6 Destinasi Wisata yang Menarik di Penang Malaysia

penang malaysia

Kuala Lumpur bukan satu-satunya destinasi wisata di Malaysia. Di Penang Malaysia juga berjajar tempat menarik untuk Anda berlibur. Selain terkenal sebagai medical tourism atau tempat berobat. Penang juga memiliki wisata budaya, alam, hiburan, dan kuliner menarik untuk dikunjungi bersama orang-orang tersayang.

Tempat Wisata Penang Malaysia

Berikut ini adalah 6 tempat wisata Penang Malaysia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegera maupun lokal.

Kota Tua dan Street Art di George Town

kota tua penang merdeka - 6 Destinasi Wisata yang Menarik di Penang Malaysia

Sumber: merdeka.com

Kota Tua dan Street Art di George Town memiliki banyak bangunan tua berusia ratusan tahun. Bangunan kuno ini berfungsi sebagai museum, bank, hotel, dan sekolah. Bangunannya memiliki beberapa gaya arsitektur mulai dari Tiongkok, Inggris, dan India. Karena hal inilah, George Town masuk dalam World Heritage Site atau Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Keunikan lain yang dimiliki George Town adalah adanya street art painting tersebar di beberapa titik kota. Anda akan menemukan berbagai karya seniman terkemuka. Salah satunya Ernest Zachavic yang memadukan beberapa properti seperti motor, sepeda, dan ayunan. Properti tersebut menimbulkan kesan hidup. Sangat cocok bagi Anda yang senang berfoto dengan mural-mural indah dan menawan.

Di George Town, Anda juga akan menemukan berbagai rumah ala Tiongkok, toko souvenir, barang antik, dan museum. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah Khoo Kongsi, rumah dengan gaya arsitektur Tiongkok, dibangun pada 1906. Selain itu, ada pula Avatar Secret Garden yang tidak kalah Instagramable.

Kek Lok Si Temple Penang Malaysia

kek lok si - 6 Destinasi Wisata yang Menarik di Penang Malaysia

Sumber: penang.ws

Salah satu keistimewaan Penang Malaysia adalah Kek Lok Si Temple, kuil Budha terbesar se-Asia Tenggara. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur Tiongkok dan sangat mirip dengan kuil Budha di Thailand. Keindahan kuil semakin mempesona karena kuil ini menghadap ke laut.

Penang Hills

penang hills malay mail 700x466 - 6 Destinasi Wisata yang Menarik di Penang Malaysia

Sumber: malaymail.com

Di Penang Hills, Anda dapat menikmati suasana pegunungan yang segar dan indah. Untuk mendaki bukit Penang, Anda dapat naik kereta kebel. Penang Hills berada 800 meter di atas permukaan laut.

Setelah sampai di puncak Penang Hills, Anda akan akan menemukan beberapa hal menarik. Anda dapat berfoto di gembok cinta atau berkunjung ke Owl Museum. Owl Museum memiliki beragam koleksi, mulai dari patung, lukisan burung hantu, hingga souvenir tema burung hantu.

Entopia Penang Butterfly Farm

Di Entopia Penang Butterfly Farm, Anda dapat mengenalkan beragam serangga yang manis dan cantik ke anak-anak. Destinasi wisata ini memiliki dua konsep ruang, yaitu The Natureland dan The Cocoon.

The Natureland memiliki konsep outdoor yang menyatukan berbagai ekologi binatang yang ada. Anda dapat berinteraksi langsung dengan 15.000 lebih kupu-kupu terbang. Selain itu, ada lebih dari 200 spesies tanaman di sana. Tanaman-tanaman tersebut dilengkapi fitur artistik seperti kolam, gua, dan air terjun.

Sementara itu, The Cocoon mempunyai konsep indoor dan digunakan sebagai sarana edukasi dan atraksi menarik. Anda dapat menyaksikan perkembangbiakan hutan Pandora dan lain sebagainya.

Tidak jauh dari lokasi, Anda dapat mengunjungi Penang Toy Museum, tempat wisata anak-anak. Museum di Jalan Teluk Bahang ini memamerkan beragam jenis mainan dari seluruh penjuru dunia. Sekitar 100 ribu koleksi mainan dapat Anda lihat di sini.

Pantai Batu Ferringghi Penang Malaysia

Setelah menikmati museum mainan dan taman kupu-kupu, Anda dapat beralih untuk menikmati pesisir pantai. Pantai Batu Ferringhi adalah salah satu pantai yang menarik dikunjungi di Penang Malaysia. Pantai yang memiliki pasir putih bersih ini cocok untuk kegiatan water sport. Tarif untuk masuk ke pantai adalah gratis. Anda hanya dikenai biaya jika ingin mengikuti aktivitas water sport.

Puas menikmati suasana pantai, Anda dapat beralih ke Batu Ferringhi Night Market. Sebuah pasar malam yang menawarkan oleh-oleh khas Penang dengan harga terjangkau.

Gurney Drive Hawker Centre

Salah satu food street terbesar di Penang adalah Gurney Drive Hawker Centre. Beragam kuliner yang menggoyang lidah tersaji di sini, tapi tetap ramah di kantong. Salah satunya adalah Laksa Asam, makanan khas Penang. Makanan berupa kaldu ikan pedas dipadu mie berbahan dasar beras ini ditaburi daun mint, kecombrang, bawang bombai, cabai, dan terasi.

Pilihan menu lain yang wajib Anda coba adalah curry mee, char kuey teow, rojak, nasi lemak pedas, teochew chendul, ais kacang, mee sotong, char koay kak, sup daging hameed, ansi kandar, ayam tandoori, dan nasi briyani. Jika ingin membeli oleh-oleh dengan harga murah, Anda dapat datang ke Campbell Street dan Gurney Plaza.

Itulah enam destinasi wisata Penang Malaysia yang menarik dikunjungi bersama orang-orang tersayang. Tentu saja selain 6 tempat wisata di atas, masih banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Untuk menjangkau Penang pun cukup mudah. Banyak kota-kota besar di Indonesia yang menyediakan penerbangan langsung ke Penang.

Demikian pembahasan mengenai 6 destinasi wisata menarik di Penang Malaysia. Bagi Anda yang sedang berada atau bekerja di luar negeri seperti Malaysia, Anda dapat mengirimkan uang untuk sanak dan keluarga Anda di Indonesia secara langsung dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, transaksi Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: ,