Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Bandara Penang11 - Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Berwisata ke negara tetangga selalu jadi pilihan melepas penat seusai pekerjaan selama beberapa waktu. Jika mendengar kata wisata ke negara tetangga, mungkin sebagai orang Indonesia negara pertama yang terpikir adalah Malaysia. Namun jangan salah, Malaysia tidak sekedar Kuala Lumpur saja. Opsi lain untuk berlibur adalah Pulau Penang, yang ternyata memiliki segudang objek yang dapat digunakan sebagai tujuan wisata.

Tidak usah cemas, meski namanya Pulau Penang, jarak tempuh yang harus Anda lalui untuk mencapai tempat ini tidaklah terlalu lama. Jika Anda menggunakan bus atau mobil, Anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 5 hingga 6 jam. Meski lama, Anda akan disuguhi banyak pemandangan dan landmark cantik sehingga perjalanan tidak akan terasa jauh. Jika Anda ingin menggunakan kereta, waktu yang dihabiskan adalah 4 jam. Dan jika Anda ingin buru-buru, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan pesawat, hanya sekitar 30 menit saja dengan keberangkatan dari bandara Kuala Lumpur International Airport.

Lalu apa saja segudang objek yang pada awal artikel disampaikan? Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasannya pada poin-poin berikut ini!

Jembatan Terpanjang, Penang Bridge

Bandara Penang7 - Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Jembatan Penang atau Penang Bridge merupakan salah satu objek yang dapat Anda lihat dan nikmati ketika mendatangi Pulau Penang. Ada dua jembatan yang dapat Anda nikmati dan lewati, yakni Penang Bridge dan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (awalnya bernama Penang Second Bridge).

Landmark ini dapat Anda nikmati secara langsung jika Anda mendatangi Pulau Penang dengan bus atau mobil. Hembusan angin laut yang khas dan nyala lampu-lampu pada malam hari dapat memanjakan pandangan Anda. Jika Anda menggunakan bus, Anda bisa turun di Terminal Sungai Nibong yang terletak di area ini karena jalur yang digunakan akan melewati jembatan ini.

Penang Hill, Melihat Pulau Penang dari Ketinggian

Bandara Penang8 - Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Penang Hill atau juga dikenal dengan Bukit Bendera, berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Area ini merupakan pilihan tepat jika Anda ingin menikmati Penang dari ketinggian sebab menjadi area tertinggi di sini. Untuk mencapai Bukit Penang ini Anda dapat menggunakan funicular train dari Railway Lower Station di Ayer Itam dengan ongkos sekitar 30 ringgit Malaysia untuk perjalanan berangkat-pulang.

Selain dapat menikmati area dataran tinggi dengan hawa dingin dan pemandangan khas, Anda juga dapat mendatangi The Owl Museum dengan biaya sekitar 10 ringgit Malaysia. Di dalam museum ini Anda dapat menikmati pernak-pernik, lukisan, beragam boneka dan patung, dan segala hal yang berhubungan dengan burung hantu. Jangan lupa juga untuk ber-selfie di dekat papan tulisan khas di Penang Hill yang bertuliskan ‘You’ve never been to Penang unless you’ve been to Penang Hill’.

Bangunan Tua dan Street Art di Georgetown

Bandara Penang9 - Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Menjadi ibukota Penang yang terletak di sisi timur Pulau Penang, Georgetown menawarkan vibe klasik dengan berbagai bangunan tua yang ada di dalamnya. Jika Anda pecinta sejarah, Anda akan sangat dimanjakan ketika mengunjungi kota ini. Mengapa? Karena bangunan yang ada di sini kebanyakan merupakan bangunan tua yang berusia ratusan tahun. Georgetown telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya oleh UNESCO pada tahun 2008.

Objek kedua yang dapat Anda nikmati di kota ini adalah street art yang unik dan cantik. Street art yang disajikan di area Georgetown merupakan karya dari Ernest Zacharevic (seniman kreatif) yang menghiasi banyak dinding di bangunan-bangunan tersebut. Menjadi unik karena gambar yang dibuat dikombinasikan dengan objek lain seperti sepeda motor, ayunan dan sebagainya sehingga memiliki kesan ‘hidup’.

Wisata Wajib di Setiap Objek, Wisata Kuliner

Bandara Penang10 - Objek Wisata di Pulau Penang, Malaysia Tidak Sekedar Kuala Lumpur Saja Lho

Wisata kuliner yang ditawarkan di Pulau Penang tidak hanya sekedar makanan yang nikmat dan cita rasanya khas, namun juga Anda dapat belajar berbagai sejarah makanan di Wonderfood Museum. Museum ini menyajikan berbagai jenis bahan makanan, replika makanan khas dan sajian unik lain, yang dijamin membuat Anda terus menahan air liur karena tampilannya yang menggiurkan.

Setelah puas menikmati informasi dan sajian di museum, Anda dapat menikmati makanan riil hampir di setiap lokasi di Penang. Mulai dari char kuey teow, asam laksa, curry mee, nasi lemak pedas, rojak, ais kacang, char koay kak, dan mee sotong. Semua memiliki rasa khas dan dijamin akan memuaskan lidah Anda sampai titik maksimal.

 

Liburan yang Anda lakukan di Pulau Penang tentu akan sangat lengkap jika dilalui tanpa gangguan bukan? Tentu, Anda tidak mau ada intervensi seperti tagihan listrik, atau tagihan BPJS, atau tagihan PDAM selagi Anda berlibur. Nah, untuk menyelesaikan urusan ini dengan simple, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan ini adalah layanan pembayaran dan transfer yang dapat Anda lakukan dari Malaysia langsung ke rekening yang dituju. Jadi liburan Anda bisa dilewati dengan tanpa gangguan, karena tagihan listrik, tagihan PDAM dan lainnya dapat diselesaikan dalam satu kali klik. Segera unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu liburan Anda di Penang!

Tags: , , , ,