Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kini Lebih Mudah, Begini Caranya!

cek saldo bpjs

Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan teknologi sudah ditemukan pada hampir semua aspek. BPJS Ketenagakerjaan misalnya, dalam perkembangannya juga telah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanannya. Salah satu terobosan yang dirilis oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan pembuatan aplikasi BPJSTKU. Dengan diluncurkannya aplikasi BPJSTKU ini, pemerintah berharap akan semakin banyak peserta yang nantinya bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu fitur yang dapat Anda lihat pada aplikasi BPJSTKU adalah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Lebih lanjut, Anda bisa membaca informasi terkait aplikasi BPJSTKU dari BPJS Ketenagakerjaan melalui artikel berikut ini.

Aplikasi BPJSTKU dari BPJS Ketenagakerjaan

Mulai tahun 2018 silam, BPJS Ketenagakerjaan secara resmi telah meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama BPJSTKU. Pembuatan aplikasi tersebut memang sudah selayaknya dibuat terlebih lagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Selain memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan dari BPJS Ketenagakerjaan, BPJSTKU juga diamini akan menjaring lebih banyak lagi daftar peserta yang sudah ada. 

Pembuatan aplikasi BPJSTKU ini didorong oleh kebutuhan para peserta yang ingin tahu berapa jumlah saldo yang akan mereka terima dari Program Jaminan Hari Tua. Dengan adanya aplikasi ini maka proses cek saldo BPJS pun akan lebih efektif karena Anda tidak perlu mengantri langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk sekedar melakukan cek saldo BPJS. Hadirnya BPJSTKU ini juga dianggap sebagai solusi cerdas dalam menjawab tuntutan zaman di era digital.

Aplikasi BPJSTKU sendiri dapat Anda unduh dengan mudah melalui perangkat Android ataupun iOS. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh aplikasi BPJSTKU diantaranya adalah registrasi peserta baru dan juga cek saldo yang berlaku baik untuk peserta penerima upah, bukan penerima upah, dan pekerja migran Indonesia atau TKI. Jika Anda sebelumnya belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu khawatir, dengan aplikasi BPJSTKU ini Anda bisa langsung melakukan registrasi secara online tanpa perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. 

Selain menampilkan layanan pendaftaran dan juga cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, BPJSTKU ternyata juga memiliki beragam fitur lainnya. Fitur-fitur ini meliputi informasi kantor cabang, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun. Disamping itu aplikasi BPJSTKU juga memberikan informasi tentang program, berita dan juga Pusat Layanan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan di seluruh tanah air. 

banner full bpjstku 2 e1583386587846 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kini Lebih Mudah, Begini Caranya!

Sumber: bpjsketenagakerjaan.go.id

Petunjuk Aktivasi Aplikasi BPJSTKU

Sebelum menikmati berbagai fitur yang ada di aplikasi BPJSTKU, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftarannya sendiri dibagi dua yaitu pendaftaran bagi peserta yang sudah terdaftar dan pendaftaran bagi peserta baru. Bagi peserta baru, terlebih dahulu dapat mengunjungi menu “Pendaftaran Peserta Baru” kemudian memilih keanggotaan yang mewakili Anda apakah Penerima Upah, Bukan Penerima Upah atau Pekerja Migran Indonesia/TKI. Berikut cara aktivasi online untuk pengguna BPJSTKU secara detail yang bisa Anda ikuti:

  1. Persiapkan berkas-berkas atau data diri yang dibutuhkan seperti KTP dan kartu BPJS untuk mempermudah pengisian form registrasi online.
  2. Unduh aplikasi BPJSTKU ke smartphone Anda, bagi pengguna Android bisa melalui Playstore. Sedangkan pengguna iOS dapat mendownloadnya melalui AppStore.
  3. Setelah berhasil terinstal pada gawai pribadi Anda, segera buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”.
  4. Selanjutnya Anda akan diarahkan masuk ke e-mail untuk mengaktifkan nomor PIN.
  5. Setelah beralih ke halaman e-mail segera masukan nomor PIN aktivasi yang diberikan dan klik “Verifikasi”.
  6. Langkah berikutnya yaitu mengisi jenis keanggotaan apakah Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI). 
  7. Dilanjutkan dengan mengisi data-data pribadi seperti nama, no.KTP dan informasi penting lainnya.
  8. Selain data pribadi Anda juga akan diminta untuk memasukan nomor kepesertaan yang tertulis pada kartu BPJS Ketenagakerjaan. 
  9. Demi memudahkan aktivasi Anda juga akan diminta menyertakan nomor ponsel Anda yang aktif.
  10. Sebagai penutup Anda hanya perlu mengisikan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

Jika langkah-langkah di atas sudah berhasil Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa menikmati berbagai fitur yang ada di dalam BPJSTKU. Salah satu layanan yang banyak diakses adalah cek saldo BPJS. Lalu bagaimana cara mengeceknya ya? Simak ulasannya berikut ini!

BJPSTku scaled e1583386813250 - Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kini Lebih Mudah, Begini Caranya!

Sumber: radarselatan.fajar.co.id

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Dengan adanya aplikasi BPJSTKU, Anda bisa melakukan cek saldo BPJS secara mandiri melalui ponsel tanpa harus repot-repot antre ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Bagaimana cara cek saldo BPJS ternyata sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah berhasil mengunduh aplikasi BPJSTKU dan melakukan aktivasi ke aplikasi BPJSTKU.
  2. Jika sudah , Anda tinggal login dan mengisikan alamat email dan password yang diminta sesuai dengan yang telah diregistrasikan sebelumnya. 
  3. Selanjutnya Anda akan langsung masuk ke halaman utama aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “Lihat Saldo”.
  4. Secara otomatis jumlah saldo yang Anda miliki akan ditampilkan pada layar ponsel. 
  5. Untuk mengetahui detailnya Anda bisa klik pada jumlah saldo.

Peningkatan layanan BPJS Ketenagakerjaan membawa angin segar dan kemudahan bagi para peserta. Jika dulu Anda harus wara-wiri ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan pendaftaran, sekarang hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Melalui aplikasi BPJSTKU, Anda dapat melakukan registrasi secara online dan menikmati berbagai layanan lainnya seperti cek saldo BPJS. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para pekerja yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor. Apalagi bagi Pekerja Migran Indonesia atau yang akrab disebut TKI di luar Indonesia sana. Bagi Anda TKI yang ada di Malaysia, bahkan bisa melakukan pembayaran BPJS melalui aplikasi Qelola. Jadi, aplikasi Qelola adalah sebuah platform pembayaran online dan transfer uang yang dapat dimanfaatkan bagi Anda orang Indonesia atau TKI yang berada di Malaysia.  Selain BPJS, Anda juga bisa membayar tagihan listrik, air bahkan membeli pulsa melalui aplikasi ini. Wah, menarik bukan? Langsung saja klik disini untuk download aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya.

 

Tags: , , ,