Bayar Pajak Kendaraan Online dari Malaysia Melalui Aplikasi

bayar pajak kendaraan online

Pemerintah telah menetapkan suatu Undang-Undang, yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Di dalam Undang-Undang tersebut juga diatur tentang pajak kendaraan bermotor. Bayar pajak kendaraan online maupun offline merupakan suatu kewajiban bagi Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor. Karena pajak yang Anda bayarkan merupakan pemasukan bagi pemerintah daerah dan kepolisian setempat. Jika Anda sampai terlambat dalam melakukan pembayaran pajak, maka Anda akan terkena dendanya. Tidak ada alasan apapun untuk lalai membayar pajak. Dimanapun Anda berada, Anda tetap wajib membayar pajak. Apalagi kini sudah semakin mudah untuk melakukan bayar pajak kendaraan online. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

Pajak Kendaraan Bermotor

bayar pajak kendaraan online 1 - Bayar Pajak Kendaraan Online dari Malaysia Melalui Aplikasi

Sumber: www.katadata.co.id

Secara singkat, kendaraan bermotor diartikan sebagai segala macam kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan raya, dan menggunakan motor untuk menggerakkannya. Sehingga pengertiannya tidak sebatas pada sepeda motor saja. Tetapi juga semua kendaraan yang menggunakan mesin dan mengubah suatu bahan bakar untuk menggerakkannya.

Di dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 dituliskan, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Pajak ini masuk ke dalam kategori pajak daerah di mana objeknya adalah kepemilikan atau penguasaan terhadap kendaraan bermotor. Namun, tidak semua yang bermotor atau bermesin masuk ke dalam kategori pajak ini. Karena ada pengecualiannya, yaitu kereta api dan kendaraan yang digunakan semata untuk kebutuhan pertahanan dan keamanan negara. Adapun subjek dari pajak ini adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai suatu kendaraan bermotor. Sedangkan wajib pajaknya yaitu orang pribadi atau badan yang memilikinya.

Jenis-Jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pajak yang dibayar setiap tahun, dan pajak yang dibayar setiap lima tahun sekali.

  1. PKB Tahunan, merupakan pajak rutin yang besarnya adalah sebesar 1,5% dari harga jual kendaraan. Pajak ini nilainya berkurang setiap tahunnya karena ada faktor penyusutan nilai jual kendaraan. Syarat pembayaran PKB tahunan meliputi; STNK asli dan fotokopi, KTP asli yang masih berlaku (Nama yang tertera dalam KTP harus sama dengan yang tertera pada STNK), Serta jangan lupa menyiapkan uang sejumlah nominal pajak.
  2. PKB Lima Tahunan, artinya sudah waktunya Anda mengganti plat nomor kendaraan dan STNK. Namun khusus untuk pajak lima tahunan ini, Anda harus datang ke kantor Samsat induk di daerah tempat tinggal Anda. Anda tidak bisa bayar pajak kendaraan online untuk jenis pajak yang satu ini. Syarat pembayaran PKB lima tahunan adalah STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi. Untuk melakukan pembayaran, Anda harus mengambil formulir untuk cek fisik kendaraan oleh petugas.

Langkah-Langkah Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

bayar pajak kendaraan online 2 - Bayar Pajak Kendaraan Online dari Malaysia Melalui Aplikasi

Sumber: www.ajaib.co.id

Berikut ini adalah langkah-langkah bayar pajak kendaraan online melalui aplikasi Samsat Nasional yang perlu Anda pahami. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Anda harus mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di Google Playstore terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil diunduh, terdapat berbagai pilihan menu di halaman utama, yaitu Pendaftaran, Info Proses, Info Pajak, E-TBPKB, E-Pengesahan STNK, Pindah Bukti, Pengaduan, dan Panduan.
  3. Bagi Anda yang ingin bayar pajak kendaraan online, klik menu “Pendaftaran”. Kemudian akan muncul pemberitahuan yang berisi “Perhatian, TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK”. Anda harus memilih antara setuju dan tidak setuju.
  4. Jika Anda memilih untuk klik tombol setuju, maka akan muncul formulir yang harus Anda isi yaitu nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon, dan alamat email.
  5. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir tersebut, maka Anda hanya perlu  menekan tombol lanjutkan. Dan Anda harus menunggu kurang lebih selama satu menit, aplikasi akan memproses data tersebut.
  6. Selain itu akan muncul besaran pajak yang harus Anda bayarkan. Untuk mendapatkan kode bayar, Anda harus menekan tombol setuju.
  7. Apabila kode bayar sudah keluar, Anda harus segera membayarnya menggunakan mesin ATM dalam waktu paling lambat dua jam.
  8. Pembayaran melalui bank biasanya akan dikenakan biaya administrasi perbankan sebesar Rp5.000.
  9. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan melalui ekspedisi ke alamat yang sesuai dengan yang tertera pada STNK.

Denda Tidak Bayar Pajak Kendaraan 

bayar pajak kendaraan online 3 - Bayar Pajak Kendaraan Online dari Malaysia Melalui Aplikasi

Sumber: www.idntimes.com

Perlu Anda ketahui tentang perhitungan denda bagi pajak motor, agar Anda dapat menghindarinya. Dan jika terpaksa harus membayar denda karena keterlambatan, maka Anda dapat terlebih dahulu memperhitungkannya. Jika Anda telat bayar pajak motor, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 20% dari pajak pokok Anda. Dan jika sebagai wajib pajak Anda tidak membayar denda hingga lebih dari satu bulan, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 2% setiap bulannya. Pemerintah telah membatasi denda pajak motor hingga 48%. Itu artinya, jika Anda tidak membayar denda lebih dari 2 tahun, maka dendanya tetap sebesar 48%.

Bayar pajak kendaraan online di manapun Anda berada tentu saja akan memberikan Anda beberapa keuntungan. Diantaranya adalah efisiensi waktu dan lebih mudah untuk dilakukan. Jika Anda sudah bayar pajak kendaraan online, nantinya uang pajak yang telah Anda bayarkan akan masuk ke kas negara atau kas daerah. Nantinya, sekitar 10% dari uang pajak tersebut akan digunakan untuk pembangunan daerah. Jadi, ketika Anda membayar pajak, maka Anda juga turut serta dalam membangun daerah.

Salah satu yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan efektif adalah aplikasi Qelola. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan dimudahkan dalam melakukan berbagai jenis transaksi. Mata uang ringgit yang Anda dapatkan selama bekerja di Malaysia akan lebih mudah Anda kirimkan kepada sanak saudara di Indonesia dengan mudah dan murah. Transfer uang akan lebih praktis karena Anda tidak perlu antri. Unduh aplikasinya dan rasakan keuntungannya.

Tags: , , , , , , , , , ,