Jalan-Jalan ke Penang Street Art? Ini Dia Tips & Triknya

Mural Penang Street Art

Berlibur ke Penang adalah salah satu alternatif liburan ke luar negeri dengan suasana baru namun tidak membuat dompet Anda menggerutu. Selain karena lokasinya yang dekat dengan Indonesia, Penang Malaysia juga mempunyai banyak tempat wisata yang murah meriah. Meskipun murah, Anda dan keluarga dengan usia yang beragam dapat menikmatinya. Tidak kalah unik dari tempat wisata lainnya, Penang memiliki wisata mural bernama Penang Street Art. Penang Street Art adalah sebuah jalan dengan tembok yang terlihat usang namun menjadi sangat menarik dengan banyaknya mural yang dilukis oleh Ernest Zacharevic asal Lithuania pada tahun 2012. Apalagi setiap gambar memiliki makna yang dalam dan penuh dengan keceriaan anak-anak. Bagaimana tips dan trik jalan-jalan ke Penang Street Art? Ini daftarnya:

1.  Berjalan Kaki di Sepanjang Penang Street Art

Penang Street Art memiliki lokasi yang sangat mudah diakses karena tidak jauh dari pusat kota George Town. Tepatnya ada di 316, Beach Street George Town, 10300 George Town, Pulau Penang, Malaysia. Karena tempat ini merupakan seni mural jalanan sehingga ada beberapa titik yang menjadi favorit para wisatawan. Titik-titik tersebut adalah Jalan Penang, Jalan Muntri, Weld Quay, Lebuh Leith, Jalan Armenia, Jalan Ah Queen, serta gang-gang kecil disekitarnya juga tak luput dari karya unik Ernest Zacharevic.

Karena lokasinya yang sangat berdekatan tersebut, ada baiknya Anda melihat-lihat semua karya seni mural itu dengan berjalan kaki. Selain menikmati karya seni, Anda juga bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan warga sekitar. Begitu juga ketika akan mengambil foto, tentu akan lebih repot jika Anda menggunakan kendaraan. Tenang saja karena beberapa jalanan ini relatif sepi dari kendaraan bermotor sehingga tetap aman untuk dinikmati.

2.  Membawa Kamera atau Smartphone dengan Memori Cukup

anelale najera 3IzAjFi eag unsplash 1 - Jalan-Jalan ke Penang Street Art? Ini Dia Tips & Triknya

Akan sangat kurang jika Anda jalan-jalan di sini tapi tidak mengambil foto. Banyak dari mural-mural tersebut yang sangat lucu dan sayang untuk dilewatkan lensa kamera. Anda dapat mempersiapkan kamera atau smartphone dengan memori yang masih banyak untuk mengambil gambar. Kenapa harus dipersiapkan? Karena total karya seni mural ini kurang lebih ada 378 karya.

Selain memory card, Anda juga wajib mempersiapkan ide untuk berpose di setiap gambar. Mayoritas gambar-gambar tersebut menunjukkan keceriaan dan kegembiraan anak-anak dengan berbagai tingkah lucu mereka. Ada yang sedang bermain ayunan, membeli susu kaki lima, berboncengan naik sepeda, mengambil gelas yang tinggi, dan masih banyak lagi. Seru bukan?

3.  Datanglah Pagi atau Sore Hari

Penang Street Art memang tidak ada jam tutupnya alias 24 jam dibuka untuk umum. Namun Anda disarankan untuk mengunjunginya pada pagi atau sore hari. Anda akan menikmati karya-karya tersebut tanpa takut panas sinar matahari. Anda juga tidak perlu harus menambah pencahayaan lagi seperti jika mengambil foto pada malam hari.

Karena lokasinya yang dekat dengan Bandara Penang International, Anda dapat menikmatinya segera setelah mendarat di Penang. Cukup dengan naik bus Rapid Penang dengan tarif tidak lebih dari RM2,7 menuju KOMTAR atau pemberhentian bus ke George Town. Untuk mengetahui peta jalanan di Penang Street Art ini Anda bisa melihatnya di peta wisata George Town yang biasanya dibagikan secara gratis di Bandara Internasional Penang. Mudah bukan?

4.  Penginapan di Sekitar Penang Street Art

kamar airbnb - Jalan-Jalan ke Penang Street Art? Ini Dia Tips & Triknya

Bisa juga Anda datang pada pagi atau sore harinya setelah melakukan pemesanan penginapan. Menginap di sekitar Penang Street Art tidak akan rugi karena lokasinya yang dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal lain seperti kawasan George Town, dan masih banyak lagi. Untuk urusan penginapan, Anda dapat booking kamar di beberapa hotel berikut:

a.  Armenian Suite Hotel

Hotel bintang 2 ini cocok bagi Anda yang ingin menekan biaya penginapan namun tetap bisa istirahat dengan nyaman. Anda akan mendapat layanan seperti pusat kebugaran dan wifi gratis. Cukup dengan kurang lebih Rp190.000,- per malamnya.

b.  Container Hotel Penang

Hotel bintang 2 ini juga menawarkan fasilitas yang sudah standar dan cukup lengkap. Anda juga tak perlu khawatir dengan sarapan pagi karena hotel ini menyediakan restoran. Per malamnya hanya dikenakan tarif kurang lebih Rp270.000,-.

c.  Reunion Heritage House

Jika Anda memiliki biaya yang lebih untuk menginap, Reunion Hotel juga bisa menjadi alternatif. Hotel bintang 3 ini memiliki konsep mewah dan paket sarapan gratis bagi para tamu. Tarif per malamnya kurang lebih Rp480.000,-.

Apakah Anda tertarik mencoba pengalaman unik di Penang Street Art? Jangan ragu untuk mengunjunginya karena tidak ada biaya atau tarif masuk alias gratis. Tunggu apa lagi, rencanakan liburan murah meriah Anda di sini. Persiapkan juga urusan transaksi Anda selama liburan. Jangan sampai hanya karena Anda kurang memperhatikannya sehingga mengganggu perjalanan wisata. Gunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan setiap transaksi yang Anda lakukan di Malaysia. Nikmati semua fiturnya dengan download langsung aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , ,