Jangan Panik! Begini Cara Praktis Booking Tiket Pesawat ke Malaysia

booking tiket - Jangan Panik! Begini Cara Praktis Booking Tiket Pesawat ke Malaysia

Jika Anda ingin bekerja, menempuh pendidikan, maupun liburan ke Malaysia, tentu Anda harus pergi ke sana. Dan untuk pergi ke sana, transportasi yang paling mungkin untuk digunakan adalah pesawat. Terdapat banyak sekali pilihan maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih dan gunakan. Tapi tentu, bagi sebagian besar orang harga menjadi patokan yang paling penting. Jangan buru-buru panik saat akan booking tiket pesawat. Berikut ini ada beberapa informasi penting dan tips pesan tiket pesawat secara online yang perlu Anda cermati.

Baca juga: 5 Tips Backpacker ke Malaysia, Aman dan Ramah Kantong

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

booking tiket 1 - Jangan Panik! Begini Cara Praktis Booking Tiket Pesawat ke Malaysia

Secara umum, upaya berburu tiket pesawat murah bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengandalkan usaha sendiri dan bantuan pihak lain. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan tiket pesawat murah padahal sedang tidak ada promo? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan:

1. Fleksibel Soal Periode Perjalanan dan Destinasi

Menjelang peak season seperti musim libur sekolah, harga tiket pesawat pasti akan melonjak sangat tinggi. Oleh karena itu, cobalah untuk menggeser waktu keberangkatan Anda ke periode off-season atau tidak lama setelah libur panjang. Selain itu, terbang saat weekday juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan terbang saat weekend. Harga tiket pesawat juga akan lebih murah jika jam keberangkatannya pada pagi hari atau tengah malam.

Sementara jika Anda tidak bisa fleksibel dengan periode perjalanan, maka cobalah untuk lebih fleksibel dalam menentukan destinasi. Saat ini, sudah ada banyak layanan yang bisa membantu Anda dalam mencari destinasi  di Malaysia dengan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah, misalnya Google Flights. Caranya cukup mudah, masuk ke situs Google Flights dan klik peta yang ada. Masukkan tanggal dan bandara keberangkatan Anda dan Google akan memperlihatkan kota mana saja yang harga tiket pesawatnya paling murah dan sesuai dengan budget Anda.

2. Gunakan Low Cost Carrier, Points, dan Miles

Saat Anda berniat ingin pergi ke luar negeri seperti Malaysia, cobalah untuk melakukan riset mengenai low cost carrier (LCC) yang terbang ke negara tersebut. Saat ini, sudah ada banyak LCC yang menawarkan penerbangan jarak jauh, seperti AirAsia. Harga tiket pesawat yang ditawarkan memang terbilang lebih murah. Tapi Anda harus tetap waspada dengan biaya tambahan yang mungkin akan dibebankan. LCC biasanya akan membebankan biaya untuk bagasi, biaya untuk mencetak boarding pass atau pembayaran menggunakan kartu kredit.

Jika Anda sudah menjadi pengguna loyal suatu maskapai penerbangan, maka jangan lupa untuk mendaftar keanggotaan frequent flyer. Dengan keanggotaan tersebut, Anda bisa mendapat points dan miles yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis. Points dan miles ini tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan sering-sering terbang. Beberapa maskapai juga bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dan online shop yang setiap transaksinya bisa mendapat bonus berupa points dan miles.

3. Mencari Tiket Individual dan Aktifkan Price Alerts

Saat mencari tiket untuk rombongan, sebaiknya jangan beli banyak tiket sekaligus dalam satu transaksi. Maskapai biasanya akan memperlihatkan harga tiket tertinggi dalam tiket rombongan. Misalnya jika Anda mencari empat kursi, maka maskapai akan mencarikan empat kursi dan menampilkan harga yang sesuai dengan harga tiket termahal. Jadi, lebih baik Anda mencari tiket untuk satu orang. Setelah proses checkout selesai, baru pilih kursi Anda agar bisa duduk bersama rombongan lainnya.

Fitur Price Alerts akan memberikan Anda notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling cocok dengan budget Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menemukan tiket pesawat murah. Namun, sebenarnya strategi mencari tiket pesawat murah yang paling penting adalah jangan menunggu lama-lama. Jika sudah tahu hendak terbang ke mana dan kapan akan berangkat, maka sebaiknya langsung beli tiket pesawat. Karena, harga tiket pesawat tidak akan menjadi semakin murah ketika mendekati waktu keberangkatan Anda. Daripada menunggu promo yang belum tentu ada, lebih baik Anda langsung booking tiket.

Cara Pesan Tiket Pesawat Online

Untitled design 6 1 - Jangan Panik! Begini Cara Praktis Booking Tiket Pesawat ke Malaysia

Berikut ini ada panduan mudah booking tiket pesawat secara online melalui laman tiket.com yang bisa Anda perhatikan. Anda dapat menemukan maskapai sesuai jadwal dan tujuan penerbangan yang Anda inginkan.

  1. Langkah pertama, buka laman tiket.com pada smartphone atau laptop atau Anda juga bisa langsung unduh aplikasinya.
  2. Klik menu “Pesawat”, lalu pilih rute berangkat dan rute pulang yang Anda inginkan.
  3. Lalu pilih tanggal keberangkatan dan kepulangan Anda.
  4. Pilih kategori dan jumlah penumpang, lalu klik “Cari Pesawat”.
  5. Tiket.com akan menampilkan penawaran terbaik dari setiap maskapai pada rute penerbangan yang sudah Anda tentukan.
  6. Selanjutnya, Anda bisa melihat rincian pencarian dan pilihlah sesuai dengan jadwal, fasilitas, dan harga yang Anda inginkan. Lalu klik “Pesan Sekarang”.
  7. Isikan data informasi kontak yang dapat dihubungi dengan benar, serta data penumpang dengan lengkap.
  8. Lanjutkan dengan klik “Pesan Sekarang”. Maka tiket pesawat yang telah Anda pilih berhasil dipesan.
  9. Untuk pembayaran, ada beberapa macam metode pembayaran yang disediakan untuk keamanan dan kenyamanan transaksi Anda. Anda dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  10. Setelah pembayaran sukses diterima, maka Anda akan menerima SMS dan email berisi ringkasan voucher pesawat secara instan, maksimal dalam waktu 60 menit.

Tips Membawa Barang saat Naik Pesawat

booking pesawat 3 - Jangan Panik! Begini Cara Praktis Booking Tiket Pesawat ke Malaysia

Nah, setelah berhasil menemukan tiket pesawat murah dan booking untuk waktu dan tujuan sesuai kebutuhan Anda, saatnya Anda mempersiapkan barang bawaan. Pada umumnya, batas bagasi yang bisa dibawa oleh seorang penumpang adalah 20 kilogram untuk masuk dalam bagasi pesawat. Namun, Anda bisa membawa barang yang lebih berat lagi dengan memisahkan barang bawaan Anda yang akan dimasukkan ke dalam bagasi dengan barang lainnya yang sekiranya dapat Anda masukkan ke dalam kabin pesawat. Di penerbangan Air Asia misalnya, Anda bisa meng-upgrade pilihan bagasi yang ingin Anda bawa sampai dengan 40 kilogram (Extra Large). Hal ini tentu saja menguntungkan Anda sebagai calon pekerja atau calon pelajar yang akan tinggal dalam waktu yang lama di Malaysia.

Agar perjalanan Anda ke Malaysia lebih lancar, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola yang bisa Anda andalkan selama di sana. Qelola ini merupakan dompet digital yang akan menjamin kemudahan Anda dalam bertransaksi. Dari Malaysia, Anda bisa kirim uang ke Indonesia hanya dengan biaya RM1 saja. Selain itu, fitur-fiturnya juga bisa Anda manfaatkan. Anda bisa bayar tagihan BPJS Kesehatan, beli token listrik, bayar tagihan PDAM, dan masih banyak lagi. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone, Anda tidak akan dikenakan biaya alias GRATIS.

Tags: , , , , , , ,