6 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Dipraktekkan untuk Diri Sendiri

orang sukses

Semua orang pasti ingin menjadi sukses, tentu saja termasuk Anda bukan? Namun Anda tentu saja setuju bahwa meraih kesuksesan itu tidak seperti membalikkan telapak tangan. Agar bisa meraih sukses, maka harus melewati berbagai tantangan dan proses yang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Tidak ada satupun kesuksesan yang bisa dicapai secara instan. Kedisiplinan dan kebiasaan juga memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan seseorang.

Sukses atau tidaknya diri Anda, sebenarnya tidak ditentukan oleh apa yang dilakukan orang lain atau keadaan sekitar, tetapi semua itu ditentukan oleh diri Anda sendiri. Jika Anda siap untuk melakukan yang terbaik dan selalu berfokus pada tujuan Anda, maka niscaya kesuksesan akan menanti Anda. Berikut ini ada 6 kebiasaan orang sukses yang bisa Anda praktekkan untuk diri Anda sendiri.

Baca Juga: Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Apa Saja Kebiasaan Orang Sukses?

Seorang penulis, Thomas Corley pernah mengadakan penelitian tentang kebiasaan sehari-hari dari orang kaya dan orang miskin. Berdasarkan 233 responden dari orang kaya dan 128 dari orang miskin, akhirnya ditemukan 6 kebiasaan orang sukses yang dilakukan setiap hari. Jadi, jika Anda mau sukses, langsung saja simak dan tiru kebiasaan ini.

1.  Bangun Tidur Lebih Awal

orang sukses 1 - 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Dipraktekkan untuk Diri Sendiri

Saat hari masih sangat pagi, orang sukses sudah bangun dan mulai bersiap-siap untuk menyambut hari yang baru. Berdasarkan penelitian, sebanyak 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka memiliki waktu yang cukup untuk bersiap-siap dan menenangkan diri sehingga dapat memulai kerja dengan kondisi yang tenang. Dengan bangun lebih pagi, kesempatan yang bisa didapatkan lebih banyak karena waktunya juga lebih banyak.

Kebiasaan bangun lebih awal ini perlu Anda tiru jika Anda ingin menjadi orang sukses. Dengan bangun pagi, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda tidak akan terburu-buru untuk bersiap-siap dan perjalanan ke tempat kerja bisa dilakukan dengan santai. Selain itu, Anda juga bisa memperluas wawasan Anda dengan memakai waktu tersebut untuk melakukan hal yang bermanfaat seperti membaca berita. 

2.  Membuat Target Harian

Kebanyakan orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama mereka harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Namun setiap hari sebelum hari dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana cara membuat harinya produktif, atau bagaimana cara menyelesaikan semua pekerjaan yang menantinya hari ini. Semua hal yang harus dilakukannya hari ini sudah diatur dengan jelas pada hari sebelumnya, sehingga mereka tinggal menyesuaikan saja.

Membuat target harian perlu Anda lakukan, tujuannya adalah supaya Anda menjadi lebih termotivasi untuk bekerja. Dengan memiliki target harian yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan secara tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuan Anda hari ini.

3.  Menambah Relasi atau Jaringan Pertemanan

orang sukses 3 - 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Dipraktekkan untuk Diri Sendiri

Kebiasaan yang satu ini sering kali dianggap sebagai hal yang tidak penting dan hanya membuang waktu saja. Padahal sebenarnya dengan menambah jaringan pertemanan, maka kesempatan untuk meraih sukses semakin besar. Karena kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya. Dengan membangun relasi yang baik dengan orang lain, maka tingkat kepercayaan orang terhadap Anda juga akan semakin tinggi. Sehingga kemungkinan Anda untuk sukses juga semakin besar. Hal inilah yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu mereka untuk menambah dan menjaga relasi yang baik dengan orang lain, karena mereka paham tentang betapa besarnya pengaruh teman dalam kesuksesannya.

4.  Selalu Belajar

Salah satu ciri-ciri orang sukses yang paling terlihat adalah keinginannya untuk selalu belajar. Belajar di sini tidak dalam bentuk sekolah, tetapi proses pembelajaran yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja. Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk tidak berhenti belajar. Semakin sering Anda belajar, maka Anda akan semakin pintar dan wawasan Anda semakin luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, maka Anda bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal. Jadi saat kesempatan itu datang, Anda bisa segera mengambilnya karena Anda memiliki wawasan tentang hal tersebut.

5.  Memiliki Gaya Hidup yang Sehat

orang sukses 2 - 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Dipraktekkan untuk Diri Sendiri

Meskipun tidak terlihat secara langsung, namun kesehatan juga berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Dengan tubuh yang sehat, maka pikiran akan menjadi lebih tenang. Dengan begitu, akan ada banyak ide yang bisa membuat Anda mampu meraih kesuksesan dengan lebih mudah. Selain itu, menjalani gaya hidup yang sehat juga akan membuat Anda menjadi lebih jarang sakit, sehingga Anda bisa lebih produktif dalam bekerja. Biasanya, orang sukses akan pergi berolahraga setelah mereka pulang kerja. Mereka akan pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga dan juga menambah jaringan pertemanan yang baik. Tidak hanya itu, gaya hidup sehatnya juga dilakukan dengan cara menjaga pola makan. Bahkan dalam hal ini saja, mereka sangat disiplin untuk melakukannya. Nah, apakah Anda sudah disiplin untuk bergaya hidup sehat juga?

6.  Banyak Membaca

Proses pembelajaran yang paling populer adalah dengan membaca, karena saat membaca, otak akan mengulang apa yang kita baca sehingga informasi akan lebih mudah diingat. Tidak heran bahwa membaca menjadi salah satu cara terbaik untuk menambah wawasan. Itulah mengapa kebanyakan orang sukses lebih banyak membaca daripada menonton TV. Sebenarnya dengan menonton TV, Anda juga bisa mempelajari sesuatu. Tetapi biasanya, orang akan cenderung mencari tontonan yang berupa hiburan. Dan ironisnya, TV sering kali menayangkan program yang tidak mendidik sehingga menonton TV malah membuang waktu saja.

Setelah Anda menerapkan 6 kebiasaan di atas, hal itu tidak serta-merta akan menjamin bahwa Anda pasti akan sukses. Tetapi dengan menerapkannya, kesempatan Anda untuk menjadi orang sukses akan semakin besar. Agar sukses menjadi TKI di luar negeri, pastikan Anda memiliki pengelolaan keuangan yang tepat. Sehingga gaji yang Anda dapatkan setiap bulan tidak habis begitu saja. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan berbasis dompet digital seperti Qelola. Qelola ini sangat cocok bagi para pekerja migran yang ada di Malaysia. Dengan Qelola, transaksi kirim uang ke tanah air akan lebih mudah dan tentu saja murah. Selain kirim uang, transaksi lainnya seperti bayar tagihan juga bisa Anda selesaikan dengan proses yang cepat. Coba aplikasi Qelola sekarang dengan cara unduh aplikasinya di Google Play.

Tags: , , , ,