Cek Sekarang Juga! Kemudahan New Edabu BPJS Kesehatan

edabu bpjs kesehatan

Sudah bayar tagihan BPJS Kesehatan? Sebagai peserta BPJS, ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai informasi mengenai BPJS Kesehatan yang terbaru. Apakah Anda sudah tahu apa itu Edabu BPJS Kesehatan?

Edabu merupakan singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha. Bagi sebagian masyarakat mungkin memang masih awam dan belum terlalu mengenal apa itu Edabu BPJS Kesehatan. Karena yang menggunakan layanan ini kebanyakan adalah para perusahaan. Kemudahannya nyata dirasakan oleh badan usaha seperti PT, CV, dan organisasi lainnya. Sejak diluncurkan di tahun 2015, Edabu BPJS Kesehatan telah mengalami beberapa pembaharuan terutama pada fiturnya. Teknologi yang mengalami inovasi juga membuat layanan Edabu menjadi semakin mudah diakses oleh seluruh masyarakat sebagai penggunanya.

Baca juga: Island Hospital Penang, Rumah Sakit Favorit di Malaysia

Fitur Terbaru Edabu BPJS

edabu bpjs kesehatan 1 - Cek Sekarang Juga! Kemudahan New Edabu BPJS Kesehatan

Pada Edabu yang diluncurkan di tahun 2019 lalu, yaitu Edabu 4.2 memiliki fitur yang jauh lebih berkembang dibandingkan dengan Edabu yang telah diluncurkan sebelumnya.

1. Upload Secara Massal

Setiap pengguna menggunakan fitur ini untuk melakukan unggah data peserta BPJS Kesehatan sekaligus dalam jumlah yang banyak. Fitur ini juga akan memberikan kemudahan bagi perusahaan, karena perusahaan hanya perlu menyiapkan data peserta dalam bentuk excel.

2. Tambah dan Edit Data Kepesertaan

Data kepesertaan juga dapat ditambah dan diubah melalui Edabu. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk menambahkan anggota keluarga baru pada kepesertaan BPJS Kesehatan. Pada aplikasi Edabu yang terbaru, ada perubahan dengan tanggal cut off yang berubah. Perubahan ini berlaku sampai dengan H-2 untuk aktif pada tanggal 1 di bulan berikutnya. Jadi, pengguna harus melakukan pendaftaran peserta pada tanggal 30 April 2020 untuk aktif tanggal 1 Mei 2020.

3. Approval dari BPJS Kesehatan

Pada aplikasi Edabu versi terdahulu, setiap pengguna harus menunggu approval dari BPJS Kesehatan. Sedangkan di Edabu terbaru, tidak perlu menunggu approval lagi. Sehingga, perubahan data menjadi lebih mudah untuk dilakukan dan waktunya juga lebih efisien karena tidak perlu menunggu approval. Meskipun demikian, setidaknya ada 3 jenis perubahan yang tetap menunggu approval dari BPJS Kesehatan. Ketiga jenis perubahan tersebut di antaranya adalah:

  • Perubahan segmentasi peserta penerima bantuan iuran atau PBI dari APBN, menjadi Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU).
  • Peserta yang menerima bantuan dari APBD, di mana kepesertaan harus dinonaktifkan terlebih dahulu sebelum diubah.
  • Perubahan segmen PPU PN menjadi PPU BU. Sama seperti perubahan sebelumnya, sebelum dialihkan PPU PN wajib dinonaktifkan terlebih dahulu pada akhir bulan oleh kantor cabang setempat.

4. Laporan Rekap Iuran dan Cek Data

Kemudahan lainnya dari Edabu BPJS Kesehatan yang juga bisa dimanfaatkan adalah memeriksa rincian iuran jaminan kesehatan. Pada Edabu yang terbaru, para pengguna dapat mengetahui dan mengunduh rincian tagihan iuran pada bulan berjalan dan 1 bulan sebelumnya. Sehingga, para pengguna tidak perlu repot dalam menghitung tagihan iuran secara manual. Namun cukup mengunduh rincian tagihan iuran yang telah tersedia dengan praktis. Sementara dengan dengan adanya fitur cek data, Edabu bisa digunakan untuk melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan.

5. Fitur Lainnya 

Selain itu, ada fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan seperti ganti profil dan password. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengganti profil dan password user yang digunakan pada Edabu BPJS Kesehatan. Ada juga fitur cetak kartu dan cetak tagihan pada Edabu BPJS Kesehatan yang tidak kalah menarik. Sehingga para pengguna bisa mencetak kartu BPJSnya sendiri dengan ID peserta yang sudah didaftarkan.

Untuk bisa memanfaatkan fitur Edabu BPJS Kesehatan, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan username dan password. Username dan password tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk masuk dalam website new Edabu BPJS Kesehatan. Sementada jika lupa username maupun password yang digunakan, maka Anda bisa menghubungi customer service BPJS Kesehatan terdekat. Sesuai dengan cabang di mana Anda mendaftarkan diri pada kantor cabang BPJS Kesehatan terkait.

Cara Menggunakan Edabu BPJS

edabu bpjs kesehatan 2 - Cek Sekarang Juga! Kemudahan New Edabu BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja fitur yang ada pada Edabu versi terbaru, kini saatnya Anda memahami bagaimana cara menggunakan layanan tersebut.

  1. Langkah pertama adalah mengisi data diri pada Edabu BPJS Kesehatan. Siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK). Setelah persyaratan siap, Anda bisa memasukkan data diri yang perlu didaftarkan secara benar dan lengkap.
  2. Selanjutnya, Anda bisa memilih data peserta sesuai yang diinginkan. Caranya klik “Data Peserta”, lalu klik “Tambah Peserta” untuk mengisi data yang dibutuhkan.
  3. Memasuki fasilitas kesehatan, Anda bisa memilih dan menyesuaikan fasilitas kesehatan sesuai dengan tempat tinggal atau domisili peserta BPJS Kesehatan yang akan didaftarkan.
  4. Selanjutnya, pilih “Unit Kerja” dan isikan informasi yang diminta Edabu BPJS Kesehatan. Klik “Simpan” jika Anda sudah selesai melakukan penambahan informasi, atau pilih “Tambah Keluarga” saat ingin menambahkan anggota keluarga.
  5. Setelah mengisi data sesuai dengan KTP dan KK, lalu Anda bisa memilih approval peserta dan jenis mutasi pendaftaran baru. Anda bisa melihat data dan tanggal penyimpanan dari informasi peserta yang baru saja Anda masukkan. Selanjutnya Anda bisa melakukan cetak kotak nomor dan pilih “Cek dan Approval” dan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan telah selesai Anda lakukan. Approval ini hanya berlaku untuk beberapa jenis pendaftaran BPJS Kesehatan tertentu saja.

Baca juga: Ketahui Fitur Aplikasi Qelola untuk Kemudahan Bertransaksi

Kewajiban Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

edabu bpjs kesehatan 3 - Cek Sekarang Juga! Kemudahan New Edabu BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sebagai asuransi kesehatan dari pemerintah juga merupakan layanan yang banyak membantu masyarakat Indonesia. Berbagai layanan seperti berobat hingga rawat inap bisa dicover oleh BPJS Kesehatan ini. Sebagian besar orang menyebut BPJS sebagai kartu sakti yang bisa diandalkan untuk menanggung seluruh biaya saat sakit.

Meskipun demikian, kartu ini bisa saja kehilangan kesaktiannya jika Anda lupa membayar tagihan BPJS Kesehatan. Jika tidak dibayarkan hingga 3 bulan, maka tagihan BPJS Kesehatan akan menunggak dan tidak bisa digunakan saat Anda sakit dan membutuhkan perawatan. Ada banyak alasan mengapa para peserta BPJS Kesehatan tidak membayar tagihan. Salah satu alasan utamanya adalah karena lupa.

Nah, sebagai peserta BPJS Kesehatan yang melek teknologi, kini saatnya Anda mengambil alih tanggung jawab bayar tagihan BPJS Kesehatan seluruh anggota keluarga Anda. Hanya mengandalkan smartphone pribadi, Anda bisa menyelesaikan pembayaran kapan dan di mana saja. Pastikan Anda memilih layanan pembayaran online yang aman seperti Qelola. Sembari mengirim uang bulanan untuk keluarga di tanah air, Anda juga bisa membayarkan tagihan BPJS Kesehatan saat itu juga menggunakan aplikasi yang sama. Sebagai tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia, sebaiknya Anda tidak luput menggunakan aplikasi Qelola. Unduh sekarang, jangan tunda lagi!

Tags: , , , , ,