Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Tips Sukses

Menjadi TKI di berbagai sektor menjadi pilihan banyak orang. Selain karena iming-iming gaji yang besar, TKI juga banyak dipilih karena sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia dengan tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi. Tentu setiap orang yang menjadi TKI ingin agar hidupnya sukses dan dapat menaikkan derajat kehidupan keluarganya. Tapi adakah tips sukses yang bisa dijadikan acuan agar Anda menjadi TKI yang, katakanlah, sukses?

TKI yang sukses dapat dimaknai sebagai TKI yang dapat membawa hasil nyata untuk keluarga dan dirinya sendiri. Selain menghidupi keluarga dan diri sendiri, Anda juga sebaiknya mempersiapkan diri untuk masa setelah Anda tak lagi bisa berangkat bekerja ke luar negeri. Bisa dengan mempersiapkan usaha kecil-kecilan, tabungan, atau mungkin saja investasi berupa reksadana dan sebagainya.

Nah, pada artikel ini Anda akan dapat melihat beberapa tips sukses menjadi TKI, Tips ini mulai dari ketika Anda mendaftar, ketika Anda di negara tempat Anda bekerja, hingga saat Anda telah kembali ke tanah air. Simak selengkapnya dengan cermat ya!

Mulai dengan Mencari Tahu Proses dan Jalur Legal

Untitled design31 - Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Penting untuk dimulai dengan baik, dengan cara mencari informasi terkait TKI dan jalur legal yang dapat ditempuh. Setidaknya Anda harus memahami benar prosedur menjadi TKI, pekerjaan yang tersedia, gaji, risiko, serta berkas yang diperlukan dan proses yang harus Anda jalani secara bertahap. Anda bisa menemukannya dengan mudah melalui berbagai sumber.

Jalani Prosedur dengan Sungguh-Sungguh

Setelah Anda memantapkan diri untuk menjadi TKI, jalani setiap prosedur dengan sungguh-sungguh dan penuh niat baik. Beberapa tes harus Anda jalani, sekaligus melengkapi berbagai berkas yang diperlukan. Maksimalkan nilai dan hasil untuk setiap tes yang diberikan dengan mepersiapkannya terlebih dahulu.

Berangkat dengan Restu

Untitled design32 - Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Jangan lupa meminta restu dari keluarga ketika Anda akan diberangkatkan. Restu dan doa dari keluarga terdekat akan menjadi tenaga yang sangat berarti ketika Anda jauh dari rumah nantinya. Walaupun sebenarnya tidak terlalu jauh jika Anda memilih untuk menjadi TKI di negeri tetangga seperti Malaysia.

Bekerja dengan Maksimal

Setelah sampai, pastikan Anda memahami pekerjaan yang akan Anda lakukan. Pelajari terlebih dahulu pekerjaan yang akan Anda lakukan sebelum berangkat dan pastikan mengetahui apa yang diinginkan oleh pemberi kerja di sana. Dengan begini Anda bisa memaksimalkan waktu kerja Anda untuk memenuhi setiap harapan dari pemberi kerja dan memberikan kesan baik pada pemberi kerja.

Gaya Hidup yang Tidak Berlebihan, Tips Sukses yang Penting

Untitled design33 - Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Ketika Anda bekerja di Malaysia nantinya, pastikan untuk memiliki gaya hidup yang sederhana atau secukupnya. Jangan sampai Anda dibutakan oleh gaji yang diterima kemudian membuat gaya hidup menjadi konsumtif. Ingat, Anda tidak bekerja untuk diri Anda sendiri namun juga untuk keluarga di tanah air. Tetap menjadi pribadi yang sederhana dan belanjakan gaji yang Anda dapatkan secukupnya.

Perencanaan Keuangan yang Tepat

Selain mengatur gaya hidup Anda ketika hidup di Malaysia, Anda juga disarankan untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik. Apa itu perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan adalah upaya melakukan pengelolaan pendapatan yang dimiliki untuk dapat memenuhi rencana keuangan yang Anda inginkan. Jadi nantinya pendapatan yang Anda miliki dapat memenuhi setiap pos, mulai dari keperluan pribadi, pengiriman ke keluarga di Indonesia, tabungan, serta investasi dan rencana masa depan.

Pilih Layanan Remitansi yang Menguntungkan

Untitled design34 - Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Bagaimana cara memilih layanan remitansi yang menguntungkan? Pastikan biaya administrasi rendah dan layanan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sekaligus seperti pembayaran tagihan, transfer, pengisian pulsa, dan kebutuhan rutin penting yang lain.

Tips Sukses untuk Anda, Manfaatkan Tabungan dengan Bijak

Mungkin menjadi tips terakhir untuk menjadi TKI yang sukses, adalah memanfaatkan tabungan dan investasi yang dimiliki dengan bijak. Pastikan setiap tabungan atau rencana investasi dapat menjadi sumber pemasukan baru. Anda bisa membuka usaha jasa, berdagang, atau mungkin membangun beberapa rumah untuk disewakan. Jangan lupa untuk memilih investasi yang aman dan menghasilkan, sehingga hasil jerih payah Anda tidak akan sia-sia dan bisa terus berkembang.

 

Nah, itu tadi beberapa tips sukses yang bisa Anda coba selama Anda menjadi TKI di Malaysia, atau bisa juga negara manapun. Jangan lupa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang Anda datangi agar kehidupan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu berat.

Untuk tips sukses pemilihan layanan remitansi, Anda tak perlu bingung lagi. Jika Anda adalah TKI di Malaysia dan ingin memilih layanan remitansi yang terbaik, Anda bisa mengandalkan layanan Qelola. Layanan ini memberikan berbagai fitur, seperti misalnya pembayaran tagihan bulanan langsung ke instansi terkait, pengiriman uang real-time, biaya administrasi yang murah, dan aksi ‘jemput bola’ ketika Anda tak bisa mendatangi merchant untuk melakukan pengisian saldo. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan fitur yang disediakan untuk menjadi TKI sukses!

 

Tags: , , , , , , , , , ,