Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

coronavirus

COVID-19 adalah penyakit baru yang dapat mempengaruhi paru-paru dan saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus yang disebut Corona. Penyakit pernafasan ini disebakan oleh sejenis virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, adakalanya virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan Coronavirus sebagai pandemi, dan jumlah kasusnya terus meningkat di seluruh dunia.

Saat ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sedang memonitor wabah Coronavirus yang sudah mulai menjangkiti lebih dari 1.000 orang dengan beberapa kasus yang dinyatakan positif. Meningkatnya jumlah pasien positif di Indonesia selama beberapa hari terakhir tentu saja membuat banyak orang harus lebih waspada. Beberapa negara dan daerah di mana ada kemungkinan lebih tinggi penderitanya telah dijadikan zona merah dan terlarang untuk di kunjungi. Untuk mengantisipasi meluasnya virus tersebut, semua orang jadi semakin ingin tahu apa yang dapat mereka lakukan agar terhindar dari Coronavirus. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda terapkan agar terhindar dari penyakit tersebut ketika bepergian ke luar negeri.

Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri 

1.  Hindari Menghabiskan Waktu di Kerumunan Besar atau Tempat Ramai.

corona 4 - Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

Sumber: UPI.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran Coronavirus adalah dengan menghindari tempat ramai dan melakukan kegiatan di dalam rumah. Dengan menghindari tempat ramai Anda bisa meminimalisir terkena Coronavirus. Hindari kontak dengan orang sakit, terutama jika mereka demam, batuk, atau sulit bernapas. Waspadai situasi setempat dan ikuti saran kesehatan masyarakat setempat. Siapkan persediaan bahan makanan dan obat-obatan di rumah agar anda tidak perlu sering keluar rumah. Bersihkan dan steril kan permukaan yang sering disentuh setiap hari seperti kendaraan, meja, gagang pintu, komputer, dan telepon.

 2.  Mencuci Tangan

corona 5 - Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

Sumber: okezone.com

Sering-sering lah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir dan pastikan seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan dan sela jari-jari ikut dicuci selama kurang lebih 20 detik terutama setelah berada di tempat umum, atau setelah batuk dan bersin agar terhindar dari Coronavirus. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60%. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Lakukan etiket batuk dan bersin dengan benar. Tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan untuk mengurangi penyebaran kuman. Jika Anda menggunakan tisu, buang segera dan cuci tangan sesudahnya.

3.  Perhatikan Kesehatan Anda

corona 7 - Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

Sumber: universitaskhairun.com

Perhatikan kondisi kesehatan Anda. Seringnya bekerja atau berlibur seringkali membuat Anda tidak memperhatikan kondisi tubuh. Namun perlu Anda ketahui, tubuh yang tidak fit dapat membuat virus mudah terjangkit pada tubuh Anda. Sehingga dengan mudah terkena penyakit. Karena itu, pastikan tubuh tetap fit dengan makan makanan bergizi serta tidur yang cukup agar terhindar dari Coronavirus. Jika Anda merasa sakit, tetaplah di rumah, lakukan pengobatan mandiri sebisa mungkin. Namun jika Anda jatuh sakit saat bepergian, gunakan masker karena masker bisa mencegah Anda terhirup virus dan partikel halus yang bisa masuk dalam tubuh. Serta hindari kontak dengan orang lain kecuali untuk menemui tenaga medis.

 4.  Tetap Mendapatkan Informasi

informasi - Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

sumber : www.rumahasyam.com

Pantau terus perkembangan Coronavirus di negara yang anda kunjungi. Cek kondisi terkini paparan wabah tersebut agar Anda mengetahui langkah apa yang selanjutnya bisa Anda ambil. Pastikan juga Anda mencari pemberitaan yang benar agar tidak merasa khawatir saat bepergian. Anda juga harus mencari informasi tentang gejala apa yang harus diidentifikasi dan cara menghubungi otoritas kesehatan setempat. Jika Anda tidak memiliki gejala tetapi yakin Anda terpapar dengan seseorang yang terkena Coronavirus, laporkan informasi ini ke Rumah Sakit yang menangani penyakit tersebut di negara yang anda kunjungi. Setiap negara pasti sudah menempatkan pesan pada layar kedatangan di bandara internasional yang akan membantu untuk memandu.

Selama wabah Coronavirus sebaiknya Anda mengurangi bertemu dengan komunitas Anda dan sebisa mungkin untuk tetap tinggal di dalam rumah. Lakukan semua pekerjaan Anda dari rumah.

Jika Anda diharuskan pergi keluar untuk membayar beberapa keperluan seperti membayar tagihan di bank maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi qelola tanpa harus pergi ke bank untuk menghindari keramaian dan juga terhindar dari Coronavirus.

Cukup gunakan aplikasi qelola untuk efektifitas pembayaran dan masalah keuangan Anda akan terselesaikan. Menghindari Coronavirus tanpa pergi ke Bank, tidak lagi menjadi masalah saat ini karena Qelola akan mengatur keuangan Anda lebih mudah dalam satu sentuhan saja.

 

Tags: , , , , ,