Bayar PDAM Online dari Malaysia Kapan Saja, Mudah!

bayar pdam online

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik dan didukung oleh sarana prasarana yang baik. Selain itu, PDAM juga bertugas menyelenggarakan pengelolaan air bersih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek sosial, kesehatan dan pelayanan umum. Sementara setiap pelanggan PDAM memiliki kewajiban untuk membayar pelayanan yang diterimanya secara tepat waktu.

Sebagai pelanggan PDAM, Anda mungkin merasakan betapa rumitnya atau malas untuk membayar tagihan setiap bulannya. Karena setiap bulan Anda harus mengantri di kantor PDAM dan menunggu panggilan petugas untuk dapat melunasi tagihan air yang harus Anda bayarkan. Karena dianggap kurang efektif, maka banyak pelanggan PDAM akhirnya mulai mencari alternatif lain dalam membayar tagihannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa toko online, fintech, atau semacamnya untuk bayar PDAM online.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pelanggan PDAM karena Anda dapat menghindari antrian panjang dan lama saat akan membayar tagihan air. Selain itu, waktu Anda juga tidak akan terbuang percuma setiap bulan hanya untuk membayar tagihan air di kantor PDAM.

Baca juga: Qelola : Aplikasi Transfer Uang Malaysia Indonesia Mudah dan Cepat

Hak dan Kewajiban Pelanggan PDAM

bayar pdam online 1 - Bayar PDAM Online dari Malaysia Kapan Saja, Mudah!

Sumber: www.mediakonsumen.com

Ternyata, hak dan kewajiban antara PDAM dengan para pelanggan belum dituangkan dalam bentuk Perjanjian atau Kontrak Pelanggan Air Minum. Padahal perjanjian tersebut dapat dijadikan sebagai bukti komitmen masing-masing pihak untuk menjalankan hak dan kewajibannya.

Berdasarkan hasil evaluasi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), dari 209 PDAM Sehat, kurang dari 10% yang mempunyai perjanjian pelanggan. Mengingat jumlah PDAM di seluruh Indonesia ada kurang lebih 391 PDAM, maka dapat dirata-rata bahwa hampir 90% PDAM belum memiliki perjanjian pelanggan. Selama ini, mayoritas PDAM masih menggunakan Surat Permohonan Langganan (SPL) sebagai dasar perjanjian dengan para pelanggannya. BPPSPAM sangat mengapresiasi PDAM yang telah menerapkan prinsip keseimbangan hak dan pelanggan di dalam pelayanannya.

Beberapa PDAM yang telah menerapkan prinsip keseimbangan hak dan pelanggan dalam pelayanannya diantaranya adalah PDAM Kota Depok, PDAM Kota Malang, PDAM Kota Surabaya, PDAM Kabupaten Lebak, PDAM Kota Cilegon, PDAM Kota Palopo, PDAM Kabupaten Klaten, PDAM Kabupaten Sidoarjo, PDAM Kota Bekasi, PDAM Kota Tangerang dan PDAM Kota Surakarta. 

Sebagai badan yang berfungsi untuk memberikan rekomendasi pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara penyelenggaraan dengan pelanggan, maka BPPSPAM menghimbau agar PDAM yang belum mempunyai perjanjian pelanggan segera membuat perjanjian pelanggan. Atau menerapkan prinsip keseimbangan hak dan kewajiban pelanggan dalam SPL-nya. Salah satu tindakan awal yang cukup mudah dalam menerapkan prinsip keseimbangan hak dan kewajiban pelanggan adalah dengan memberikan penjelasan secara rinci isi dari form SPL kepada pelanggan saat mereka mengisi formulir isian SPL. 

Pembayaran Tagihan PDAM

Pembayaran tagihan air telah menjadi suatu kewajiban bagi Anda sebagai pelanggan PDAM untuk memperoleh air bersih setiap bulannya. Setiap bulan, Anda pasti akan melakukan pembayaran tagihan rekening air yang telah digunakan selama satu bulan. Untuk melakukan pembayaran rekening air bulanan dapat dilakukan melalui loket-loket pembayaran yang telah disediakan. Namun saat ini, bayar PDAM online lebih memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan kapan dan di mana saja. Dengan adanya fasilitas bayar PDAM online, diharapkan setiap pelanggan tidak lagi telat dalam melakukan pembayaran.

Prosedur Pembayaran Tagihan PDAM

bayar pdam online 3 - Bayar PDAM Online dari Malaysia Kapan Saja, Mudah!

Sumber: www.liputan6.com

Prosedur pelaksanaan pembayaran tagihan rekening air bulanan pada umumnya sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah Anda harus datang ke loket pembayaran yang telah disediakan dengan menyerahkan rekening bulan sebelumnya untuk mengetahui Nomor Pelanggan.
  2. Bagian loket menginputkan nomor pelanggan Anda yang sudah tertera pada rekening bulan sebelumnya.
  3. Apabila tidak ada tunggakan, maka akan langsung dilakukan proses perhitungan pembayaran rekening air bulanan untuk bulan yang akan dibayarkan. 
  4. Setelah mengetahui berapa besar tagihan yang harus dibayarkan, maka Anda dapat langsung menyerahkan uang sebanyak jumlah tagihan kepada loket.
  5. kemudian loket akan mencetak rekening air baru dan melakukan pengecapan tanda lunas. Lalu rekening bulan sebelumnya dan rekening baru akan diserahkan kepada Anda sebagai bukti pembayaran. Jangan lupa untuk menyimpannya.

Bayar Tagihan PDAM Online Lebih Mudah

bayar pdam online 2 - Bayar PDAM Online dari Malaysia Kapan Saja, Mudah!

Sumber: www.fintechzoom.com

Sedangkan jika Anda sedang berada di Malaysia, tentu bukan alasan untuk Anda tidak membayar tagihan PDAM. Karena Anda dapat melakukan bayar PDAM online dari manapun. Ada banyak website dan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk cek dan bayar tagihan PDAM Anda hanya melalui smartphone Anda. 

Anda tidak perlu khawatir, dengan melakukan bayar PDAM online keamanan transaksi Anda juga pasti terjamin. Dengan melakukan pengecekan sendiri terhadap nomor pelanggan, maka Anda dapat memastikan bahwa tidak akan ada kesalahan saat pengisian data. Risiko kehilangan uang juga semakin kecil Anda alami karena Anda tidak harus membawanya ke kantor layanan PDAM di kota Anda. Sangat praktis, bukan?

Nah, untuk lebih memudahkan Anda dalam mengelola gaji yang Anda dapatkan selama bekerja di Malaysia, kini saatnya Anda mulai menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pintar ini akan membantu Anda saat hendak kirim uang ke Indonesia dengan mudah, cepat, dan aman. Anda tidak perlu ragu, karena Qelola akan membuat setiap transaksi Anda terasa jauh lebih praktis. Uang yang Anda kirimkan akan tetap terjaga nilainya, tanpa ada potongan seperti yang biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi ini juga akan memudahkan Anda untuk membayarkan berbagai jenis tagihan dari Malaysia. Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasinya sekarang, karena saat ini biaya transaksi menggunakan Qelola GRATIS!

Tags: , , , , , , ,