5 Tempat Menarik Belanja Oleh-Oleh Khas Penang Malaysia

tempat oleh-oleh khas di penang

Penang bukan hanya menjadi surga untuk wisata kuliner, namun juga surga wisata belanja oleh-oleh khas Malaysia. Saat liburan di Penang, hal yang menjadi wajib kita lakukan adalah membeli barang-barang lucu atau makanan oleh-oleh untuk kerabat atau saudara di rumah. Kota historis yang cantik ini merupakan Negara Bagian Malaysia yang memiliki tempat wisata belanja menarik. Tidak usah bingung, berikut adalah 5 tempat belanja oleh-oleh di Penang beserta informasi lengkapnya yang wajib Anda kunjungi.

1. Gurney Plaza, Tempat Oleh-Oleh Khas Penang 

market 1205 448 - 5 Tempat Menarik Belanja Oleh-Oleh Khas Penang Malaysia

Jika Anda menginginkan belanja di tempat yang menjual barang-barang lengkap sekaligus menikmati wisata alam dan kuliner yang menarik, Gurney Plaza adalah jawabannya. Gurney Plaza Penang berada satu kawasan dengan Gurney Driver, salah satu pusat makanan terkenal di Penang. Kawasan ini juga menjual beberapa makanan khas Malaysia yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Tak hanya menjual makanan khas, tempat berbelanja 7 lantai ini mempunyai beragam gerai layaknya mal pada umumnya. Gerainya beragam, termasuk toko pakaian, elektronik hingga bioskop. Lengkap bukan?

Wisata belanja dan kuliner dapat dilakukan dalam satu waktu di tempat ini. Agar wisata belanja dan kuliner Anda semakin seru, di kawasan ini Anda juga disuguhi wisata alam yaitu pantai Gurney. Pantai ini merupakan pantai yang berada di tengah-tengah kota, George Town. Sayangnya, pantai ini hanya menyajikan pemandangan saja, tanpa memiliki fasilitas bermain air. Jika Anda lelah berbelanja, menikmati makanan di tepi pantai Gurney menjadi pelepas penat yang menarik.

Alamat Gurney Plaza: Jl. Dr Gurney No. 107, Pulau Tikus, George Town 10250, Penang, Malaysia.

Jam Operasional: 10.00 – 22.00.

Transportasi ke tempat ini:

  • Naik Rapid Bus 304 dari Bukit Gedung, turun di halte Gurney Drive.
  • Rapid Bus 103 dari KOMTAR, Penang.

2. KOMTAR, Gedung Tertinggi Penang

Gedung KOMTAR atau Kompleks Tun Abdul Razak merupakan salah satu pusat belanja sekaligus gedung tertinggi di Penang. Walaupun terbilang gedung tertinggi, harga di tempat oleh-oleh ini relatif terjangkau dan bisa ditawar. KOMTAR pun menjadi pusat tempat oleh-oleh khas Penang yang cukup lengkap. Makanan khas, pakaian, dan hal lainnya bisa dicari di tempat ini.

Tak hanya itu, kafe-kafe di sini juga menarik untuk menjadi tempat nongkrong, sangat pas untuk anak-anak muda. Tidak cukup hanya menjadi tempat oleh-oleh khas Penang, gedung tertinggi ini menyajikan pemandangan pulau yang bisa Anda lihat dari lantai 60 gedung ini. Wisata belanja oleh-oleh Anda menjadi makin berkesan!

Alamat KOMTAR: Lebuh Tek Soon, George Town, George Town 10100, Penang, Malaysia.

Jam Operasional: 10.30 – 21.00.

Transportasi ke tempat ini:

  • Semua rute bus berhenti di KOMTAR, salah satunya Bus Rapid Penang 401 dari Bandara Internasional Penang.

top view georgetown capital penang island malaysia from top penang hill 35977 605 - 5 Tempat Menarik Belanja Oleh-Oleh Khas Penang Malaysia

3. Campbell Street Market, Wisata Belanja Kue Kering

Kue kering menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh karena batas kadaluarsa makanan yang terbilang lama. Di Campbell Street Market, kue kering menjadi juara di tiap tempat toko oleh-oleh khas Penang. Salah satu kue kering yang paling banyak dijual adalah pia khas Malaysia, yaitu Ban Heang. Pia ini memiliki beragam rasa seperti durian, coklat, dan keju.

Tak hanya pia, di tempat ini juga menjual roti canai. Makanan yang dijual disini juga banyak yang telah berlabel halal. Namun untuk yang beragama Islam, jangan lupa untuk perhatikan label halal pada kemasan sebelum membeli. Campbell Street Market juga menjual souvenir dan aksesoris khas Penang dengan harga relatif terjangkau. Hal tersebut semakin membuat Campbell Street Market tepat untuk menjadi tempat oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi.

Alamat Campbell Street Market: Lebuh Campbell. George Town, Penang, Malaysia.

Jam Operasional: 07.00 – 21.00

Transportasi ke tempat ini:

  • Bus Rapid Penang 11, 201, 203 tujuan Campbell Street Market.

4. Prangin Mall, Tempat Belanja Gadget Murah

Masih di kawasan George Town, Prangin Mall menjadi tempat yang terkenal dengan gadget yang murah. Jika Anda tertarik untuk membeli gadget  sebagai oleh-oleh, Prangin Mall adalah tempat yang tepat. Tak hanya gadget, banyak juga gerai-gerai fashion dan tempat-tempat asyik untuk hangout. Selain berbelanja, Anda juga bisa wisata kuliner di tempat ini. Mulai dari restoran cepat saji hingga makanan khas Penang bisa Anda temukan di sini.

Alamat Prangin Mall: Jl. Dr. Lim Chwee Leong, George Town, Penang, Malaysia.

Jam Operasional: 10.00 – 22.00

Transportasi ke tempat ini:

  • Cukup dengan berjalan kaki dari KOMTAR selama 5 menit 

5. Little India, Kuliner dan Tempat Belanja Kain

typical street market sarajevo 106485 913 - 5 Tempat Menarik Belanja Oleh-Oleh Khas Penang Malaysia

Perkampungan India atau Little India menjadi tempat yang cukup terkenal di Penang. Selain karena Kuil Sri Veeramakaliamman yang populer, Little India juga menjadi tempat oleh-oleh khas untuk kain di Penang. Kain yang terkenal adalah kain sari. Pemilik toko pun biasanya wanita-wanita India yang mengenakan pakaian dari kain sari lengkap dengan aksesorisnya. Perkampungan India juga menyajikan kuliner khas India seperti nasi kandar yang bisa Anda coba di sini.

Alamat Little India: Lebuh Pasar, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

Jam Operasional: 11.00 – 21.45

Transportasi ke tempat ini:

  • Bus Rapid 401 jurusan Balik Pulau – Jeti

Wisata Kuliner dan Belanja di Penang

Pulau Penang memang ramai dikunjungi wisatawan, namun kawasan ini tetap memberikan suasana Melayu yang eksotis. Jika berlibur di Penang, jangan lupa mencatat tempat oleh-oleh dan berbelanja apa saja yang ingin Anda kunjungi. Pastikan juga, alat pembayaran yang Anda gunakan mendukung transaksi Anda dalam berbelanja.

Tunggu apa lagi? Untuk Anda yang ingin membeli banyak oleh-oleh dengan transaksi yang mudah, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mendukung pengiriman uang dan transaksi belanja di Penang, Malaysia.

Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi belanja oleh-oleh juga menjadi semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga di sini.

Tags: , , , ,