , , , , ,