Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Pekerja Migran Indonesia Sukses

Ketika berangkat bekerja sebagai pekerja migran, siapa yang tak ingin sukses? Membawa pulang pundi-pundi rupiah yang banyak, bisa membahagiakan keluarga di rumah, mengangkat derajat hidup mereka, tentu ini adalah impian sebagian atau seluruh pekerja migran yang berangkat ke luar negeri. Nyatanya cerita tentang pekerja migran Indonesia sukses turut menjadi motivasi banyaknya tenaga kerja yang memilih ‘hijrah’ ke luar negeri untuk mencari pekerjaan.

Berita dan kabar mengenai pekerja migran biasanya tidak jauh dari kasus dan permasalahan yang menerpanya. Padahal jika mau disusuri dengan teliti, tidak sedikit juga pekerja migran yang sukses di negeri orang, dan bisa memiliki penghidupan yang cukup layak. Bahkan, mereka yang sukses ini tidak hanya hidup berkecukupan di negeri orang namun juga dapat memakmurkan keluarganya di tanah air.

Alih-alih terus berkutat pada bahasan kasus dan masalah pekerja migran, bukankah ada baiknya jika berfokus pada apa saja yang harus dilakukan untuk jadi pekerja migran Indonesia sukses ketika di negeri orang? Nah untuk memberikan bayangan pada Anda, berikut beberapa tips yang bisa berguna dan, semoga saja, membuat Anda sukses.

Taati Setiap Prosedur Legal yang Berlaku

Untitled design424 - Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Pemberangkatan pekerja migran memiliki prosedur yang cukup ketat untuk memastikan setiap ketentuan yang sudah disediakan terpenuhi. Tentu saja, untuk menjadi pekerja migran Indonesia sukses, harus dimulai dari tahap pemberangkatan yang benar dan sesuai aturan. Pastikan setiap dokumen syarat dan tahapan dipenuhi dengan baik.

Carilah informasi pekerjaan pada dinas resmi (BNP3TKI) di daerah Anda. Lalu, daftarkan diri dengan membawa setiap dokumen syarat yang diperlukan. Pastikan dokumen ini sudah benar dan resmi. Ikuti setiap prosedur tes, latihan, dan penempatan. Cermati surat perjanjian kerja yang diberikan, dan jika cukup jelas tandatangani surat ini. Terakhir sebelum pemberangkatan, periksa lagi setiap dokumen yang diperlukan (paspor, visa kerja, tiket, asuransi, perjanjian penempatan, perjanjian kerja, KTKLN, buku tabungan).

Ketika sampai, segera laporkan kedatangan Anda pada lembaga yang berwenang, ke kantor perwakilan Republik Indonesia di negara tujuan. Sederhana, hal ini dilakukan untuk memastikan data yang dimiliki oleh negara tepat dan memudahkan kantor perwakilan negara untuk membantu ketika terjadi masalah.

Bekerja dengan Sungguh-Sungguh 

Untitled design423 - Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Di setiap tempat kerja, pekerja yang bekerja dengan sungguh-sungguh idealnya akan mendapatkan kompensasi yang ideal pula. Apapun pekerjaan yang Anda lakukan, baik sebagai penata laksana rumah tangga, pekerjaan di perkebunan, pekerjaan di restoran, babysitter, dan lain sebagainya, maksimalkan pekerjaan tersebut dengan baik.

Dengan bekerja maksimal, Anda sudah menjalankan kewajiban Anda sebagai pekerja migran di negeri orang. Pastikan juga pekerjaan yang Anda lakukan sesuai dengan perjanjian kerja yang Anda tandatangani agar tidak terjadi penyelewengan atau bentuk pelanggaran kesepakatan kerja tersebut.

Taati Hukum yang Berlaku

Untitled design425 - Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Cerita pekerja migran Indonesia mungkin masih sangat lekat dengan kesan kasus hukum yang melandanya. Tidak sedikit, kasus ini sebenarnya disebabkan oleh kesalahan dari pemberi kerja. Selain mencari pekerjaan secara resmi pada dinas terkait, Anda juga wajib menaati hukum yang berlaku di Malaysia. Ketika Anda taat pada hukum yang berlaku, celah untuk mencari-cari kesalahan Anda tentu akan dapat diminimalisir.

Biasakan berbagi informasi dengan komunitas pekerja migran yang ada di negara Anda bekerja. Komunitas ini dapat memberikan banyak akses informasi dan bantuan bilamana terjadi pelanggaran hukum atau kasus yang menimpa Anda.

Kembangkan Diri dan Melihat Peluang Bisnis

Untitled design426 - Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

Kebanyakan dari pekerja migran Indonesia sukses yang berada di luar negeri secara aktif mengembangkan dirinya. Tak hanya untuk skill pada pekerjaan yang dilakukan, namun juga pada bidang lain. Dengan mempelajari berbagai hal baru selama di negeri orang, perlahan kemampuan Anda akan terasah.

Selain itu, penting untuk melihat peluang bisnis yang ada di negara tersebut. Tidak ada salahnya ketika waktu luang Anda mencari pekerjaan sambilan. Sembari belajar dan menghabiskan waktu untuk kegiatan bermanfaat, Anda juga dapat memiliki pandangan lain terhadap pekerjaan sambilan yang Anda lakukan. Siapa tahu, dengan begini Anda memiliki ide bisnis yang dapat dikembangkan, seperti cerita pekerja migran Indonesia sukses yang bermodalkan tempe sebagai komoditas utama yang dijual.

Baca Juga: Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Menjadi pekerja migran memang pilihan yang besar di dalam hidup. Jarak yang cukup jauh, rasa rindu yang sering melanda, tempat dan budaya baru yang harus segera diadaptasi, membuat pekerja migran Indonesia menjadi orang-orang dengan mental yang kuat dan memiliki jiwa pejuang yang gigih.

Nah, jika Anda sudah membaca tips untuk menjadi pekerja migran Indonesia sukses di atas, ada baiknya Anda juga mulai menyiapkan ‘partner’ untuk mengirimkan uang Anda ke tanah air kelak. Anda bisa memilih Qelola, layanan remitansi handal yang dapat melayani pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. Dengan proses yang cepat dan sederhana, serta biaya murah, Anda dapat dengan segera membagikan hasil jerih payah Anda selama bekerja di Malaysia dengan keluarga di tanah air. Segera unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses meniti karir di luar negeri!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,