Industri Remittance di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Remittance

Remittance, mungkin bukan lagi kata yang asing jika Anda pernah bekerja di luar negeri atau melakukan transaksi keuangan antar negara. Jika melihat definisi secara umum, kata ini dapat dimaknai sebagai transfer atau pengiriman uang dalam bentuk valuta asing. Hal ini kemudian tentu akan terasa sangat dekat dengan topik tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri.

TKI dan remittance mungkin dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sangat banyak jumlah TKI yang kemudian bekerja di luar negeri untuk dapat meningkatkan taraf kesejahteraan keluarganya di Indonesia. Maka dari itu, gaji atau upah yang diterima kemudian dikirimkan ke keluarganya di Indonesia untuk berbagai keperluan.

Terdapat beberapa manfaat yang kemudian dapat dirasakan oleh kedua TKI, keluarga yang berada di tanah air hingga negara secara umum. Apa saja manfaat keberadaan remittence ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

Memudahkan Perpindahan Uang Ke Dalam Negeri

Untitled design9 - Industri Remittance di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Dilihat dari sisi negara, ‘lalu lintas’ perpindahan mata uang asing yang masuk ke Indonesia tentu sedikit banyak akan memberikan manfaat. Transfer mata uang asing merupakan menjadi salah satu pos yang memberikan sumbangan besar pada pendapatan negara. Ketika transaksi yang dilakukan jumlahnya meningkat, otomatis penerimaan negara juga akan meningkat.

Penerimaan ini didapat dari biaya administrasi yang dikenakan pada setiap transaksi. Dahulu mungkin transaksi hanya dapat dilakukan melalui layanan perbankan atau pengiriman konvensional saja. Namun kini dengan hadirnya startup yang mengkhususkan diri di bidang remittance maka tentu nilai peredaran uang akan meningkat berkat kemudahan yang diberikan.

Remittance Memudahkan Pengiriman Uang Ke Keluarga

Untitled design10 - Industri Remittance di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Pengiriman uang gaji dengan remittance dinilai lebih mudah untuk menyampaikan hasil jerih payah kepada keluarga yang ada di tanah air. Pasalnya, uang dapat ditransferkan langsung tanpa harus melalui layanan perbankan. Memang hal ini bisa dilakukan dengan layanan PT. POS Indonesia, namun waktu yang diperlukan relatif lebih lama.

Dengan layanan atau aplikasi remittance sendiri uang dapat diterima hampir bersamaan dengan waktu pengiriman. Jadi seketika uang dikirimkan, selang beberapa menit saja uang sudah diterima pada akun milik keluarga yang ada di tanah air. Pada saat itu juga, uang dapat dicairkan ke bank yang telah bekerja sama dengan layanan tersebut.

Mencukupi Kebutuhan Keluarga di Tanah Air

Untitled design11 - Industri Remittance di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Dengan kemudahan mentransfer mata uang asing ini idealnya kebutuhan dari keluarga di rumah dapat dengan cepat tercukupi. Terlebih untuk layanan yang lebih canggih, TKI dapat secara langsung melunasi tagihan rutin seperti tagihan rekening listrik, PDAM ataupun BPJS. Jadi keluarga di tanah air bisa menerima hasil jerih payah bersih tanpa harus memikirkan pembayaran tagihan bulanan.

Kontrol yang diberikan juga idealnya akan lebih ketat karena jumlah uang yang diterima dapat sepenuhnya dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Di luar pembayaran yang saat ini dapat dilakukan secara langsung oleh TKI, nantinya uang yang dikirimkan dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sekolah, biaya hidup sehari-hari, dan sebagainya.

Qelola sebagai Solusi Remittance Anda

Untitled design12 - Industri Remittance di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Nah untuk Anda yang mungkin bingung layanan apa yang paling cocok, kini telah hadir layanan Qelola. Layanan Qelola hadir sebagai solusi transfer uang dari  TKI yang berada di Malaysia untuk keluarga yang ada di Indonesia. Fitur yang disampaikan sebelumnya, seperti pembayaran tagihan listrik, PDAM serta BPJS, dapat dibayarkan dengan mudah langsung dari Anda yang berprofesi sebagai TKI ke instansi terkait tanpa harus merepotkan keluarga yang ada di rumah.

Selain itu, kehadiran Qelola juga menjadi jawaban atas cukup tingginya biaya administrasi yang dikenakan untuk setiap transaksi. Jika rata-rata biaya yang dikenakan adalah lebih dari 10 ringgit Malaysia, maka Qelola hanya mengenakan biaya sebesar 5 ringgit Malaysia saja. Biaya ini juga akan dapat berkurang kembali jika di kemudian hari terdapat promo atau event tertentu, sehingga akan dapat ditekan menjadi lebih kecil.

Transaksi yang menggunakan Qelola dapat dikatakan adalah real-time, artinya ketika Anda berada di Malaysia mengirimkan uang, membayarkan tagihan atau mengisi saldo, maka transaksi akan langsung terjadi saat itu juga. Keluarga di Indonesia dapat segera mencairkan dana yang dikirimkan langsung ke layanan perbankan yang telah bekerja sama, sehingga bisa langsung dimanfaatkan untuk berbagai keperluan keluarga.

Sebagai salah satu perintis layanan remittance di Indonesia, Qelola berkeinginan agar dapat memudahkan transaksi yang dilakukan oleh TKI di Malaysia. Nantinya layanan Qelola dapat digunakan dua arah, sehingga dapat pula membantu keluarga yang tengah berada di Malaysia.

 

Sebagai salah satu startup yang berfokus di bidang remittance, Qelola selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk pada pejuang devisa yang tengah merantau di negeri Jiran. Jaminan kemudahan selalu diberikan, sehingga pada TKI tidak perlu khawatir ketika memerlukan transaksi yang cepat, efektif dan murah. Segera unduh aplikasinya di sini, dan manfaatkan setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , , ,