Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Untitled design 3 1 - Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Bekerja, bekerja, dan bekerja, mungkin itu yang terpikirkan ketika Anda memasuki usia produktif di kehidupan Anda. Guna mencukupi kebutuhan baik diri sendiri maupun keluarga, bekerja merupakan hal yang mungkin menjadi wajib. Namun tahukah Anda usia produktif tak hanya dapat digunakan untuk bekerja namun juga memulai tabungan pensiun?

Tabungan pensiun adalah tabungan yang akan digunakan untuk menopang kehidupan Anda kelak setelah usia produktif terlewati. Tabungan pensiun juga tak hanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja tetap diperusahaan saja, namun juga penting untuk dimiliki pekerja sektor informal bahkan pengusaha sekalipun. Jika saat ini Anda bekerja sebagai TKI, Anda juga sebaiknya mulai memikirkan untuk memulai hal ini.

Meski mungkin tidak memiliki upah yang sangat besar, TKI atau Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri juga dapat membuat tabungan pensiun. Nah, agar Anda dapat memulai dengan tepat untuk menjamin hidup Anda di hari tua, berikut beberapa tips yang dapat Anda cermati.

Mulai Tabungan Pensiun Sejak Dini

Untitled design 4 - Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Masih banyak ditemui pekerja yang tidak memiliki tabungan pensiun ketika mereka bekerja. Padahal, sangat disarankan untuk memulai tabungan pensiun sedini mungkin. Logikanya, semakin cepat dimulai maka jumlah tabungan ini akan semakin besar. Tentu, dengan perencanaan yang matang serta perhitungan yang tepat, tabungan yang satu ini benar-benar dapat bermanfaat di kemudian hari.

Model tabungan ini sangat disarankan untuk dimulai pada usia 20an. Mengapa demikian? Karena ketika pada usia ini Anda sudah mulai membuat tabungan ini, maka waktu yang Anda miliki untuk menyimpan tabungan tersebut makin panjang. Tentu saja, jumlahnya di akhir periode ketika Anda harus menggunakannya juga akan semakin besar sehingga hidup juga akan semakin aman secara finansial.

Perhatikan Inflasi dan ‘Bunga’ yang Didapatkan

Sebelum memulai tabungan jenis ini, Anda juga disarankan untuk meninjau beberapa pilihan. Yang perlu diperhatikan adalah apakah pilihan yang ada dapat menutup laju inflasi yang terjadi. Katakanlah laju inflasi yang kini terjadi sedikit di bawah 6%, maka jumlah ‘bunga’ yang diberikan dari tabungan tersebut, apapun jenisnya, sebaiknya lebih dari angka tersebut.

Logikanya adalah, ketika kini biaya hidup sebulan yang diperlukan misalnya Rp3.000.000, maka 10 tahun yang akan datang, dengan laju inflasi yang tetap, biaya hidup bulanan akan semakin besar bukan? Jika bunga yang didapatkan tidak lebih dari angka inflasi, maka tabungan yang Anda buat tidak akan mendatangkan keuntungan.

Alokasikan Dana di Awal Bulan

Tidak sedikit juga yang sudah memiliki tabungan ini namun mengalokasikan dana yang tersisa di akhir bulan. Ini akan menyebabkan jumlah yang ditabung kemudian tidak akan dapat maksimal, atau setidaknya stabil. Jika tidak ada kestabilan dalam tabungan yang dimasukkan, tentu dana yang terkumpul tidak akan terlalu banyak.

Sangat direkomendasikan untuk memanfaatkan sistem otomatis yang banyak disediakan layanan pengelolaan keuangan. Jadi setiap awal bulan ketika gaji Anda diterima, secara otomatis akan dipotong sejumlah uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan pensiun yang dimiliki. Dengan begini, jumlah yang masuk lebih mudah dikontrol dan target dapat lebih mudah dicapai.

Tabungan Pensiun Perlu Kedisiplinan

Untitled design 2 1 - Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Nah, poin yang satu ini sangat perlu diterapkan ketika ingin membuat tabungan pensiun. Anda memerlukan kedisiplinan, tidak hanya dalam proses menabung namun juga mengalokasikan dana yang sudah terkumpul. Pastikan dana pensiun yang Anda tabung benar-benar digunakan untuk masa pensiun kelak.

Jangan sampai dana ini digunakan untuk keperluan lain seperti membeli properti atau barang lainnya. Jika memang Anda memiliki rencana untuk membeli properti, maka Anda disarankan mengalokasikan dana untuk membuat tabungan lain. Tujuannya sederhana, agar di masa tua kelak Anda benar-benar memiliki pegangan finansial yang kuat.

Ikuti BPJS Kesehatan

Untitled design 1 2 - Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Terakhir, sangat disarankan untuk mengikuti program BPJS Kesehatan. Tapi apa hubungannya? Kelangsungan hidup tidak akan berjalan mulus sesuai dengan apa yang Anda mau. Ada kalanya, Anda atau keluarga jatuh sakit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan mengikuti program ini, Anda dapat menjamin tabungan pensiun yang dimiliki tidak akan berkurang untuk keperluan kesehatan.

 

Itu tadi 5 tips yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin memulai tabungan untuk masa pensiun. Tidak terlalu sulit memang, namun hal ini memerlukan kedisiplinan dalam penyimpanan serta alokasi dana yang dimiliki.

Untuk Anda yang bekerja sebagai TKI, Anda dapat mulai membuat tabungan pensiun secara mandiri dengan menggunakan jasa keuangan yang tersedia. Tentu saja, untuk program BPJS Kesehatan, Anda juga harus mengikutsertakan anggota keluarga agar kelak setiap anggota keluarga memiliki jaminan kesehatan yang memadai. Jika Anda bingung bagaimana cara membayarkan tagihan BPJS tersebut ketika Anda bekerja di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan ini memungkinkan transaksi pembayaran tagihan secara langsung ke BPJS dengan fitur yang disediakan. Segera unduh aplikasinya di sini, dan kelola dana Anda dengan bijak!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,