Bayar Pajak Motor Online dari Malaysia, Begini Caranya

bayar pajak motor

Salah satu permasalahan yang sudah lumrah terjadi di Indonesia adalah tentang penunggakan pajak kendaraan. Terkadang masih ada banyak warga Indonesia yang lupa atau memang sengaja belum membayarkan pajak kendaraannya. Ternyata, permasalahan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Namun negara tetangga Malaysia juga mengalaminya. Di Malaysia setidaknya ada sekitar 28 juta kendaraan yang berkeliaran, namun ternyata tidak semuanya legal. Deputy Director General of Planning and Operations Datuk Wan Ahmad Uzir Wan Sulaiman pernah menyebutkan bahwa hanya sekitar 19 juta kendaraan yang terdaftar aktif diperbarui pajak serta asuransinya setiap tahun di Malaysia. Sedangkan sisanya tidak pernah membayarkan pajak jalan serta asuransi. Lalu bagaimana dengan warga Indonesia yang berada di Malaysia jika ingin bayar pajak? Apakah mereka bisa melakukan bayar pajak motor online dari Malaysia?

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Online dari Malaysia Melalui Aplikasi

bayar pajak motor 1 - Bayar Pajak Motor Online dari Malaysia, Begini Caranya

Sumber: http://blog.tribunjualbeli.com/

Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan

Selain pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang sudah bisa dilakukan secara online, ternyata pembayaran pajak tersebut juga bisa dilakukan secara online. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memudahkan seluruh warga Indonesia dalam menuntaskan kewajibannya dalam hal bayar pajak. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menambah penghasilan negara dari pajak yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan warga negara juga.

Mengenal Samsat dan Jenis Layanannya

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau biasa disingkat Samsat merupakan suatu sistem terpadu antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero). Sejak tahun 1976, pemerintah telah memberlakukan sistem Samsat sebagai suatu layanan terpadu dari 3 instansi tersebut. Fungsi Samsat yang berkaitan dengan Polri meliputi:

  1. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).
  2. Pemasukan PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) yang berkaitan dengan Dinas Pendapatan Provinsi,.
  3. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Persiapan Bayar Pajak Motor

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu pajak yang dibayarkan setiap tahun, dan pajak yang dibayarkan setiap lima tahun sekali.

  1. PKB tahunan merupakan pajak rutin sebesar 1,5% dari harga jual kendaraan. Pajak ini nilainya berkurang setiap tahunnya karena adanya faktor penyusutan nilai jual kendaraan.
  2. Sedangkan PKB lima tahunan artinya sudah saatnya Anda mengganti plat nomor kendaraan dan STNK kendaraan Anda. Khusus untuk pajak lima tahunan ini, Anda harus datang langsung ke kantor Samsat induk di daerah tempat tinggal Anda.

Dokumen Penting untuk Bayar Pajak Motor

bayar pajak motor 4 - Bayar Pajak Motor Online dari Malaysia, Begini Caranya

Sumber: www.freepik.com

Untuk membayar kedua pajak tersebut, Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Syarat pembayaran PKB tahunan meliputi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopi, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku (Nama yang tertera dalam KTP harus sama dengan yang tertera pada STNK), dan uang sejumlah nominal pajak.
  • Syarat pembayaran PKB lima tahunan meliputi STNK asli dan fotokopi, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi. Dan Anda harus mengambil formulir untuk cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas.

Setelah menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan tersebut, Anda tinggal melakukan pembayaran pajak. Penting untuk Anda ketahui, bahwa bayar pajak motor online tidak tersedia untuk pajak kendaraan bermotor lima tahunan.

Langkah-langkah Bayar Pajak Motor

bayar pajak motor 3 - Bayar Pajak Motor Online dari Malaysia, Begini Caranya

Sumber: www.beritaindramayu.com

Ternyata layanan bayar pajak online baru ada di beberapa daerah besar saja. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor terdaftar di wilayah DKI Jakarta,  Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh, Anda dapat melakukan pembayaran online atau melalui SMS. Sedangkan untuk daerah lainnya, Anda dapat melakukan pembayaran melalui kantor Samsat setempat. Berikut ini adalah contoh langkah pembayaran untuk daerah DKI Jakarta melalui ATM, e-samsat, smartphone dan SMS. 

  1. Cara yang paling umum dalam pembayaran PKB adalah melalui ATM. Yang harus Anda lakukan adalah kunjungi mesin ATM terdekat, lalu pilih menu “Bayar” lalu ke “Menu Lainnya”. Kemudian pilih menu “Pajak/Penerimaan Negara” dan pilih menu “e-Samsat”. Lalu masukkan Nomor Polisi (Nopol) atau ikuti petunjuk di ATM, Bayar PKB, dan jangan lupa simpan struk pembayaran lewat ATM.
  2. Sementara untuk pembayaran melalui e-samsat, langkah pertama adalah Anda harus masuk ke portal http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki. Kemudian masukkan kode, dan dapatkan konversi Nopol, lalu bayar ke ATM. Jangan lupa untuk menyimpan struk pembayaran PKB Anda.
  3. Untuk bayar pajak kendaraan bermotor melalui smartphone dapat dilakukan dengan cara login ke portal melalui smartphone. Kemudian masukkan kode, dan dapatkan konversi Nopol, lalu bayar ke ATM. Dan simpan struk pembayaran PKB Anda.
  4. Sedangkan untuk bayar pajak motor online melalui ponsel Anda dengan mengirimkan SMS, caranya adalah: Kirim pesan singkat (SMS) ke nomor 08112119211 (SMS Gateaway Server Dispenda Aplikasi Samsat) menggunakan format: esamsat (nomor chasis kendaraan) (nomor identitas (KTP) (email). Kemudian lakukan pengecekan data NIK, KTP, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dan blokir di server Polda. Tunggu balasan SMS yang berisi kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan. Segera bayar pajak kendaraan melalui ATM. Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi. Lanjutkan dengan mengunjungi Kantor Samsat untuk menukar struk dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Bayar Pajak Motor Secara Online dengan Mudah

Dengan adanya fasilitas bayar pajak motor online, kini Anda tidak perlu mengantri lagi di kantor Samsat hanya untuk memperpanjang STNK. Gunakan fasilitas yang sudah disediakan ini untuk menyelesaikan kewajiban perpajakan Anda, yang pada akhirnya digunakan kembali untuk pembangunan. Dengan begitu, dimanapun Anda berada Anda dapat melakukan bayar pajak motor secara online dengan mudah.

Sebagai warga negara Indonesia yang sedang berada di Malaysia, pastikan Anda dapat melakukan transaksi dan mengelola keuangan Anda dengan aman dan mudah. Aplikasi Qelola sangat cocok bagi Anda yang ingin mengirimkan mata uang ringgit ke rupiah maupun sebaliknya dengan biaya yang sangat murah. Selain menyediakan fitur transfer domestik dan internasional, ada banyak fitur lain yang dapat Anda nikmati. Download aplikasinya sekarang juga untuk memulai transaksi dalam genggaman Anda.

Tags: , , , , , , , , , , , ,