Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

wisata kota kuching malaysia

Kuching adalah Ibu Kota Sarawak yang merupakan bagian dari Malaysia Timur. Siapa pun yang pernah ke Semenanjung Malaysia akan merasakan keindahan Kota Sarawak, khususnya Kota Kuching karena lokasinya yang strategis dan merupakan tempat wisata yang tercantik di kawasan ini. Kota Kuching dikenal sebagai rumah bagi sejumlah kelompok adat seperti Suku Iban dan Dayak. Banyak orang yang berduyun-duyun ke kota ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya uniknya. Bagi penggemar sejarah, mereka dapat menghabiskan waktu memeriksa berbagai museum di kota ini serta bangunan-bangunan yang elegan, yang banyak di antaranya berasal dari masa kolonial.

Anda mungkin juga akan terkejut mengetahui bahwa Kota Kuching dipenuhi dengan patung kucing. Kuching berasal dari kata Melayu yang berarti kucing. Penyebutan nama ini berawal dari salah komunikasi selama masa kolonial ketika penduduk setempat ditanyai nama kota dan berpikir bahwa James Brooke, Raja Inggris pertama Sarawak, menunjuk ke seekor kucing. Karena itu mereka menjawab ‘kucing’. Terlepas dari apakah cerita itu benar atau tidak, siapa pun yang mencintai kucing harus memastikan tidak melewatkan perjalanan ke semua destinasi wisata patung kucing yang ada di sana.

6 Destinasi Wisata Kota Kuching yang Wajib Anda Kunjungi

  1. Kuching Waterfront

kucing 12 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: www.sarawakhotels.com

Kuching Waterfront adalah salah satu tempat wisata Kota Kuching yang paling ikonik. Tepi lautnya yang indah merupakan tempat semua aksi utama terjadi. Bagian kota ini digunakan sebagai gudang-gudang di masa lalu, tetapi sekarang Anda akan menemukan jalan setapak indah yang mengapit sungai dan menawarkan pemandangan menakjubkan ke tempat-tempat wisata utama di kota seperti The Astana dan Fort Margherita yang megah. Pada malam hari tempat ini terlihat sangat indah dan banyak pasangan muda dari Kota Kuching memilih tempat ini untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan.

  1. The Astana Khucing

kucing 13 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: www.ttnotes.com

The Astana Khucing adalah sebuah istana yang ada di Kota Kuching. Bangunan ikonik ini dibangun pada tahun 1870 pada masa Charles Brooke yang juga dikenal sebagai Raja Putih Kedua Sarawak. The Astana Khucing sekarang menjadi rumah resmi Gubernur Sarawak. Pada awalnya bangunan ini dibangun sebagai hadiah pernikahan untuk istrinya, Margaret Alice Lili de Windt. Arsitektur dari The Astana ini sangat unik karena terdiri dari tiga area bungalow yang berbeda yang disatukan oleh jalan setapak dan dapat menikmati pemandangan panorama tepi pantai Kuching. Istana ini tidak dibuka untuk umum, namun daerah tamannya yang luas bisa dijangkau dengan perahu kecil melalui sungai Sarawak. Tempat wisata Kota Kuching ini selalu menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Kuching.

  1. Cat Museum

kucing 14 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: www.sitimustiani.com

Cat Museum atau yang bisa disebut dengan Museum Kucing merupakan salah satu tempat wisata Kota Kuching yang terkenal. Museum ini wajib dikunjungi terutama bagi Anda para pecinta kucing karena di sana Anda akan belajar semua tentang signifikansi historis dan budaya kucing dengan lebih dari 4.000 benda yang berhubungan dengan kucing. Di dalam museum juga terdapat kucing dalam bentuk mumi yang berasal dari Mesir. Bahkan ada bagian yang didedikasikan untuk kisah Hello Kitty dan juga pertunjukan Kucing Broadway.  Kita juga dapat melihat pemandangan yang indah dari atas karena lokasi museum ini berada di atas perbukitan.

  1. Masjid Agung Kuching

kucing 15 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: travelstars.com

Masjid Agung Kuching dulu dikenal sebagai Masjid Negara Sarawak. Bangunan aslinya dibangun pada tahun 1847 dan terbuat dari kayu. Bangunan masjid yang sekarang telah mengalami beberapa kali renovasi sampai tahun 1965. Masjid Agung Kuching ini dapat menampung hingga 4000 orang jamaah. Jika Anda sedang merencanakan untuk melakukan wisata Kota Kuching, masukkan Masjid Agung di Kota Kuching ini dalam daftar lokasi yang akan Anda kunjungi.

  1. Museum Sarawak

kucing 16 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: beritaharian.com

Jika Anda hanya punya waktu untuk mengunjungi satu museum di tempat wisata Kota Kuching ini maka Museum Sarawak adalah pilihan yang tepat. Museum ini di klaim sebagai museum tertua yang didirikan pada tahun 1891 dan dikembangkan pada tahun 1911. Museum ini bertempat di sebuah bangunan besar yang berasal dari zaman Victoria dan mendapat pengaruh model rumah tradisional Normandia. Jika Anda tertarik dengan budaya Sarawak, maka museum Sarawak adalah tempat yang harus anda kunjungi karena di sana juga terdapat banyak peninggalan budaya seperti model rumah panjang Sarawak, alat music tradisional, serta kerajinan tangan.

  1. Fort Margherita

kucing 17 - Piknik Asyik di 6 Destinasi Wisata Kota Kuching Malaysia

Sumber: sini.com

Tempat wisata Kota Kuching lainnya yang tidak kalah menarik adalah Fort Margherita. Fort Margherita adalah sebuah benteng yang dibangun oleh Charles Brooke pada tahun 1879. Benteng ini merupakan salah satu landmark yang penting di Kota Kuching. Benteng ini diberi nama Margherita, yang berasal dari nama istri Charles Brooke yaitu Margaret Alice Lili de Windt. Di Fort Margherita Anda akan menemukan museum polisi yang memiliki koleksi senjata kuno yang mengagumkan seperti, meriam, pedang, pistol, dan bola meriam.  Benteng dan museum ini terletak di seberang sungai dari Kota Kuching dan Anda harus naik perahu wisata untuk sampai ke sana.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan wisata di Kota Kuching ini, Anda sudah bisa mempersiapkan keuangan Anda dari sekarang. Sedangkan bagi Anda yang sudah tinggal di Malaysia, dan ingin meluangkan waktu ke sana, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk membantu Anda melakukan pemesanan hotel, dan membayar keperluan akomodasi lainnya. Dengan Qelola Anda bisa merencanakan sebuah liburan asyik tanpa panik.

Tags: , , , , , , , ,