What to Eat in Penang: Rekomendasi 5 Street Food di Penang

what to eat in penang: rekomendasi streetfood

What to eat in Penang adalah pertanyaan yang cukup sering diajukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Penang. Tidak perlu bingung, Penang memiliki beragam makanan yang siap untuk Anda coba. Pulau yang terletak di utara Malaysia ini memiliki banyak spot jajanan kaki lima dengan pilihan yang cukup bervariasi. Ada makanan utama hingga hidangan penutup dengan harga terjangkau di wilayah ini. Berikut 5 rekomendasi street food di Penang yang bisa Anda coba. 

1. Char Koay Teow

padthai noodles with shrimps vegetables 51137 1330 - What to Eat in Penang: Rekomendasi 5 Street Food di Penang

Ketika membahas street food, salah satu yang populer adalah char koay teow. Di Indonesia, makanan ini seperti kwetiaw goreng ala Malaysia. Char koay teow berupa mi beras yang berbentuk pipih yang digoreng bersama tauge, kucai, udang, kerang, dan telur. Bumbu utama dalam char koay teow adalah bawang putih, kecap asin, kecap manis, dan saus cabai.  Pada awalnya, minyak yang digunakan untuk menggoreng char koay teow adalah lemak babi. Namun sekarang, banyak dijumpai char koay teow tanpa minyak babi dan telah berlabel halal. 

Rekomendasi Tempat: 

Char koay teow yang terkenal di Penang adalah Tiger char koay teow. Dibandingkan char koay teow pada umumnya, Tiger char koay teow menggunakan telur bebek dan daging kepiting sebagai campuran. Jenis char koay teow ini dijual dengan harga RM5 per porsi di Kafe Ping Hoi.

Jam operasional: 08.00 – 19.00

Alamat: Kafe Ping Hoi, persimpangan Lebuh Carnarvon dan Lebuh Melayu

2. Assam Laksa 

laksa is spicy noodle soup wooden table 53476 296 - What to Eat in Penang: Rekomendasi 5 Street Food di Penang

What to eat in Penang selanjutnya adalah assam laksa. Street food satu ini disajikan dengan mi putih yang terbuat dari beras dengan tekstur yang tidak terlalu tipis dan kenyal. Racikan kaldu untuk makanan ini menggunakan kaldu ikan dan udang dengan rasa yang cukup pekat. Tambahan daun mint, irisan timun, selada, cabe merah, dan hijau digunakan sebagai tambahan penyedap rasa. 

Rekomendasi Tempat:

Tempat yang menjual assam laksa dengan kelezatan makanan yang khas dan unik adalah Laksa Air Itam. Laksa di tempat ini tidak menggunakan santan sebagai campuran kaldu seperti assam laksa pada umumnya. Semangkuk assam laksa hangat di tempat ini dipatok harga RM5 (Rp17.000). 

Jam Operasional: 11.15 – 19.30

Alamat: Air Itam Wet Market, Jalan Pasar, Pekan Ayer Itam , Penang, Malaysia

3. Lok-Lok

Street food lok-lok menjadi rekomendasi what to eat in Penang yang cukup populer.  Lok-lok merupakan makanan ringan yang terdiri dari daging dan sayuran yang disajikan dengan tusuk sate. Di Indonesia, makanan ini sejenis tempura atau sate seafood lainnya. Hanya saja, di Penang lok-lok disajikan dengan pilihan sambal yang cukup beragam dan khas. Harga lok-lok terbilang cukup murah dan bervariasi.

Rekomendasi Tempat:

Makanan ini dapat dijumpai di pusat street food Penang. Salah satunya adalah Jetty Foodcourt yang terletak di George Town. Selain lok-lok, tempat ini juga menjual banyak makanan seperti char koay teow, hokkien mee, dan wan tan mee (mi pangsit). 

Jam Operasional: 10.00 – 01.00

Alamat: Gat Lebuh Armenian, George Town, Penang, Malaysia

4. Rojak Pasembur

What to eat in Penang untuk makanan berbahan dasar sayuran adalah rojak pasembur. Makanan ini adalah jenis salad yang berasal dari India. Rojak pasembur terdiri dari timun, bawang, tahu, tauge, udang kering, dan sotong goreng. Makanan ini dihidangkan bersama kuah kacang dengan rasa kuah yang hampir sama seperti gado-gado ataupun kuah sate.

Rekomendasi Tempat:

Tempat rojak pasembur yang menyajikan kelezatan makanan adalah GP Soon yang berada di kawasan Gurney Drive. Rasa rojak pasembur di GP Soon mampu menyajikan rasa manis, asam, pedas, dan juicy secara bersamaan dalam satu hidangan. Harga rojak pasembur di GP Soon senilai RM7 per porsinya. 

Jam Operasional: 21.30 – late weekends

Alamat: GP Soon, Gurney Drive Hawker Centre, 172 Persiaran Gurney

5. Chendul 

bowls malaysian cendol dessert 53876 25014 - What to Eat in Penang: Rekomendasi 5 Street Food di Penang

Chendul merupakan hidangan penutup yang terbuat dari tepung beras yang diolah dan diberi warna hijau. Makanan ini memiliki aroma pandan yang direndam dalam santan. Di Indonesia, hidangan ini seringkali disebut cendol. Hidangan ini disajikan dengan kacang merah dan diberi gula melaka yang direbus selama 4 jam. Dihidangkan dingin-dingin dalam mangkuk dan dibubuhi dengan es serut. 

Rekomendasi Tempat:

Tempat favorit yang menyajikan chendul lezat adalah Penang Road Famous Teochew Chendul yang telah berdiri sejak tahun 1950. Harga per porsi hidangan penutup ini sebesar RM2. 

Jam Operasional: Senin-Jumat (10.30 – 19.00), Sabtu-Minggu (10.00 – 19.30)

Alamat: Lebuh Keng Kwee 27&29, 10100 George Town, Penang, Malaysia

Itulah 5 street food  yang bisa Anda coba saat memikirkan what to eat in Penang. Mengunjungi Penang tidak lengkap jika Anda belum mencoba berbagai street food di sana. Kelezatan makanan dengan harga yang terjangkau dipastikan membuat perut Anda selalu kenyang dan liburan semakin berkesan. Supaya liburan dan wisata kuliner di Penang semakin mudah dan berkesan, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk kemudahan melakukan transfer uang dan bertransaksi di Malaysia.

Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik, dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Transaksi akan diproses secara cepat dengan biaya yang cukup murah. Tertarik untuk mencoba? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , ,